Puan Kritik Inkonsistensi Pemerintah Menangani Pandemi COVID

Oleh: Alfian Putra Abdi - 16 Agustus 2021
Ketua DPR RI Puan Maharani menagih agar ada komunikasi yang jelas dari pemerintah ke masyarakat terkait penanganan pandemi COVID-19.
tirto.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani meminta pemerintah agar lebih maksimal dalam upaya penanganan COVID-19. Ia menagih agar ada komunikasi yang jelas dari pemerintah ke masyarakat.

"Pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pengendalian COVID-19 agar disertai dengan aturan yang jelas, berkesinambungan, disosialisasikan dengan baik, serta dilaksanakan secara disiplin," ujar Puan dalam pidato pembukaan masa persidangan I tahun sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/8/2021).

Menurut Puan kementerian dan lembaga pemerintah mesti saling terkoordinasi, bersinergi dengan baik dan satu suara. Sehingga tidak membingungkan masyarakat.

Ketua DPP PDIP itu juga meminta agar pemerintah memberikan contoh ketaatan menjalani protokol kesehatan di setiap lemabaga, agar bisa menjadi percontohan masyarakat.

"Kami, DPR RI dapat memahami bahwa kebijakan yang diambil Pemerintah adalah respon cepat terhadap perkembangan Pandemi Covid-19 dan Pemerintah juga dihadapkan pada penyelesaian kesulitan hidup masyarakat yang semakin tertekan karena Pandemi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo mengutarakan bahwa kebijakan pemerintah terkesan berubah-ubah lantaran virus Covid-19 sangat dinamis. Semisal kebijakan pengetatan dan pelonggaran mobilitas masyarakat.

Meski demikian, Jokowi mendaku segala kebijakan pemerintah berdasarkan data dan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

"Justru itulah yang harus kita lakukan, untuk menemukan kombinasi terbaik antara kepentingan kesehatan dan kepentingan perekonomian masyarakat," tukas Jokowi.


Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Bayu Septianto
DarkLight