Menkeu Sri Mulyani Curhat Hadapi Tekanan saat Pandemi COVID-19

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 30 Nov 2023 13:22 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sri Mulyani menceritakan perjalanan Indonesia melewati pandemi COVID-19.
tirto.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menghadiri acara Capturing Golden Momentum Towards Indonesia Emas 2045, Jakarta, Kamis (30/11/2023). Dalam pertemuan itu, Sri Mulyani menceritakan perjalanan Indonesia melewati pandemi COVID-19.

"Dan kemudian kita mengalami guncangan yang sangat besar yaitu pandemi yang telah menghancurkan semua negara di dunia, sama seperti kehancuran finansial global dan Indonesia terus menjadi pemenang," kata dia.

"Anda bekerja sangat keras, anda stres, anda mempunyai begitu banyak pekerjaan, begitu banyak tanggung jawab," sambung Sri Mulyani menceritakan tanggung jawabnya.

Bendahara Negara itu mengatakan, tugasnya di Kementerian Keuangan untuk mengatur instrumen fiskal tetap sehat. Walaupun banyak tekanan, tetapi harus segera terselesaikan.

"Dan selama anda sehat, anda masih mempunyai masalah lain dan tanggung jawab lain yang harus diselesaikan. Jadi inilah yang kami lakukan di Kementerian Keuangan untuk memastikan bahwa instrumen fiskal tetap sehat meskipun ada tekanan," kata Sri Mulyani.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan kebijakan fiskal Indonesia telah berhasil menangani pandemi dan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di tengah krisis global. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 yang digelar di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

“Kebijakan fiskal Indonesia termasuk salah satu yang paling efektif dalam menangani pandemi dan menjaga pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat presiden.

Jokowi menuturkan Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara yang berhasil menangani krisis global yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 tersebut dengan cepat dan baik.

“Alhamdulillah, negara kita Indonesia telah berhasil mengatasi tantangan besar akibat pandemi tersebut dengan hasil yang sangat baik. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menangani krisis kesehatan dan memulihkan ekonomi dengan cepat dan baik,” paparnya.


Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight