Profil Negara Vietnam Lengkap: Bentuk Pemerintahan Hingga Penduduk

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 16 Agu 2022 20:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut profil negara Vietnam lengkap, beserta keterangan bentuk pemerintahan, kondisi alam, serta penduduk.
tirto.id - Vietnam adalah salah satu negara Asia Tenggara dengan wilayah di Semenanjung Indocina. Negara ini merupakan salah satu anggota ASEAN. Vietnam resmi bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995.

Sama seperti sebagian besar negara anggota ASEAN lainnya, Vietnam memiliki sejarah panjang dan pernah dijajah oleh bangsa lain. Prancis tercatat pernah menjajah Vietnam sejak tahun 1858.

Bahkan setelah Vietnam menyatakan kemerdekaan pada 2 September 1945, setelah Perang Dunia II, Prancis tetap memegang kendali di negara ini. Vietnam baru benar-benar bebas dari pengaruh Prancis setelah otoritas kolonial ditumbangkan oleh pemberontak berhaluan komunis pimpinan Ho Chi Minh.

Saat itu, Vietnam sempat terbagi menjadi dua bagian, yaitu Vietnam Utara dan Selatan. Perbedaan ideologi memicu perang saudara antara Vietnam bagian utara dan selatan.


Konflik semakin meruncing ketika Amerika Serikat campur tangan dan memberikan bantuan militer pada Vietnam Selatan. Perang Vietnam yang juga dikenal sebagai Perang Indocina II berlangsung selama sekitar 20 tahun.

Perang Vietnam baru berakhir pada tahun 1975 dengan kekalahan kubu Amerika Serikat. Di tahun itu, pasukan Vietnam Utara berhasil menguasai kota Saigon di Vietnam Selatan.

Vietnam Utara dan Selatan kemudian bersatu. Sejak saat itu, Saigon diubah namanya menjadi Ho Chi Minh City sebagai bentuk penghormatan kepada pemimpin besar negara tersebut.


Bentuk Pemerintahan Vietnam & Keterangan Profil Negara

Vietnam memiliki bentuk pemerintahan republik komunis dengan hanya satu partai yang berkuasa. Vietnam dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara yang dibantu oleh perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya.

Pham Minh Chinh baru saja terpilih jadi perdana menteri Vietnam pada April 2021, menggantikan Nguyễn Xuân Phúc.

Sementara itu, wilayah Vietnam terbagi menjadi 59 provinsi, serta lima kota dengan pemerintahan yang otonom.

Berikut ini rincian keterangan tentang profil negara Vietnam:

  • Nama negara: Republik Sosialis Vietnam
  • Ibu kota: Hanoi
  • Luas wilayah: 331.210 kilometer persegi
  • Bahasa: Vietnam
  • Hari kemerdekaan: 2 September 1945 (dari Perancis)
  • Lagu nasional: Tien quan ca (The song of the Marching Troops)
  • Mata uang: Dong (VND)
  • Bendera: Warna dasar merah dengan bintang berwarna kuning
  • Bentuk pemerintahan: Republik Komunis
  • Kepala negara: presiden
  • Kepala pemerintahan: perdana menteri.

Letak Geografis Negara Vietnam & Batas Wilayah

Wilayah Vietnam terletak di Semenanjung Indocina. Secara astronomis, letak Vietnam antara 8 LU - 22 LU dan antara 104 BT - 108 BT.

Secara geografis, Vietnam berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia. Di barat, Vietnam berbatasan dengan Laos dan Kamboja. Lalu di bagian utara, berbatasan dengan Cina. Sebagian dari negara ini juga berbatasan dengan Teluk Thailand, Teluk Tonkin, dan juga Laut Cina Selatan di sebelah timur.

Berikut batas-batas geografis wilayah Vietnam.

  • Sebelah utara: RRC (Republik Rakyat Cina).
  • Sebelah timur: Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah selatan: Laut Cina Selatan.
  • Sebelah barat: Laos serta Kamboja.


Keadaan Alam Vietnam dan Iklim

Sebagian besar wilayah Vietnam memiliki iklim tropis dan mengalami 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Meski demikian, Vietnam bagian utara memiliki iklim subtropis sehingga suhunya cenderung lebih sejuk.

Mengutip dari buku Rekam Jejak Indonesia di ASEAN, Vietnam dikenal memiliki pegunungan utara di bagian barat laut dengan puncak tertinggi bernama Fan Si Pan (3.142 meter).

Tak hanya pegunungan, Vietnam juga dilintasi Sungai Mekong yang membentang di bagian selatan Vietnam dan Sungai Merah di bagian utara.

Bentang alam Vietnam setidaknya dapat dibedakan menjadi 3 kawasan. Pertama, kawasan utara Vietnam terdiri dari gunung-gunung dan dataran tinggi Tokin. Puncak tertingginya adalah gunung Fan Si Pan.

Kedua, di bagian tengah Vietnam, memanjang pegunungan Annam dengan puncak tertinggi Gunung Ngoc Linh. Ketiga, di bagian selatan wilayah Vietnam, memanjang dataran rendah Delta Sungai Mekong yang subur dan padat penduduk.

Kondisi Penduduk Vietnam

Mengutip dari buku Serumpun ASEAN, jumlah penduduk Vietnam mencapai 92,7 juta jiwa di tahun 2016. Penduduk Vietnam didominasi oleh suku asli dari negara ini, sedangkan sisanya terdiri dari suku bangsa Khmer, Muong, Campa, Neo, Thai, dan juga Cina.

Wilayah Vietnam dihuni setidaknya oleh 54 suku etnis. Suku Kinh menjadi mayoritas dengan 86% dari populasi Vietnam dan tinggal di dataran rendah dan delta-delta sungai. Adapun 53 suku etnis lain umumnya tersebar di kawasan pegunungan. Beberapa suku di Vietnam bahkan menempati satu wilayah yang sama, terutama kelompok minoritas di bagian utara.

Mayoritas penduduk Vietnam bertempat tinggal di dua kota besar di Vietnam, yaitu Hanoi dan Ho Chi Minh City. Agama yang dianut para penduduknya juga beragam, mulai dari Budha, Kong Hu Chu, Kristen, Katholik, Tao, Islam, hingga animisme. Tercatat masih ada puluhan juta penduduk Vietnam yang menganut aliran kepercayaan, seperti menyembah roh leluhur, dan dewa-dewa yang berhubungan dengan simbol alam.

Sumber mata pencaharian mayoritas penduduknya adalah petani. Kawasan pertanian di Vietnam berpusat di sekitar delta Sungai Merah dan Sungai Mekong. Komoditas pertanian yang dihasilkan antara lain adalah padi, kentang, kopi, jagung, dan juga teh.

Tak hanya pertanian, industri di Vietnam juga berkembang dengan baik. Contoh hasil industrinya antara lain pupuk, tekstil, semen, dan makanan.

Perkembangan industri di Vietnam membuat negara ini mampu mengekspor beberapa produknya ke luar negeri. Contoh komoditas ekspor Vietnam antara lain batu bara, minyak bumi, emas, besi, karet, dan juga produk kerajinan tangan.

Baca juga artikel terkait PROFIL NEGARA ASEAN atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Addi M Idhom

DarkLight