Profil Negara Filipina: Bentuk Pemerintahan, Letak, Iklim, Penduduk

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 11 Agu 2022 21:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut profil negara Filipina dan keterangan tentang bentuk pemerintahan, penduduk, letak, iklim, serta batas wilayah.
tirto.id - Filipina secara resmi disebut Republik Filipina. Negara Asia Tenggara ini memiliki ibu kota, Manila. Negara yang merdeka pada 12 Juni 1898 tersebut termasuk salah satu dari 5 pendiri ASEAN.

Bentuk pemerintahan Filipina adalah republik. Di Filipina, presiden berperan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Saat ini, Filipina dipimpin oleh Presiden Bongbong Marcos (Ferdinand Marcos Jr). Dia terpilih dalam Pemilu 2022. Bongbong Marcos merupakan anak mantan presiden ke-7 Filipina, Ferdinand Marcos yang menjabat dari 1965-1986. Semasa memimpin Filipina, sang ayah dikenal sebagai diktator.

Dikutip dari buku Modul Tema 13 IPS Paket A (2020) terbitan Kemendikbud, Filipina memiliki luas wilayah 343.448 Km persegi dan merupakan negara kepulauan terbesar ke-2 di Asia Tenggara.

Filipina memiliki kurang lebih 7.100 pulau, dengan Luzon dan Mindanau sebagai 2 pulau terbesar. Untuk konteks Asia Tenggara, jumlah pulau Filipina hanya kalah dari Indonesia.

Letak Geografis dan Iklim Filipina

Secara geografis, Filipina terletak di Samudera Pasifik, Negara ini berbatasan langsung dengan Indonesia dan Malaysia di sisi Selatan. Di sisi Timur, Filipina berbatasan dengan Indonesia dan Papua Nugini, serta Laut Cina Selatan di sisi Utara.

Dikutip dari buku Modul Tema 11 IPS Paket A (2020) terbitan Kemendikbud, Filipina merupakan negara beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Namun Iklim di Filipina sangat dipengaruhi dengan angin pasang timur laut, angin muson, dan angin topan yang sering memicu bencana.

Sebagai negara kepulauan, Filipina juga sering mengalami bencana gempa bumi. Selain itu, negara tersebut juga memiliki gunung api aktif yang cukup banyak karena dilalui oleh Sirkum Pasifik.

Meski begitu, kondisi alam ini membantu penduduk Filipina dalam memperoleh mata pencaharian. Selain di industri ringan dan jasa, mayoritas warga Filipina bekerja sebagai petani padi di lereng-lereng gunung.

Uniknya, banyak pertanian di Filipina masih dilakukan secara tradisional dan tidak menggunakan pupuk buatan dan bahan kimia.


Penduduk Filipina dan Bahasanya

Merujuk pada data Statista, jumlah penduduk Filipina pada tahun 2021 mencapai 110,2 juta jiwa. Diperkirakan, pada tahun 2027 mendatang, populasi Filipina akan menyentuh angka 119,79 juta orang.

Filipina yang pernah dijajah Spanyol, serta diduduki Amerika Serikat tersebut, memiliki 3 bahasa nasional yang digunakan yakni Inggris, Spanyol, dan Filipino (Tagalog). Oleh karena pernah dijajah Spanyol cukup lama, budaya masyarakat Filipina juga terpengaruh.

Kebudayaan Filipina merupakan perpaduan antara tradisi asli dengan kultur bangsa Spanyol, serta Amerika. Perpaduan budaya timur dan barat telah membuat Filipina berkembang menjadi sebuah bangsa yang unik.

Percampuran budaya tersebut dapat dilihat dari bangunan-bangunan tua peninggalan Spanyol di Filipina yang masih terawat hingga sekarang.


Keterangan tentang Negara Filipina

Berikut ini adalah keterangan lengkap mengenai negara Filipina:

-Nama Negara: Filipina (Republic of the Philippines)

-Kepala Negara: Presiden (Bongbong Marcos - hasil Pemilu 2022)

-Kepala Pemerintahan: Presiden (Bongbong Marcos - hasil Pemilu 2022)

-Ibu Kota Filipina: Manila

-Hari Kemerdekaan: 12 Juni (berakhirnya perang dengan Spanyol pada tanggal 12 Juni 1898)

-Bahasa Resmi: Filipino/Tagalog, Spanyol, dan Inggris

-Mata Uang: Peso (PHP)

-Luas Wilayah: 343.448 km persegi

-Lagu Kebangsaan: Lupang Hinirang (Chosen Land)

-Jumlah penduduk: 110,2 juta jiwa (2021).

Baca juga artikel terkait PROFIL NEGARA ASEAN atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Politik)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Addi M Idhom

DarkLight