Liga Inggris 2020/2021

Profil Ben Davies Calon Bek Liverpool di Bursa Transfer EPL 2021

Oleh: Iswara N Raditya - 1 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apakah Ben Davies yang diincar Liverpool di bursa transfer EPL adalah bek milik Tottenham Hotspur?
tirto.id - Jelang penutupan bursa transfer musim dingin English Premier League (EPL) 2020/2021, Liverpool dikabarkan bakal mendapatkan pemain baru untuk posisi belakang yakni Ben Davies. Siapa bek incaran klub juara bertahan Liga Inggris itu? Apakah ia adalah orang yang sama dengan Ben Davies milik Tottenham Hotspur?

Ben Davies bidikan Liverpool bukanlah pemain belakang yang dipunyai Spurs. Ben Davies yang diincar The Reds bernama lengkap Benjamin Keith Davies dan berposisi sebagai bek tengah. Sedangkan Ben Davies kepunyaan Tottenham Hotspur punya nama lengkap Benjamin Thomas Davies adalah bek kiri asal Wales.

Lahir di Barrow-in-Furness, Inggris, tanggal 11 Agustus 1995, Ben Davies incaran Liverpool belum pernah bermain untuk klub Premier League. Ia adalah pemain milik klub Championship atau Divisi 1 Liga Inggris, Preston North End, yang sering dipinjamkan ke klub-klub lain.

Uniknya, Preston North End memiliki julukan yang sama dengan Tottenham Hotspur, yakni The Lilywhites.

Preston North End kerap meminjamkan Ben Davies ke klub-klub di level yang lebih rendah seperti York City (2013-2014), Tranmere Rovers (2014), Southport (2015), Newport County (2016), hingga Fleetwood Town (2016).

Bek berusia 25 tahun ini kembali Preston North End pada musim 2017/2018 dan sejak saat itu ia mulai mendapatkan tempat reguler di klub yang kini dibesut oleh Alex Neil ini. Total, Ben Davies telah mengemas 144 laga bersama Preston North End hingga kini dan mengoleksi 2 gol.

Liverpool memang membutuhkan tambahan bek untuk mengarungi sisa musim 2020/2021. Pasalnya, skuad besutan Jurgen Klopp sedang mengalami krisis pemain belakang seiring cederanya Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip.

Situasi ini membuat Klopp sering menempatkan duo gelandang, yakni Jordan Henderson dan Fabinho, untuk menempati posisi sebagai bek sentral. Gawatnya lagi, Fabinho juga harus menjalani perawatan karena mengalami cedera sebelum laga kontra Spurs beberapa waktu lalu.


Dengan demikian, Klopp hanya bisa mengandalkan sang kapten Jordan Henderson, yang sejatinya adalah seorang gelandang, untuk ditandemkan dengan salah satu dari dua bek muda The Reds yakni Rhys Williams atau Nathaniel Phillips.

Kondisi pincang di lini pertahanan ini membuat Liverpool kurang mantap menjalani musim 2020/2021 meskipun masih berpeluang mempertahankan gelar juara EPL.

Saat ini, Mohamed Salah dan kawan-kawan berada di urutan 3 klasemen EPL dan terpaut 3 poin dari Manchester City selaku pemuncak.

Maka, merekrut tambahan pemain belakang menjadi hal yang amat penting bagi Liverpool meskipun nantinya bukan mendapatkan bek baru yang termasuk kategori pemain top, melainkan Ben Davies yang sama sekali belum pernah merasakan rumput Premier League.

Baca juga artikel terkait BEN DAVIES atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight