Polri Sebut Hoaks Pernyataan Kapolri Soal Wanita Pembawa Anjing

Oleh: Adi Briantika - 3 Juli 2019
Beredar hoaks penyataan Kapolri terkait kasus pembawa anjing ke dalam masjid di Bogor.
tirto.id - Beredar informasi di situsweb merdekaind.blogspot.com yang memuat pernyataan Polri menggunakan foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan maksud mendiskreditkan institusi kepolisian.

Unggahan ini berbunyi, "Ada Wanita Membawa Anjing Masuk Masjid, Polri: itu Hal Biasa Jangan Dibesar-besarkan, Anjing Juga Ciptaan Allah SWT!!."

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo membantah unggahan ini. "Itu hoaks, tidak benar," ujar dia ketika dihubungi Tirto, Rabu (3/7/2019).

Kini Direktorat Siber Bareskrim Polri sedang memantau akun tersebut. Akun Twitter @DivHumas_Polri menguatkan bantahan Dedi, dengan menyertakan tagar #StopHoax dan diunggah pada 2 Juli 2019, sekitar pukul 10.49 WIB. Situsweb tersebut, kini sidah dihapus, sehingga tak bisa diakses.

Dalam kasus sebenarnya, perempuan masuk ke Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu berinisial SM (52). Ia masih mengenakan alas kaki dan membawa seekor anjing, ia marah-marah kepada jamaah di masjid itu.

SM mengklaim bahwa suaminya dinikahkan di masjid itu. Kini perempuan itu ditetapkan sebagai tersangka oleh Polpres Bogor atas kasus dugaan penistaan agama. Di sisi lain, ia diduga punya riwayat gangguan jiwa yakni skizofrenia. Ia kini dirawat di RSJ.




Baca juga artikel terkait KASUS PENISTAAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali
DarkLight