Menuju konten utama

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Matic Nyentak

Mobil matic kerap kali mengalami kendala khas yang tak dihadapi mobil manual. Salah satunya kondisi nyentak saat dikendarai. Lalu, apa penyebabnya?

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Matic Nyentak
Ilustrasi Mobil Matic. foto/istockphoto

tirto.id - Mobil matic ada kalanya mengalami hentakan ketika dikendarai, yakni kondisi mesin yang tersendat akibat shift shock. Kejadian itu membuat aktivitas menyetir menjadi kurang nyaman.

Mobil matic jedug atau nyentak umumnya terjadi dalam tiga tindakan berkendara. Kejadiannya kerap muncul saat memasukkan gigi, memindahkan gigi, atau menambah kecepatan dengan menekan pedal gas lebih dalam.

Mobil matic yang nyentak tetapi dapat berpindah gigi dengan lancar sebenarnya tidak masalah dikendarai terus. Perbaikannya bisa dilakukan bersamaan saat perawatan rutin. Namun, jika sentakan tersebut terasa kasar, pemilik mobil sebaiknya segera menuju bengkel dan melakukan perbaikan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi mobil matic nyentak? Mengatasi mobil matic nyentak perlu disesuaikan dengan penyebab yang ditimbulkan. Dengan begitu, solusi yang diterapkan bisa tepat sasaran.

Apa Penyebab Mobil Matic Nyentak?

Penyebab mobil maticnyentak atau jedug ketika mundur bisa dipicu oleh berbagai alasan. Hentakan yang kasar menandakan ada komponen yang rusak atau memiliki kendala dalam fungsi. Beberapa penyebabnya yaitu:

1. Kelistrikan mobil matic mengalami masalah

Mobil matic umum memakai transmisi elektrik. Mobil matic nyentak kemungkinan terjadi kendala pada solenoid pressure atau TCM speed sensor. Pengecekannya memerlukan alat khusus yang dimiliki oleh bengkel.

2. Oli transmisi bocor

Pelumasan sistem transmisi tidak akan bekerja optimal jika oli mengalami kebocoran. Gejala paling khas adalah mobil nyentak jika dilakukan perpindahan gigi. Tekanan oli tidak bisa mengangkat perpindahan gigi secara maksimal akibat kurangnya pelumasan.

3. Rasio gigi mundur bermasalah

Penyebab mobil matic mundur nyentak juga dipengaruhi oleh aspek rasio gigi. Mobil matic konvensional kadang mengalami rasio mundur tidak tepat yang diiringi dengan mobil nyentak.

4. Keausan pada komponen brake dan clutch

Brake dan clutch bekerja bersama untuk mendukung sistem kerja mesin. Namun, karena keduanya bergesekan dalam waktu lama, seiring masa bakal aus.

5. Kesalahan penyetelan kabel accelerator kickdown

Penyetelan kabel accelerator kickdown yang tidak tepat juga dapat membuat mobil matic menyentak. Hal ini kerap terjadi pada mobil matic konvensional yang memiliki kabel accelerator kickdown di bagian throttle valve dan menjadi satu bagian dengan accelerator pedal gas.

6. Oli transmisi kotor

Oli transmisi yang sudah kotor tidak bisa lagi berfungsi secara optimal. Masalah yang ditimbulkan dengan kekotoran tersebut beragam, seperti kerusakan komponen transmisi, suhu transmisi meninggal, boros bahan bakar, hingga mobil menyentak.

6 Cara Mengatasi Mobil Matic Nyentak

Cara mengatasi mobil matic nyentak perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Penanganan yang tepat akan membuat mobil menjadi nyaman kembali untuk dikendarai. Berikut beberapa solusinya:

1. Ganti oli transmisi

Oli transmisi perlu diganti secara berkala sebagaimana oli mesin. Semakin lama dipakai, oli berpotensi tercampur dengan kotoran. Gunakan produk oli mesin yang sesuai peruntukannya untuk setiap jenis mobil matic.

2. Perbaiki AT Solenoid

Perbaikan AT Solenoid membuat fungsinya mengatur aliran oli hidrolik ke beragam aktuator menjadi lancar. Dengan begitu, perpindahan gigi mobil matic menjadi lebih halus. Komponen ini perlu diperiksa berkala karena berpotensi aus seiring waktu penggunaan.

3. Periksa clutch dan breaker

Komponen clutch dan breaker perlu pula diperiksa berkala, apalagi jika mobil matic sudah menunjukkan gejala nyentak. Mekanik di bengkel akan memeriksa komponen tersebut untuk diperbaiki, dan jika keausan sudah parah, perlu diganti baru.

4. Setel kembali kabel accelerator kickdown

Kabel accelerator kickdown perlu diatur ulang jika hal itu merupakan faktor penyebab mobil matic nyentak. Setelah kabel diperbaiki, mobil akan mulus kembali saat dikendarai.

5. Cek TCM speed sensor dan solenoid pressure

TCM dan solenoid pressure yang bermasalah perlu diperiksa dengan alat engine scanner di bengkel. Saat engine scanner tersambung dengan soket OBD, akan ketahuan bagian yang bermasalah dan perlu perbaikan.

6. Setel rasio gigi mundur

Lakukan penyetelan gigi mundur jika memicu sentakan pada mobil matic. Jika tidak diperbaiki, pengemudi tidak akan nyaman selama menjalankan mobil.

Baca juga artikel terkait TIPS MOBIL atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Gearbox
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Fadli Nasrudin