tirto.id - Hingga pertengahan 2015, transportasi di ibukota didominasi oleh angkutan kota (angkot), bus (Metromini, Kopaja, dan TransJakarta), dan kereta rel listrik (KRL). Layanan taksi, salah satu transportasi yang bersifat privat yang tersedia. Namun, kehadiran layanan ride sharing seperti Go-Jek dan Grab, menjadi warna baru layanan transportasi di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.
Suka tak suka, ride-sharing seperti Go-Jek dan Grab telah merevolusi transportasi. Farhad Manjoo, pengelola kanal “State of the Art” The New York Times sekaligus penulis buku “True Enough: Learning to Live in a Post-Fact Society,” mengatakan layanan ride-sharing "sangat berpotensi menurunkan tingkat kepemilikan kendaraan pribadi".
Prediksinya bersumber dari hasil analisis Susan Shaheen, direktur Transportation Sustainability Research Center University of California, yang mengatakan bahwa ride-sharing sukses mengurangi kepemilikan kendaraan oleh masyarakat.
Shaheen mengatakan “selama 17 tahun penelitiannya di ranah transportasi, baru kali ini perangkat mobile sukses mengubah lanskap industri transportasi.” Penurunan kepemilikan kendaraan pribadi terjadi salah satu sebabnya karena layanan ride-sharing disebut menawarkan pilihan yang lebih murah.
Benarkah?
Mari kita hitung, sebut saja Iwan, 25 tahun, bekerja di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dan tinggal di daerah Pondok Cina, Depok. Jarak Pondok Cina ke Kemang sekitar 14 km. Dengan rute tersebut, setidaknya ada dua alternatif transportasi publik yang digunakan. Pertama, menggunakan Commuter Line, dari Stasiun Pondok Cina hingga Stasiun Pasar Minggu, stasiun terdekat ke kawasan Kemang. Kemudian dilanjutkan menggunakan Go-Jek ataupun Grab.
Biaya yang harus dikeluarkan Iwan, antara lain Rp3.000 untuk Commuter Line dan Rp8.000 untuk tarif Go-Jek atau Grab. Total rute pulang-pergi membutuhkan biaya Rp22.000. Selama sepekan aktivitas kerja, uang Rp110.000 harus dikeluarkan Iwan, atau Rp440.000 per bulan .
Alternatif kedua ialah hanya memanfaatkan layanan ride-sharing. Dari Pondok Cina menuju Kemang Go-Jek mematok tarif Rp28.000 dan Rp30.000 jika memilih Grab. Artinya, perjalanan pulang-pergi selama sebulan bekerja membutuhkan biaya antara Rp1,12 juta-Rp1,20 juta.
Bagaimana bila menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor?
Mengutip laman dealer Honda Cengkareng, motor matik mampu menempuh jarak antara 50 hingga 60 kilometer hanya dengan seliter bensin. Artinya, jarak 14 kilometer dari tempat tinggal Iwan menuju kantor, cukup ditebus dengan biaya tak lebih dari Rp10.000, dengan memilih bensin berjenis Pertalite maupun Pertamax. Dengan estimasi jarak tempuh per liter tersebut, maka hanya butuh Rp30 ribu per minggu atau Rp120 ribu per bulan.
Jika hanya melihat biaya bensin, menggunakan motor jauh lebih irit dibandingkan menggunakan layanan ride-sharing. Namun, selain biaya bensin, biaya pembelian motor serta biaya perawatan berkala wajib diperhitungkan.
Di pasaran, khusus untuk tipe matic, motor dijual secara kontan dalam rentang harga Rp15,45 juta hingga Rp22,5 juta. Melalui skema cicilan, untuk tipe Honda Vario 125, dengan cicilan hingga 35 kali, misalnya. Perlu dana sebesar Rp900 ribu per bulan.
Rata-rata biaya perawatan motor, seperti mengganti oli, dalam sebulan ialah Rp80 ribu hingga Rp120 ribu. Artinya, menggunakan motor pribadi sama dengan mengeluarkan uang senilai Rp980 ribu hingga Rp1,020 juta tiap bulan.
Dari total pengeluaran cicilan dan perawatan, maka dengan menambah biaya bensin per bulan sekitar Rp120 ribu, artinya biaya punya kendaraan sepeda motor sendiri dengan layanan ride-sharing relatif sama. Namun, bila aspek biaya cicilan dikeluarkan dari perhitungan, maka menggunakan sepeda motor pribadi jauh lebih hemat dari naik transportasi umum atau ride-sharing.
Namun, ada juga yang tetap memilih layanan ride-sharing karena pertimbangan lain di luar persoalan biaya. Ubaidillah Pratama, 26 tahun, karyawan startup keuangan, lebih memilih menggunakan layanan ride-sharing daripada kendaraan pribadi.
Ia mengatakan ride-sharing “lebih irit” juga lebih nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi karena ada aspek menghemat tenaga agar tak lelah di jalan. “Lalu lintas Jakarta ampun. Enggak tahu kenapa merasa lebih capek aja berkendara sendiri di Jakarta,” katanya kepada Tirto.
Berbeda dengan Ubaidillah, Indra Nur Fajar, 26 tahun, wirausahawan sekaligus mahasiswa di Jakarta ini lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan layanan ride-sharing. Alasannya sederhana karena lebih fleksibel
“Misalnya awalnya saya ke kampus, ternyata di kampus tidak ada dosennya, nah kalau saya bawa motor sendiri saya bisa mampir makan dulu di restoran atau nonton,” katanya.
Ride Sharing Vs Kendaraan Pribadi
“Di banyak kota, kini sangat mudah merencanakan kegiatan tanpa kendaraan,” kata David A. King, profesor Urban Planning pada Columbia University. Layanan ride-sharing seperti Uber, Grab, hingga Go-Jek saat ini bisa diandalkan seperti yang dikatakan oleh David.
F. Todd Davidson dan Michael E. Webber, peneliti dari University of Texas at Austin, dalam ulasannya di The Conversation, sempat melakukan riset membandingkan biaya berkendara menggunakan kendaraan pribadi versus layanan ride-sharing. Mereka menyimpulkan bila seseorang berkendara lebih dari 15 ribu mil atau sekitar 24 ribu km per tahun, maka memiliki kendaraan pribadi jadi pilihan terbaik karena paling irit.
Namun, bila seseorang bepergian kurang dari 10 ribu mil atau sekitar 16 ribu km per tahun, maka menggunakan layanan ride-sharing seperti Uber jadi pilihan bijak. Namun, bila merujuk data statistik, dua peneliti tersebut mengatakan rata-rata orang Amerika berkendara sekitar 13 ribu mil atau sekitar 20 ribu km per tahun.
Dalam konteks di Amerika Serikat (AS), memiliki kendaraan pribadi, khususnya mobil, bukan perkara murah. Peneliti dari University of Texas itu menyebut bahwa setidaknya tiap pemilik mobil harus mengeluarkan kocek $16.667 per tahun. Angka itu terdiri dari berbagai pengeluaran untuk asuransi, lisensi, pajak, dan depresiasi sebesar $5.742 per tahun.
Selain itu, biaya sebesar $1.186 harus disiapkan untuk perawatan, perbaikan, ganti oli, ban. Juga biaya $1.539 untuk bahan bakar minyak (BBM), belum lagi biaya parkir hingga $1.440 untuk setiap 20 hari per bulan, $6/hari, dan $6.760 biaya untuk kehilangan jam kerja di jalanan karena kemacetan.
Hampir senada dengan apa yang diungkap Davidson dan Webber, Kyle Hill pendiri startup bernama HomeHero, diwartakan Techcrunch, mengatakan jika seseorang berkendara kurang dari 9.481 mil atau sekitar 15 ribu kilometer per tahun, lebih irit menggunakan ride-sharing seperti Uber (khususnya UberX) dibandingkan menggunakan mobil pribadi.
Menurut perkiraannya, jika benar-benar bergantung pada Uber, seorang warga Los Angeles hanya mengeluarkan biaya sebesar $18.115 tiap tahun atau sedikit di atas saat seseorang memilih menggunakan kendaraan pribadi.
Layanan ride-sharing merevolusi bagaimana masyarakat bepergian. Jika biaya layanan-layanan tersebut bisa jauh lebih ditekan lagi, kemungkinan orang akan benar-benar berpikir ulang jika hendak memiliki kendaraan pribadi. Faktor tarif layanan ride-sharing akan sangat menentukan.
Editor: Suhendra