Miss Universe 2018: Miss Laos Menang Kostum Nasional Terbaik

Oleh: Maria Ulfa - 17 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pemenang kostum nasional terbaik diraih oleh Miss Laos, On-anong Homsombath.
tirto.id - Kontes Miss Universe 2018 telah usai digelar pada Senin (17/12/2018). Catriona Gay, Miss Filipina terpilih sebagai penerima mahkota gelar ratu sejagad ini. Sebelum menjalani babak tanya jawab hari ini, para kontestan telah memberikan penampilan dalam sesi National Costume.

Pemenang kostum nasional terbaik diraih oleh Miss Laos, On-anong Homsombath. Desainnya yang rumit terinspirasi oleh Kinnaree, yaitu sosok setengah burung, dan setengah wanita.

"Terima kasih atas dukungan kalian semua. Saya sangat bangga telah memenangkan Kostum Nasional terbaik dan mewakili negara saya. Ini adalah tahun pertama kami berpartisipasi dalam kontes Miss Universe dan saya sangat senang kami bisa mencapai sejauh ini, ”kata On-Anong, seperti dikutip The Nation.

Sesi National Costume yang digelar pada Senin (10/12/2018) merupakan salah satu rangkaian dari penilaian di Karantina Miss Universe 2018. Sesi ini berlangsung di Nong Nooch Pattaya International Convention Exhibition (NICE), Thailand.

Terdapat 94 kontestan yang berkompetisi untuk memperebutkan gelar di National Costume Show dari kontes kecantikan Miss Universe ke-67 yang diadakan di Bangkok, Thailand ini.

Selain kostum nasional Miss Laos, berikut ini 10 daftar best National Costume menurut The Great Pageant Community yang dikutip Tirto, Senin (17/12/2018):

1. India: Nehal Chudasama

Kostum Chudasama memperlihatkan seorang panglima perang yang membawa seberat 105 pon di pundaknya yang kuat dan terlihat seperti seorang bidadari (malaikat).

Kostum itu terinspirasi Rani Rudrama Devi, Putri Prajurit India dan raja dinasti Kakatiya, sebuah dinasti India Selatan yang diperintah oleh Kesultanan India Utara. Bagian terbaik dari kostum Chudasma adalah bagaimana dia mengeksekusi penggambaran ratu.

2. Brazil: Mayra Dias

Kostum ini dibuat oleh penduduk asli dan butuh waktu tiga bulan untuk menyelesaikannya. Tujuan kostum adalah untuk mempromosikan perlindungan lingkungan di tanah airnya.

3. El Savador: Marisela de Montecristo

Dia membuat penonton terpesona dengan kostum raksasa yang digunakan selama festival yang berasal dari era Pra-Columbus 500 tahun yang lalu.

4. Ekuador: Virginia Limongi

Ekuador dianugerahi dengan beberapa flora dan fauna terlangka yang ditemukan di planet. Penghormatan pada keindahan The Ecuadorian Amazons itu tampak dalam busana Miss Ekuador, Virginia Limongi.

5. Cina: Meisu Qin

Kustom Miss Cina tidak besar dan tidak mewah, tetapi Miss Cina tampil memukau dengan membawa teknik perubahan wajah yang dikenal sebagai Bian Lian, bentuk seni Tiongkok kuno di mana pemainnya berganti topeng secara dramatis.

6. Curacao: Akisha Albert

Albert mewakili wanita modern Curacao yang telah berjuang untuk hak mereka dalam pendidikan dan keadilan sosial. Keindahan itu ditampilkan eksotis melalui gaun bola putih dengan tutup kepala tradisional dan borgol melambangkan penghalang.

7. Meksiko: Andrea Toscano

Toscano Memberikan penghormatan kepada Jaguar Goddess dari agama Maya pra-Columbus. Kostum itu terbuat dari kulit dan batu semi mulia seperti biasanya digunakan sebelum era pra-Hispanik.

8. Indonesia: Sonia Fergina Citra

Sonia tampak seperti malaikat tropis turun di panggung saat dia berjalan menggunakan kostum ini. Tema kostumnya adalah Birds of Paradise. Burung-burung ini ditemukan di Indonesia bagian timur dan saat ini, beberapa spesies sedang menghadapi krisis kepunahan.

9. Puerto Rico: Kiara Ortega

Tahun lalu Puerto Rico dilanda badai Maria yang mematikan. Kostum itu menggambarkan kekuatan dan kebangkitan Puerto Rico dari bencana alam yang mematikan ini. Meskipun dia tersandung dan dia berhasil bangkit lagi dengan senyum lebar di wajahnya seperti orang-orang Puerto Rico setelah melewati badai Maria.

10. Thailand: Sophida Kanchanarin

Thailand sebagai tuan rumah, membawa pesan mistis dan misterius, seperti menghidupkan gajah di panggung Miss Universe. Kanchanarin mengenakan kostum dengan sentuhan baju tradisional Thailand.


Baca juga artikel terkait MISS UNIVERSE 2018 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight