Miranda Goeltom Kenang Habibie Saat Cari Dana untuk Pesawat R80

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 12 September 2019
Miranda dan BJ Habibie sempat bekerja sama membentuk lembaga patungan (joint venture) untuk membiayai pesawat R80.
tirto.id - Mantan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia (BI) Miranda Goeltom tampak hadir melayat ke rumah duka Presiden ketiga Republik Indonesia, B.J. Habibie, di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu malam (11/9/2019).

Miranda menyebutkan, banyak kenangan bersama BJ Habibie saat dirinya masih intens berkomunikasi dan menjabat sebagai Deputi Senior Gubernur BI. Namun, yang paling membekas adalah saat ia dan BJ Habibie harus bekerja sama membentuk lembaga patungan (joint venture) untuk membiayai pesawat R80.

"Waktu beliau jadi presiden saya DGS [Deputi Gubernur Senior] BI, sering menghadap beliau juga. Terakhir saya masih sering bertemu berjumpa berdiskusi terutama dari upaya beliau untuk menjadikan dan memproduksi R80. Saya ikut memeberikan saran agar crowd funding dan sebagainya," terang dia.

"Karena pendanaan itu adalah inti, kalau teknologinya kita tidak ragu lagi. Tetapi belum sampai ke sana beliau sudah pergi. Sedih sekali," imbuhnya.

Ia mengaku sangat mengaggumi Habibie bahkan sejak dirinya masih bersekolah di Jerman. Ia mengatakan, kekuatan dan ketekunan Habibie harus menjadi contoh bagi semua orang.

"Harus kuat dan bisa menjadi contoh kebahagiaan bukan hanya punya pak habibie tapi ibu yang juga sangat berprestasi. Tidak banyak kekuarga yang suami istri seperti itu," ucapnya.

BJ Habibie meninggal dalam perawatan RSPAD Gatot Soebroto. Ia sudah dirawat secara intensif di RS tersebut sejak Minggu, 8 September 2019.


Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE MENINGGAL atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Hendra Friana
DarkLight