Mengenal Jenis-Jenis Makam Pahlawan di Indonesia

Oleh: Dede Mudopar - 9 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hari Pahlawan Nasional 2020 dan mengenal jenis-jenis makam pahlawan yang ada di Indonesia.
tirto.id - Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional oleh masyarakat Indonesia. Hari untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan ini ditetapkan melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 yang merujuk pada terjadinya peristiwa Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Tahun ini, Hari Pahlawan Nasional 2020 mengusung tema “PAHLAWANKU SEPANJANG MASA”.

Pemilihan tema ini sebagai pemaknaan kata “pahlawan” pada masa kini. Jika dulu pahlawan identik dengan sosok yang berjuang mengusir penjajah demi kemerdekaan Indonesia, maka saat ini pahlawan bisa diartikan dalam berbagai pengertian seperti sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi.

Dalam keterangan persnya, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan 2020 terdiri dari beberapa agenda seperti upacara ziarah nasional, upacara tabur bunga di laut, dan upacara penganugerahan Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Dalam garis besar bahwa kegiatan Hari Pahlawan ini ada tiga main menu, yaitu upacara ziarah nasional, upacara tabur bunga di laut, dan upacara penganugerahan Pahlawan Nasional oleh Presiden," kata Edi Suharto seperti dikutip dari laman Kemensos.

Selanjutnya, tambah Edi, "Di luar acara, di dalamnya terdapat kegiatan yang sifatnya online/virtual. Baik sebelum, pada saat dan sesudah, antara lain ada webinar kepahlawanan, lomba-lomba tentang kepahlawanan, ada juga konser kepahlawanan."

Agenda upacara upacara Ziarah Nasional dilakukan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata tanggal 10 November 2020 pukul 08.00 WIB dengan terbatas sesuia protokol kesehatan yang berlaku.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis makam pahlawan. Dikutip dari unggahan akun Instagram Kemensos @kemensosri jenis makam pahlawan terdiri dari tiga jenis yaitu Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama, Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN), dan Makam Pahlawan Nasional (MPN).

1. Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama

Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama merupakan suatu tempat atau lokasi yang diperuntukkan bagi para pahlawan atau pejuang yang memenuhi syarat tertentu berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 dan terletak di Ibu Kota, Jakarta.

TMPN Utama di Indonesia yaitu Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Taman Makam Pahlawan ini sebelumnya terletak di daerah Ancol kemudian dipindahkan ke Kalibata atas petunjuk Sukarno karena dianggap tidak layak.

Pembangunan TMP Kalibata dimulai pada tahun 1953 dan diserahkan kepada Zeni Angkatan Darat serta F Silaban sebagai arsiteknya.

Setahun kemudian, tepatnya pada 10 November 1954, TMP Kalibata diresmikan oleh Sukarno. Saat itu terdapat makam 121 pahlawan atau pejuang yang merupakan pindahan dari Ancol.

2. Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN)

Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) merupakan suatu tempat atau lokasi yang diperuntukan bagi pemakaman para pahlawan dan pejuang yang memenuhi syarat-syarat tertentu.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 35 Tahun 2010, TMPN berada di provinsi dan kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) yaitu Taman Makam Pahlawan Tatura yang terletak di Palu, Sulawesi Tengah.

3. Makam Pahlawan Nasional (MPN)

Jenis makam pahlawan yaitu Makam Pahlawan Nasional (MPN). Makam Pahlawan Nasional (MPN) yaitu suatu tempat dil uar TMPN dimana terdapat Jenazah Pahlawan Nasional dimakamkan.

Salah satu Makam Pahlawan Nasional yaitu Makam Bung Tomo yang terletak di Ngagel Rejo, Surabaya.



Baca juga artikel terkait PAHLAWAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight