Mengenal Berbagai Emosi Positif Manusia Selain Perasaan Bahagia

Oleh: Abdul Hadi - 20 Desember 2019
Dibaca Normal 2 menit
Selain bahagia, sebenarnya terdapat banyak emosi positif lain yang melibatkan beragam perasaan yang cukup luas.
tirto.id - Emosi positif yang dialami manusia tidak lahir secara spontan. Terdapat berbagai hal baik dan menyenangkan yang menjadikan kita mengalami emosi positif. Perasaan-perasaan itulah yang membuat kita menikmati momen-momen kehidupan.

Sebagaimana dilansir dari Psychology Today, merasakan emosi positif menjadikan kita lebih sehat secara fisik dan mental. Merasakannya bersama orang lain juga akan menumbuhkan rasa percaya dan welas asih. Emosi positif juga akan menjauhkan manusia dari stres.

Sejauh ini, perasaan bahagia merupakan emosi yang paling sering dibicarakan dan dikenal. Namun, sebenarnya terdapat beragam emosi positif lain yang merupakan nuansa dari perasaan bahagia.

Pada 2009, psikolog Barbara Frederickson dalam bukunya Positivity mengidentifikasi 10 emosi positif lain yang secara universal dirasakan manusia selain perasaan bahagia. Berikut adalah 10 emosi positif lain menurut Barbara Fredrickson:

Senang

Kita merasa senang ketika mengalami keadaan menguntungkan yang tidak pernah diantisipasi sebelumnya. Misalnya, ketika menemukan makanan lezat di restoran baru, atau saat menemukan adegan romantis di film yang kita tonton. Rasa senang merupakan sinyal bahwa keadaan tersebut menggembirakan dan mendorong kita menikmati situasi yang terjadi.

Terima Kasih

Perasaan untuk berterima kasih muncul ketika kita mendapati bahwa seseorang telah berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi kita. Kita berterima kasih atas hadiah yang diberikan, kebaikan yang kita terima, dan waktu yang sudah diluangkan kepada kita. Rasa berterima kasih mendorong kita mencari berbagai cara untuk membalas kebaikan dan menunjukkan kepedulian kita kepada orang lain.

Bangga

Ketika kita meraih suatu target yang sudah ditetapkan sebelumnya atau berkontribusi penting pada suatu proyek, kita merasa bangga pada kemampuan kita. Rasa bangga muncul sebagai respons keberhasilan memperoleh yang kita inginkan.

Tenang

Kita merasa tenang dan damai ketika berada dalam keadaan yang stabil. Menurut Frederickson, ketenangan menjadikan kita menikmati momen sekarang dan mengevaluasi ulang prioritas kita. Perasaan tenang membuat kita memahami secara mendalam pribadi kita sendiri.

Penasaran

Kita merasa penasaran ketika menemukan sesuatu yang baru dan kita berminat mengeksplorasi hal tersebut. Rasa penasaran dapat memantik kita untuk membaca banyak artikel dari topik favorit kita atau menjelajah lingkungan asing. Rasa penasaran menjadikan kita bersemangat mengeksplorasi dan belajar untuk memperoleh wawasan baru.

Girang

Rasa girang menemukan hal lucu merupakan emosi yang berhubungan erat dengan tawa. Hal ini muncul ketika kita menemukan dua hal bertolak belakang yang menggelikan. Rasa tergelitik untuk tertawa juga muncul di situasi yang tidak kita antisipasi sebelumnya. Apa pun yang membuat kita tertawa, apalagi menertawakannya bersama orang lain, akan menguatkan ikatan kita dengan orang tersebut.

Harapan

Harapan adalah emosi positif yang muncul saat kita membayangkan keadaan yang lebih baik di masa mendatang. Harapan menjadikan kita optimis melewati masa-masa sulit. Kendati tak jarang masalah yang kita hadapi membuat sedih dan khawatir, harapan mendorong kita berusaha lebih baik lagi dan tegar menghadapi hal-hal yang tak diinginkan.

Terinspirasi

Ketika kita melihat orang lain berusaha sekuat tenaga dan mencapai yang diinginkannya, kita terinspirasi untuk menirunya. Rasa terinspirasi menjadikan kita menghargai potensi orang lain dan mendorong kita memaksimalkan kapasitas dan potensi diri kita juga.

Terpukau

Sesuatu yang memukau akan memikat kita dan membawa perasaan “terhubung” kepada sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Hal yang luar biasa indah, seperti halnya senja tembaga di padang sabana luas bisa membuat kita sejenak mengagumi keindahan semesta. Rasa terpukau seringkali mengubah cara pandang kita terhadap lingkungan, atau bahkan dunia yang kita tinggali sekarang.

Cinta

Cinta merupakan emosi positif yang paling sering dibicarakan. Frederickson mendefinisikan cinta sebagai gabungan pengalaman yang kita bagi dengan orang yang spesial. Pengalaman tersebut mencakup beragam emosi yang disebutkan di atas. Momen-momen yang kita alami dengan orang tersebut menjadikan kita saling mengenal lebih jauh dan semakin peduli dengannya. Hal inilah yang melahirkan hubungan yang sehat dan kian menguatkan keintiman bagi pasangan.


Baca juga artikel terkait PERASAAN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight