Mengapa Gong Xi Fa Cai Jadi Ucapan Paling Populer Saat Imlek

Mengapa Gong Xi Fa Cai Jadi Ucapan Paling Populer Saat Imlek
(Ilustrasi) Warga Etnis Tionghoa memandikan Altar Dewa Dewi, di Klenteng Hok Tek Bio, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (11/2). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.
Reporter: Yantina Debora
15 Februari, 2018 dibaca normal 1:30 menit
Banyaknya ucapan yang menggunakan "Gong Xi Fa Cai" ketimbang "Xin Nian Kuai Le" karena sering digunakan oleh etnis Tionghoa yang sebagian besar berasal dari kalangan pebisnis atau pedagang.
tirto.id - Masyarakat Tionghoa di dunia, termasuk di Indonesia akan merayakan tahun baru berdasarkan penanggalan Cina, pada Jumat (16/2/2018). orang-orang lazimnya akan bertukar ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Ada beberapa ucapan yang bisa digunakan. Salah satunya yang paling terkenal “Gong Xi Fa Cai” dalam bahasa Mandarin, atau “Gung Hey Fat Choi” untuk bahasa Kanton.

Meski banyak dipakai untuk ucapan tahun baru Imlek, istilah "Gong Xi Fa Cai" pada dasarnya tak berarti selamat tahun baru. Secara harfiah, artinya "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan."

“Beberapa percaya bahwa istilah tersebut lebih berfokus pada keuntungan material daripada semangat kebersamaan,” kata dosen senior jurusan Studi China Universiti Malaya Prof. Dr. Yam Kah Kean, seperti dilansir The Star.

Karenanya, dia menilai, ucapan untuk Imlek yang lebih tepat dan representatif ialah "Xin Nian Kuai Le" yang berarti “Selamat Tahun Baru." Sementara itu, dalam bahasa Kanton biasa disebut “Sun Leen Fai Lok.”"

Sinolog dari Universitas Indonesia, Agni Malagina kepada Tirto, Kamis (15/2/2018) mengungkapkan banyaknya ucapan yang menggunakan "Gong Xi Fa Cai" ketimbang "Xin Nian Kuai Le" karena ucapan tersebut sering digunakan oleh etnis Tionghoa yang sebagian besar berasal dari kalangan pebisnis atau pedagang.

"Etnis Tionghoa di Indonesia sebagian besar dari kalangan pebisnis dan tampak lebih menonjol meski kalangan bukan pebisnis pada dasarnya juga banyak," kata Agni.

"Biasanya orang-orang yang berdagang yang punya bisnis menggunakan 'Gong Xi Fa Cai' untuk harapan supaya di masa yang akan datang bisa lebih baik dan [bisnis] berkembang pesat," ujar Agni.

Namun, lanjut Agni, "Gong Xi Fa Cai" juga digunakan oleh etnis Tionghoa yang bukan dari kalangan pebisnis. Karena, menurutnya, yang penting adalah arti dari ucapan itu supaya hidup lebih baik atau sejahtera.

"Selain itu ada juga ucapan-ucapan lain yang sering digunakan saat Imlek yang tidak berorientasi profit atau bisnis misalnya Xi Nian Kuai Le," kata Agni.

Ucapan Imlek lainnya seperti “Xin Nian Jin Pu” (semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini), “Wan Shi Ru Yi” (semoga semua harapanmu terpenuhi), “Shen Ti Jian Kang” (semoga sehat selalu), dan “Sui Sui Ping An” (berharap Anda terhindar dari semua celaka).

Meski demikian, menurut Agni, jauh sebelumnya istilah yang populer saat Imlek yaitu "Sin Cun Kiong Hi" yang artinya selamat musim semi. Orang Tionghoa kalau selesai sembahyang, berkumpul makan malam dan di tengah malam mereka akan mengucapkan Sin Cun Kiong Hi, menurut Agni.




Baca juga artikel terkait PERAYAAN IMLEK atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - yan/yan)

Keyword