McD Sarinah Tutup: 4 Restoran McDonald's Terdekat di Area Thamrin

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 11 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Empat alternatif restoran McDonald's yang berada di wilayah Thamrin setelah McD Sarinah ditutup.
tirto.id - McDonald’s pertama di Indonesia yang berlokasi di sudut pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat resmi ditutup pada Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.

Meski McD Sarinah tutup, masih ada empat restoran McD lainnya bagi yang ingin berkunjung ke McD di wilayah Thamrin.

Sebagai alternatif, konsumen dapat mengunjungi restoran-restoran terdekat dengan Sarinah seperti:
  • McDonald’s Hayam Wuruk
  • McDonald’s Raden Saleh
  • McDonald’s Cideng
  • McDonald’s Central Plaza
McDonald’s pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991 dan menjadi restoran McDonald’s pertama di Indonesia.


Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada tahun 2009, McDonald’s berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada 2011 melalui proses tender.

Bedanya, kini statusnya bukan lagi gerai pertama, melainkan gerai ke-112. Hingga saat ini McD Indonesia telah memiliki 200 gerai di berbagai penjuru Indonesia. Total karyawannya mencapai 14 ribu.

Penutupan ini berdasarkan permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang diterima oleh manajemen McDonald’s Indonesia pada Kamis, 30 April 2020

“Setelah menempati salah satu sudut pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin, Jakarta dan menjadi salah satu ikon bersejarah di Jakarta selama hampir 30 tahun, McDonald’s Indonesia terpaksa harus menutup restoran pertamanya di Indonesia tersebut”, jelas Mcdonalds Indonesia melalui laman resminya.

Salah satu alasan penutupan karena pihak manajemen gedung Sarinah berencana merenovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

“Secara resmi McDonald’s akan menutup restoran di Sarinah Thamrin tersebut secara permanen pada hari Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB”, lanjut Mcdonalds dalam rilisnya.

Dengan ditutupnya McDonald’s Sarinah Thamrin ini, McDonald’s memastikan seluruh karyawan yang selama ini bekerja di restoran tersebut akan tetap mempertahankan pekerjaannya dan direlokasi ke berbagai restoran McDonald’s lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia kami yang telah bersama-sama membesarkan McDonald’s Sarinah Thamrin dan menciptakan berjuta kenangan manis bersama kami di sana,” ujar Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia.


Baca juga artikel terkait MCDONALDS atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight