tirto.id - Membuat Facebook verified menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna media sosial. Dengan tanda centang biru yang ikonik sebagai penanda verifikasi halaman Facebook, fitur ini memberikan validasi resmi atas halaman (page) yang dimiliki individu maupun organisasi.
Facebook page atau halaman Facebook adalah satu satu fitur yang dirancang khusus untuk mewakili bisnis, organisasi, figur publik, komunitas, atau merek tertentu. Tidak seperti profil pribadi, halaman Facebook memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan audiens dalam skala besar tanpa perlu menambahkan mereka sebagai teman.
Dalam konteks bisnis, halaman Facebook bisa berfungsi sebagai alat promosi, interaksi, dan komunikasi untuk berbagai tujuan, baik itu bisnis maupun personal branding. Namun, agar terlihat lebih profesional dan terpercaya, halaman Facebook tentunya perlu diverifikasi.
Facebook verified adalah fitur yang memberikan tanda centang biru pada profil atau halaman resmi. Tanda centang biru ini biasanya diberikan kepada halaman Facebook milik figur publik, perusahaan, instansi tertentu, atau influencer yang memiliki pengaruh luas.
Verifikasi bertujuan untuk memastikan keaslian sekaligus membedakannya dari akun/halaman palsu yang mungkin banyak beredar di media sosial. Dengan mendapatkan status verified, pemilik halaman Facebook dapat meningkatkan kredibilitas, keamanan, dan kepercayaan dari pihak lain.
Facebook verified tentu memiliki peran penting bagi mereka yang berkecimpung di dunia bisnis. Tak hanya meningkatkan kredibilitas, centang biru juga meminimalkan risiko pelanggan tertipu oleh akun palsu atau tiruan.
Selain itu, halaman Facebook yang diverifikasi cenderung lebih mudah ditemukan di hasil pencarian sehingga meningkatkan visibilitas brand. Hal ini juga memberikan keunggulan kompetitif karena pelanggan lebih cenderung berinteraksi dengan akun yang terverifikasi.
Dalam kepentingan bisnis jangka panjang, Facebook verified dapat membantu membangun citra profesional, memperkuat loyalitas pelanggan, dan mendukung strategi pemasaran digital yang lebih efektif sehingga menguntungkan perusahaan.
Cara Verified Halaman Facebook
Tanda verifikasi halaman Facebook memang memiliki keuntungan tersendiri bagi sang pemilik akun yang bergerak di bidang bisnis. Namun, perlu dipahami bahwa Facebook memiliki kriteria khusus bagi halaman yang dianggap layak memiliki tanda centang biru.
Halaman yang akan diverifikasi oleh Facebook harus memenuhi syarat berikut:
- Autentik: dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan asli yang benar-benar ada.
- Unik: Facebook hanya akan memverifikasi satu akun/halaman per entitas, baik itu individu, organisasi, atau perusahaan.
- Lengkap: akun/halaman harus bersifat publik dan memiliki bio, foto profil, dan minimal satu postingan.
- Ternama: akun/halaman harus mewakili individu, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari.
Dapatkan Formulir Pengajuan Facebook Verified
Dilansir dari laman resmi Facebook, mendaftar lencana verifikasi atau membuat Facebook verified bisa dilakukan dengan mudah. Kita cukup mengisi formulir dengan data-data yang dibutuhkan untuk memverifikasi halaman Facebook yang dikelola.
Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan formulir verifikasi Facebook adalah sebagai berikut:
- Silakan login ke dalam akun Facebook
- Masuk ke bagian menu “Bantuan & Dukungan”, lalu klik “Pusat Bantuan”
- Di kolom pencarian, ketikkan kata kunci “verifikasi”. Nantinya akan muncul beberapa hasil rekomendasi, silakan pilih “meminta lencana terverifikasi di Facebook”.
- Klik pada tautan “mengisi formulir ini” dan halaman selanjutnya akan menampilkan formulir pengajuan verifikasi.
Isi Formulir Pengajuan Facebook Verified
- Pilih opsi “Halaman” jika ingin memverifikasi halaman Facebook, kemudian pilih halaman Facebook yang ingin diverifikasi.
- Pilih jenis dokumen identitas resmi, bisa berupa KTP, SIM, paspor, pengajuan pajak, tagihan listrik/air, atau akte pendirian bisnis.
- Klik tombol “Choose File” untuk mengunggah dokumen identitas resmi
- Pilih kategori bisnis (berita/media, olahraga, musik, atau yang lainnya)
- Masukkan nama negara tempat bisnis yang dimiliki, misalnya Indonesia
- Kolom “Pemirsa” adalah opsional alias boleh diisi atau tidak. Jika diisi, deskripsikan orang-orang yang mengikuti halaman Facebook milik kita.
- Kolom “Juga dikenal sebagai” boleh diisi atau tidak. Jika diisi, cantumkan nama yang mewakili halaman Facebook yang dimiliki.
- Tambahkan 5 artikel, akun media sosial, atau tautan lain yang menunjukkan bahwa halaman Facebook yang ingin diverifikasi adalah untuk kepentingan publik.
- Setelah selesai, klik “Kirim” untuk mengajukan permohonan verifikasi.
Tunggu Konfirmasi dari Facebook
Pihak Facebook akan meninjau halaman atau page yang kita ajukan dan proses ini bisa memakan waktu beberapa hari atau minggu. Apabila permohonan dikabulkan, maka halaman Facebook yang dikelola sudah resmi terverifikasi dan akan mendapatkan centang biru.
Jika Facebook menolak pengajuan verifikasi, kita bisa kembali mengirimkan permintaan verifikasi yang baru setelah 30 hari. Sebelum mengirim lagi, pastikan halaman Facebook yang dikelola sudah benar-benar memenuhi kriteria Facebook.
Memiliki halaman Facebook verified akan memberikan keuntungan besar dalam membangun kredibilitas dan kepercayaan audiens. Tanda centang biru tidak hanya menunjukkan bahwa akun Anda adalah akun resmi, tapi juga meningkatkan visibilitas, menjangkau lebih banyak pengguna, dan memperkuat citra profesional bisnis atau personal branding.
Editor: Erika Erilia & Yulaika Ramadhani