Sidang Sengketa Pilpres 2019

Kubu 01 Nilai Putusan MA Kuatkan Hasil Sidang MK Hari Ini

Oleh: Felix Nathaniel - 27 Juni 2019
Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf yakin Mahkamah Konstitusi (MK) juga akan menolak permohonan dari pihak 02 saat sidang putusan majelis hakim konstitusi.
tirto.id -
Kasasi yang diajukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ditolak oleh Mahkamah Agung (MA) pada Rabu (26/5/2019). Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin yakin Mahkamah Konstitusi juga akan menolak permohonan dari pihak 02.

"TKN yakin bahwa dalam putusannya, MK juga akan menarik kesimpulan dalam pertimbangan hukumnya yang segaris dengan putusan MA," kata Wakil Ketua TKN Arsul Sani kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Arsul mengatakan tudingan kecurangan BPN ataupun pihak 02 memang minim pembuktian. Permohonan kasasi yang diajukan ke MA oleh BPN terkait dengan laporan kecurangan yang sebelumnya ditolak oleh Bawaslu.

"Faktualnya BPN tidak mampu membuktikannya," tegasnya lagi.

Wakil Sekretaris TKN Ahmad Rofiq mendukung dan mengapresiasi putusan MA tersebut. Senada dengan Arsul, Rofiq menilai tuduhan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif tak bisa dipertanggungjawabkan.

"Tuduhan-tuduhan TSM ini sangat mengada-ngada bahkan terkesan asal-asalan," kata Rofiq.

Dengan putusan MA, Rofiq berharap masyarakat sadar bahwa penyelenggara pemilu telah melaksanakan tugas dengan baik dan kubu 02 memang tidak punya bukti kuat atas tudingan mereka.

"Penolakan ini memberikan pesan bahwa tuduhan TSM ini adalah pepesan kosong," tegasnya.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri
DarkLight