Komisi III DPR Setuju Listyo Sigit Diangkat Jadi Kapolri

Oleh: Haris Prabowo - 20 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tiga fraksi memberikan catatan atas persetujuan pengangkatan Listyo Sigit sebagai Kapolri yaitu Fraksi PAN, Fraksi PKS, dan Fraksi Partai Demokrat.
tirto.id - Komisi III DPR RI menyetujui pengangkatan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry berdasarkan pertimbangan pandangan dan catatan-catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi sepanjang uji kelayakan dan kepatutan yang berjalan pada Rabu (20/1/2021).

“Pimpinan dan anggota komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri Idham Azis, dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit prabowo sebagai Kapolri,” kata Herman saat memimpin rapat di ruang rapat Komisi III DPR RI, Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Sebelum pengambilan keputusan tersebut, masing-masing perwakilan fraksi menyampaikan pandangannya, seluruh fraksi menyatakan setuju pengangkatan Listyo Sigit sebagai Kapolri. Ada tiga fraksi yang memberikan catatan yaitu Fraksi PAN, Fraksi PKS, dan Fraksi Partai Demokrat.

Herman mengatakan proses selanjutnya akan ditetapkan dalam pengambilan keputusan tingkat II pada rapat paripurna DPR RI dalam waktu yang terdekat dan akan dilanjutkan lagi oleh proses yang seusai dengan peraturan perundang-undangan.

“Tok!” bunyi ketukan palu yang dipukul oleh Herman di depan meja pimpinan Komisi III DPR RI menutup uji kelayakan dan kepatutan.

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo telah memaparkan berbagai program kerja jika terpilih menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

Di ruang rapat Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021) Listyo mengajak koleganya dari berbagai angkatan di Polri untuk mendampingi dirinya menjalani fit and proper test. Listyo lalu mengklaim internal Polri solid.

Bahkan Kapolri Jenderal Idham Azis bahkan turut mengantarkan Listyo ke dalam ruang rapat Komisi III DPR RI. Menurut Idham apa yang dilakukannya memberikan contoh bahwa pergantian Kapolri merupakan keniscayaan dan Polri melakukan regenerasi secara baik.


Baca juga artikel terkait CALON KAPOLRI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Bayu Septianto
DarkLight