Ketum Golkar Sebut JK akan Jadi Timses Jokowi-Maruf di Pilpres 2019

Oleh: Lalu Rahadian - 9 Agustus 2018
Airlangga Hartarto menyatakan Jokowi menginginkan agar Jusuf Kalla menjadi bagian dari tim suksesnya di Pilpres 2019.
tirto.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) akan menjadi salah satu anggota tim sukses untuk memenangkan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Jadi yang penting tadi Bapak Presiden juga memberikan arahan bahwa timsesnya adalah Pak Jusuf Kalla," kata Airlangga di Restoran Plataran, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Meskipun demikian, Airlangga tidak menjelaskan posisi Wapres JK dalam tim sukses Jokowi-Ma'ruf maupun alternatif pengganti dua pemimpin pemerintahan itu saat masa cuti kampanye.

Airlangga juga berkata, kesepakatan ihwal nama cawapres Jokowi sudah muncul sebelum pertemuan antara Jokowi dengan para ketua umum dan sekjen partai pendukungnya digelar. Menurut dia, semua partai anggota koalisi pendukung Jokowi juga sudah bulat menerima keputusan itu.

"Presiden sudah memutuskan dan kami tinggal menerima saja," katanya.

Pernyataan Airlangga soal kemungkinan JK menjadi bagian dari tim sukses Jokowi-Ma'ruf dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Menurut Antoni, JK memang dipertimbangkan menjadi bagian tim sukses Jokowi-Ma'ruf. Akan tetapi, masih ada beberapa hal yang dipertimbangkan sebelum susunan final tim sukses diputuskan.

"Masih ada beberapa hal administratif. Pertimbangannya kan kalau mereka berdua [Jokowi-JK] cuti nanti bagaimana. Belum final," kata Antoni.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Addi M Idhom