Kemenangan Jokowi-Maruf Dinilai Bawa Rupiah Menguat

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 April 2019
Yaki menjelaskan, pergerakan rupiah pagi ini turut dipengaruhi sentimen positif kemenangan Jokowi-Ma'ruf versi hitung cepat.
tirto.id - Nilai tukar rupiah terpantau mengalami penguatan pagi ini, Kamis (18/4/2019). Mengutip data perdagangan Reuters hari ini, Dolar Amerika Serikat berada di level Rp 13.995, yang sebelumnya berada di level Rp14.000-an.

Laju itu tercatat pada pukul 09.00 WIB atau bertepatan dengan waktu pembukaan perdagangan saham pagi ini.

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki menjelaskan, pergerakan rupiah pagi ini turut dipengaruhi sentimen positif kemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin versi hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei Pilpres 2019.

“Salah satunya iya karena optimisme hasil quick count yang hingga saat ini lebih untuk kemenangan pasangan Jokowi-Amin,” kata dia saat dihubungi reporter Tirto melalui sambungan telepon, Kamis (18/4/2019).

Selain itu, lanjut Yaki, ada juga dorongan dari positifnya data ekonomi Cina yang memberi sentimen positif bagi pasar global termasuk Indonesia.

“Dari sisi lobal membaiknya data ekonomi Cina yang dirilis kemarin juga menjadi sentimen positif dari eksternal,” tambah dia.

Hasil quick count atau hitung cepat yang digelar Indo Barometer, Charta politika, CSIS hingga Saiful Mujani menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Hasil ini diperoleh dengan rata-rata data suara masuk di atas 95 persen.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Alexander Haryanto