Selain sibuk dengan dunia akting, Iqbaal juga sedang membangun kembali karir bermusiknya bersama grup Svmmerdose.

Svmmerdose mengusung genre R&B eksperimental yang beranggotakan total tiga personel. Iqbaal yang berposisi sebagai bassist ini mengaku sedang ingin fokus bermusik bersama Svmmerdose.


Terkait perannya sebagai Minke, Iqbaal menceritakan, Pramoedya Ananta Toer jadi salah satu dari 15 penulis yang masuk dalam daftar pilihan ujian di sekolahnya.

Nama besar Pramoedya Ananta Toer juga terdengar hingga ke Eropa. Novel Bumi Manusia juga pernah dijadikan materi kuliah sastra di Universitas Queen Mary London.

“Saat itu saya memilih Bumi Manusia sebagai salah satu buku untuk ujian, waktu itu saya tidak tahu Pram dan Bumi Manusia,” ujar Iqbaal, sebagaimana diwartakan Antara.

Sampai kemudian, Hanung Bramantyo menawarkan peran Minke pada Iqbaal yang ketika itu sedang terlibat dalam produksi film Dilan 1990. Kesempatan emas itu tidak disia-siakan oleh Iqbaal.

Sebagai Minke, Iqbaal dituntut untuk menambah bobot tubuh, menumbuhkan kumis serta fasih berbicara dalam bahasa Belanda yang kala itu lazim dipakai dalam keseharian.

“Banyak PR yang harus gue kerjakan, di Bumi Manusia harus bisa bahasa Belanda dan bahasa Jawa. Gue kan Sunda, jadi mungkin itu akan jadi sedikit tantangan,” ujar Iqbaal.