Jenis-jenis Teknologi: Dari Teknologi Produksi hingga Konstruksi

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans - 2 Des 2021 10:34 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Teknologi adalah hasil daya cipta manusia yang berfungsi untuk mempermudah segala bentuk aktivitas sehari-hari. Apa jenis-jenisnya?
tirto.id - Teknologi adalah hasil daya cipta manusia yang berfungsi untuk mempermudah segala bentuk aktivitas sehari-hari. Saat ini, teknologi hadir di berbagai bidang kehidupan demi memudahkan manusia mencapai hal-hal diinginkannya. Lantas, apa jenis-jenis teknologi yang ada di kehidupan sehari-hari?

Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia. Kata ini merupakan gabungan dari dua kata Yunani, yaitu techne yang berarti keahlian dan logia yang berarti pengetahuan. Sumber lain menyatakan bahwa kata teknologi berasal dari bahasa Latin, texere yang berarti menyusun atau membangun.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi memiliki dua pengertian. Pertama, ia adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu pengetahuan terapan. Kedua, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Berdasarkan uraian di atas, teknologi dapat diartikan sebagai hasil daya kemampuan manusia dalam membuat sesuatu untuk memudahkan aktivitas kehidupan manusia itu sendiri.

Teknologi terbagi menjadi dua macam, sebagaimana dikutip dari buku Teknologi, Hidupku Menjadi Mudah (2017) yang diterbitkan Kemendikbud.

1. Teknologi sederhana

Teknologi sederhana adalah suatu cara memanfaatkan kemampuan relatif mendasar, tidak terlalu rumit untuk meringankan aktivitas manusia.

Teknologi sederhana ini dapat berupa simplifikasi cara kerja, hingga melalui penggunaan alat dan bahannya. Pada intinya, penggunaan teknologi sederhana berguna memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari.

2. Teknologi modern

Teknologi modern adalah suatu cara memanfaatkan kemampuan yang dirancang sedemikian rupa, serta memiliki kerumitan tertentu. Hasilnya, rancangan teknologi modern mampu bekerja melewati kemampuan manusia itu sendiri.


Jenis-jenis Teknologi


Berdasarkan kegunaannya, teknologi digolongkan menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis teknologi sebagaimana diuraikan dalam Prakarya Aspek Rekayasa (2020) yang ditulis Dadi Ardiansyah

1. Teknologi Peralatan Rumah Tangga

Teknologi peralatan rumah tangga merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan rumah tangga.

Beberapa contoh teknologi peralatan rumah tangga yang ada saat ini adalah lampu, jam dinding, mesin cuci, mesin penghisap debu, kompor gas, kipas angin, dan pemotong rumput.

2. Teknologi Produksi

Teknologi produksi merupakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi atau menghasilkan suatu barang.

Beberapa contoh teknologi produksi yaitu mesin traktor, mesin pemintal benang, mesin penggiling padi, hingga mesin pemotong kayu.

3. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang digunakan manusia untuk berpindah tempat atau bepergian dari dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Contoh teknologi transportasi adalah sepeda motor, kereta api, mobil, kapal laut, dan pesawat terbang.

4. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang digunakan untuk saling bertukar informasi atau pesan. Contoh teknologi komunikasi adalah radio, televisi, telepon, gawai pintar, dan internet.

Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun sarana maupun prasarana untuk kebutuhan manusia.

Berbeda dengan beberapa jenis teknologi lainnya yang sebagian besar berbentuk peralatan, sebagian besar teknologi konstruksi berbentuk ilmu terapan atau ilmu yang digabungkan dengan ilmu-ilmu lain untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.

Hasil akhir teknologi konstruksi ini biasanya berbentuk rumah, jembatan, jalan, rel kereta api, atau sarana-prasarana lainnya.


Baca juga artikel terkait POLITIK atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Politik)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Abdul Hadi

DarkLight