Jadwal Ujian PPPK Guru 2021 Tahap 2 Mundur Jadi 7 Desember 2021

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 2 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021 mundur sehari menjadi 7-10 Desember 2021.
tirto.id - Seleksi Kompetensi II dalam rekrutmen PPPK Guru 2021 dilaksanakan pada 7-10 Desember 2021. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021 ini mundur sehari dari yang tadinya tanggal 6 Desember 2021.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani, melalui akun instagram pribadinya @nunuksuryani. Sementara itu, terkait jadwal dan lokasi segera diumumkan dalam waktu dekat melalui situs Guru PPPK Kemdikbud dan portal SSCASN.

"Ujian kedua akan dilaksanakan tanggal 7 sampai 10 Desember, ya. Segera ada info TUK (Tempat Uji Kompetensi) dan cetak kartu peserta di akunnya (peserta) masing-masing," kata Nunuk

Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021 terbuka untuk peserta PPPK guru yang belum lolos pada Seleksi Kompetensi I, guru non-ASN yang aktif mengajar, dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum memiliki jabatan guru. Masih ada ratusan ribu formasi guru PPPK yang siap diperebutkan dalam Seleksi Kompetensi II dan III.

Mengutip kanal Youtube Kemendikbud RI, pada Seleksi Kompetensi I sebanyak 173.329 formasi telah terpenuhi dari 322.665 formasi yang dilamar. Sisa yang masih bisa diisi pada Seleksi Kompetensi II dan III mencapai sekira 149.336 formasi.

Sementara itu menurut Nunuk, dalam Seleksi Kompetensi II semua peserta dalam berkompetisi sepenuhnya. Peluang untuk bisa lolos setara antara guru induk atau noninduk, lulusan guru PPG, individu yang memiliki sertifikat guru, dan belum mengajar.

"Ujian tahap 2 sudah terbuka berkompetisi seluruhnya dan dilihat nilai tertingginya," terang Nunuk.

Para peserta diharapkan untuk belajar dalam menghadapi seleksi ini. Sebab, peserta sendiri yang menentukan baik buruknya hasil seleksi berdasarkan ujian yang dikerjakan. Informasi terkait rekrutmen PPPK Guru 2021 dapat disimak melalui situs Guru PPPK Kemdikbud dan portal SSCASN

Jadwal lanjutan seleksi PPPK Guru 2021 tahap 2



Berikut ini agenda lanjutan berkenaan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi II dalam rekrutmen PPPK Guru 2021:

- Pengumuman dan Pemilihan Formasi PPPK Guru Tahap II: 15-19 November 2021
- Pengumuman Daftar Peserta, Waktu dan Tempat Seleksi PPPK Guru II: 2 Desember 2021
- Cetak Kartu Peserta Seleksi PPPK Guru II 2-5 Desember 2021
- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II: 7-10 Desember 2021
- Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi II: 16 Desember 2021
- Masa Sanggah II (Masa Pengajuan Sanggah): 17-19 Desember 2021
- Jawaban Sanggah II (Tanggapan Sanggah): 19-25 Desember 2021
- Pengumuman Pasca Masa Sanggah II: 30 Desember 2021

Cara cetak kartu ujian Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021



Saat mengikuti pelaksanaan Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021, para peserta diwajibkan untuk mencetak kartu ujian dan membawa di lokasi. Pencetakan dilakukan melalui akun masing-masing di portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id. Berikut langkah melakukan cetak kartu ujian tersebut:

1. Buka laman web https://sscasn.bkn.go.id/

2. Masukkan NIK dan kata sandi

3. Pada halaman resume, klik “Cetak Kartu Peserta Ujian”

4. Jika sudah, peserta dapat mengunduh dan mencetak kartu ujian.

Sejumlah informasi akan termuat pada lembar kartu ujian. Informasi ini mencakup NIK, tempat dan tanggal lahir, hingga jenis kelamin peserta. Ada pula informasi mengenai instansi yang dituju, nomor peserta, jadwal dan lokasi ujian, serta formasi jabatan yang dilamar peserta.


Baca juga artikel terkait PPPK GURU atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Akbar Mustafa
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight