Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Kab. Asahan Hari Ini 4 April 2022

Reporter: Tim Konten Ramadan, tirto.id - 3 Apr 2022 14:30 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal buka puasa hari ini Kab. Asahan pada 4 April 2022, jadwal imsak, dan jadwal sholat dapat dicek dalam jadwal imsakiyah 2 Ramadan 1443 Tirto.id.
tirto.id - Kapan waktu imsak, buka puasa, dan jadwal sholat di Kab. Asahan pada Senin 4 April 2022 dapat dicek melalui jadwal imsakiyah Ramadhan di Tirto.id.

Umat muslim penting mengetahui jadwal imsak serta waktu subuh supaya aktivitas sahur dapat segera diakhiri saat menjelang terbitnya fajar shodiq. Sebab, waktu ibadah puasa dimulai ketika fajar shodiq telah muncul atau saat waktu subuh datang.

Jadwal Imsakiyah Kab. Asahan Hari Ini 4 April 2022

Bagi umat Muslim Kab. Asahan yang sedang menjalankan ibadah puasa, Tirto.id memberikan informasi tentang jadwal imsak dan jadwal buka puasa di Kab. Asahan.

Berikut adalah jadwal imsak Kab. Asahan:


Jadwal Buka Puasa Kab. Asahan Hari Ini 4 April 2022

Dengan mengetahui jadwal buka puasa di Kab. Asahan, umat Islam diharapkan dapat menyegerakan berbuka, berhenti sejenak dari aktivitas harian, untuk membatalkan puasa.

Berikut adalah jadwal buka puasa Kab. Asahan Hari Ini 4 April 2022:


Jadwal Sholat Kab. Asahan

Tirto.id menyediakan jadwal imsakiyah lengkap, yang meliputi jadwal imsak, sholat subuh, zuhur, asar, maghrib (jadwal buka), dan isya.

Berikut adalah jadwal sholat Kab. Asahan Hari Ini 4 April 2022:


Sebelum mengerjakan puasa, seorang muslim diwajibkan untuk melafalkan niat berpuasa Ramadhan pada malam harinya. Bacaan doa niat puasa Ramadan dan artinya adalah sebagai berikut.

Niat Puasa

Sedangkan bacaan doa niat puasa Ramadan dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin 'an adaai fardi syahri ramadhani hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya, "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu pada bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Ketentuan Sahur

Sahur dianjurkan agar umat muslim dapat mempersiapkan diri untuk lebih kuat saat menjalankan puasa. Oleh sebab itu, sahur yang termasuk sunnah puasa dilaksanakan pada waktu dini hari atau setelah tengah malam. Hal ini sesuai dengan hadist berikut:

“Dari Abu Dzar: Rasulullah SAW bersabda: tidak akan hilang sifat kebaikan pada diri manusia, selama ia mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa" (HR Ahmad).

Dengan demikian, aktivitas sahur dianjurkan dari tengah malam sampai terbit fajar shadiq atau waktu subuh. Jadwal imsak dipatok beberapa menit sebelum waktu subuh agar umat Islam lebih berhati-hati dan segera mengakhiri aktivitas sahur untuk bersiap menjalankan puasa.

Ceramah Singkat Ramadhan

Untuk mengisi waktu selama Ramadan 1443 H sekaligus memperdalam khasanah keagamaan kita, berikut ini Tirto.id menampilkan khasanah keislaman tentang Kisah Abu Bakar As-Siddiq: Kekasih Rasulullah dan Khalifah Pertama.

Banyak kisah perjalanan hidup sahabat Rasulullah saw. yang dapat menjadi inspirasi umat Islam. Salah satunya adalah Abu Bakar ash-Shiddiq, sosok yang menemani Nabi ketika hijrah dari Makkah ke Madinah sekaligus orang yang ditunjuk sebagai khalifah setelah Rasulullah meninggal. Gelar ash-Shiddiq yang melekat pada Abu Bakar bermakna "yang membenarkan". Ini terkait peristiwa Isra dan Mikraj yang dialami Nabi Muhammad saw. Dalam waktu 1 malam, Rasulullah diperjalankan dari Ka'bah ke Baitul Maqdis di Palestina, lantas dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha. Ketika berita soal Isra dan Mikraj Rasulullah itu beredar di sekitar masyarakat Makkah, kaum kafir Quraisy merasa punya kesempatan menjatuhkan nama Nabi. Bagi mereka, mustahil seseorang pada masa tersebut dapat berpindah tempat lebih dari 1.200 kilometer cuma dalam semalam. Namun, Abu Bakar menegaskan, peristiwa itu benar adanya. Keimanannya tidak luntur sedikit pun, bahkan semakin kuat.

Takjil Buka Puasa Ramadhan Khas Kab. Asahan

Untuk berbuka puasa, terdapat berbagai menu takjil yang dapat disantap. Takjil dapat berupa makanan ringan hingga makanan berat. Setelah seharian menahan lapar dan haus, variasi menu takjil setiap hari, akan membuat suasana berbuka lebih spesial.

Berikut adalah kuliner khas Kab. Asahan: Anyang Pakis, Miso Asahan, Sayur Gurih Tauco, Ikan Bakar Asahan, Sate Kerang

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Tim Konten Ramadan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Tim Konten Ramadan
Penulis: Tim Konten Ramadan
Editor: Tim Konten Ramadan

DarkLight