Gunung Merapi Luncurkan Lava Sejauh 300 Meter, Minggu Malam

Oleh: Agung DH - 17 Desember 2018
Gunung Merapi mengeluarkan lava sejauh 300 meter.
tirto.id - Gunung Merapi Yogyakarta meluncurkan lava pijar sejauh 300 meter ke arah hulu Kali Gendong pada Minggu (16/12/2018) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun Twitter resmi menyatakan bahwa "intensitas guguran masih rendah".

Meski demikian BPPTKG merokemendasikan kepada masyarakat tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

Selain itu, masyarakat di Kawasan Rawan Bencana III dihimbau utk terus mengikuti informasi pertumbuhan kubah dan guguran lava.

"Radius 3 km dari puncak G.Merapi agar dikosongkan dari aktifitas penduduk," demikian penjelasan BPPTKG.

Sebelumnya, pada Rabu (12/12) malam saat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang Yogyakarta, menyatakan bahwa hingga awal Januari 2019 diperkirakan tidak ada erupsi yang besar pada Gunung Merapi. Namun, erupsi-erupsi kecil diperkirakan masih tetap akan terjadi.

"Potensi mungkin sampai awal Januari 2019 untuk adanya erupsi besar itu sepertinya enggak. Kalau toh ada itu hanya guguran lava. Jadi muntah saja, muntah dari kawah yang agak penuh," kata Jonan.

Hingga saat ini, menurut Jonan, pertumbuhan lava perhari mencapai sekitar 3.400 meter kubik, sedangkan volume kubah lava mencapai 357.000 meter kubik.

"Jadi suatu saat [lava] ya tumpah. Karena ada sudetan, tumpahannya itu ke arah tenggara, ke arah Kali Gendol [...] Kalau untuk meletus besar, dari analisa kami, dari sejarah letusan sebelumnya, mestinya enggak," ujarnya.

Baca juga artikel terkait GUNUNG MERAPI atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH