Daftar Makanan Pemberi Energi Lebih Buat Tubuh, Termasuk Pisang

Oleh: Dede Mudopar - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa jenis makanan yang bisa memberikan suplai energi lebih banyak untuk tubuh, seperti pisang, ubi jalar, dan lain sebagainya.
tirto.id - Aktivitas keseharian yang padat begitu menguras banyak energi tubuh sehingga tidak jarang bisa memicu lelah. Salah satu cara membuat tubuh tidak mudah lelah adalah mengatur pola konsumsi makanan dan minuman.

Energi tubuh manusia bersumber dari makanan yang dikonsumsi. Semua makanan memang bisa menghasilkan energi dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun, kadarnya tidak sama.

Beberapa jenis makanan dan minuman mengandung nutrisi yang lebih dapat meningkatkan energi serta menjaga fokus sepanjang hari. Mengonsumsi makanan-makanan itu bermanfaat memompa energi dan meningkatkan kemampuan fokus secara stabil.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah daftar makanan yang dapat memberikan energi lebih untuk tubuh.

Pisang

Selain menyehatkan jantung, dikarenakan kalium yang terkandung di dalam pisang, buah ini juga berperan penting dalam menghasilkan energi dalam tubuh. Pisang menjadi sumber karbohidrat kompleks dan vitamin B6 yang sangat baik serta dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna merupakan sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik. Vitamin B12 yang terkandung dalam ikan bekerja dengan folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di dalam tubuh. Kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

Beras Merah

Beras merah mengandung nilai gizi dalam bentuk serat, vitamin, dan mineral. Dalam 50 gram beras merah terkandung 2 gram serat dan menyediakan sebagian besar dari asupan harian.

Mineral yang terkandung di dalamnya membantu enzim memecah karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi. Selain itu, beras merah dapat mengatur kadar gula darah dan meningkatkan tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

Ubi jalar

Ubi jalar juga termasuk dalam daftar makanan yang dapat memberikan energi lebih pada tubuh. Kandungan karbohidrat kompleks dalam ubi jalar bisa dicerna dengan lambat dalam tubuh, dan dengan begitu dapat memberikan pasokan energi yang stabil.

Kopi

Minuman legendaris yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ini menjadi salah satu penambah energi tubuh. Kandungan kafein pada kopi dapat dengan cepat melewati aliran darah ke otak dan menghambat aktivitas adenosin, neurotransmitter yang menenangkan sistem saraf pusat sehingga produksi epinefrin (hormon yang menstimulasi tubuh dan otak) meningkat dan efek stimulasinya dapat membuat seseorang merasa waspada dan fokus.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang juga bisa menyuplai energi yang stabil dan berkelanjutan, bagi tubuh. Kandungan leusin merupakan asam amino paling melimpah dalam telur dan dapat merangsang produksi energi.

Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B yang membantu enzim menjalankan perannya dalam proses memecah makanan menjadi energi.

Apel

Buah yang satu ini merupakan sumber karbohidrat, gula dan serat yang baik. Gula dan serat alami di apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada apel dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga dapat melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam punya kandungan kakao lebih tinggi daripada cokelat biasa atau cokelat susu. Unsur antioksidan dalam kakao memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh yang dapat membantu pengiriman oksigen ke otak dan otot, serta meningkatkan fungsinya. Peningkatan aliran darah yang dipicu oleh unsur antioksidan dari kakao bisa membantu mengurangi kelelahan mental dan memperbaiki suasana hati.


Baca juga artikel terkait GIZI MAKANAN atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight