Manfaat Pisang: Sehatkan Jantung hingga Memperbaiki Suasana Hati

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum, tirto.id - 22 Jan 2020 15:23 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pisang memiliki kandungan triptofan tinggi yang akan diubah tubuh menjadi serotonin ke otak dan dapat meningkatkan suasana hati.
tirto.id - Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Mulai dikonsumsi secara langsung, diolah dengan digoreng, dijadikan kolak atau bahkan dijadikan toping bagi makanan lain seperti pancake atau oatmeal.

Buah pisang yang memiliki rasa manis mengandung banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita. Memilih mengonsumsi jenis pisang yang sudah matang menjadi pilihan yang baik.

Pisang yang matang dengan kondisi kulit yang masih berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning, akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, sementara pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang berukuran sedang menurut Medical News Today mulai dari energi (kalori), karbohidrat, serat, protein, magnesium, fosfor, kalium, selenium, kolin, vitamin C, folat, beta karoten, dan alpha karoten.

Banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang sekaligus memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita mulai dari kesehatan pencernaan, hingga mampu dijadikan metode penurunan berat badan. Manfaat lain yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi pisang menurut Healthline yaitu,

1. Menjaga gula darah

Buah pisang dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita. Kandungan yang bekerja untuk menjaga kadar gula darah yang terdapat pada pisang yaitu serat pektin dan pati resisten yang dapat memoderasi dan menjaga kadar gula darah.

Sebab setelah kita mengonsumsinya mampu mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung Anda.

Namun, bagi penderita diabetes tipe 2 harus mengurangi mengonsumsi buah pisang karena buah pisang yang matang memiliki nilai GI yang tinggi sekitar 60 dan justru akan meningkatkan gula darah.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kalium yang terdapat pada pisang merupakan jenis mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung terutama untuk mengontrol tekanan darah.

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat sejatinya memilihi manfaat yang baik untuk jantung. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kedua penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).

3. Meningkatkan sensitivitas insulin

Jenis pisang yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin merupakan jenis pisang mentah. Pisang mentah merupakan sumber pati resisten yang baik. Karena itu, mereka dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Beberapa penelitian menghasilkan bahwa 15-30 gram pati resisten per hari yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 33-50 persen hanya dalam waktu empat minggu.

4. Meningkatkan kesehatan ginjal

Kalium sangat penting untuk kontrol tekanan darah dan fungsi ginjal supaya tetap dalam kondisi sehat. Pisang diyakini sebagai sumber makanan yang memiliki kandungan kalium yang baik.

Salah satu studi yang dilakukan terhadap perempuan menghasilkan bahwa mereka yang mengonsumsi pisang 2–3 kali per minggu akan membuat seseorang memiliki risiko terkena penyakit ginjal.

Studi lain mencatat bahwa mereka yang makan pisang 4-6 kali seminggu hampir 50 persen lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit ginjal daripada mereka yang tidak memakan buah pisang.

5. Memiliki manfaat untuk olahraga

Buah pisang sering kali kita lihat sebagai makanan yang dikonsumsi bagi para atlet. Hal itu dikarenakan mengonsumsi pisang dapat mengembalikan energi yang dibutuhkan karena penyerapan serat yang cepat oleh tubuh. Selain itu, mengonsumsi pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot.

6. Memperbaiki suasana hati dan membuat nyaman

Pisang memiliki kandungan triptofan tinggi yang akan diubah tubuh menjadi serotonin ke otak dan dapat meningkatkan suasana hati. Triptofan ini juga merangsang seseorang untuk dapat tertidur.

Selain itu, pisang memiliki pati resisten dan pektin yang bila dikonsumsi dapat memberi efek pengurangan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang dan nyaman setelah mengonsumsinya.


Baca juga artikel terkait PISANG atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight