tirto.id - Contoh soal UP PPG PKN Kemenag dapat dikerjakan oleh peserta sebagai bentuk latihan di rumah. Pasalnya, salah satu mata pelajaran yang diuji dalam Seleksi Akademik PPG Madrasah yakni guru bidang PKN atau PPKN (Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan).
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk guru madrasah dari Kemenag digelar untuk para pendidik yang belum memiliki sertifikat pengajar. Guru lulusan D4 atau S1 yang namanya terdaftar di SIMPATIKA bisa mengikuti ujian tersebut.
Adapun Uji Pengetahuan (UP) adalah salah satu tahapan dalam program UKMPPG Kemenag yang diselenggarakan pada akhir kegiatan. Jadi, soal UP berbeda dengan soal pretest PKN PPG Kemenag, sebab pelaksanaanpretest dilakukan di awal seleksi sebelum masuk program PPG.
Kisi-Kisi Soal Uji Pengetahuan UKMPPG Guru PPKN Kemenag
Kisi-kisi soal PPG Kemenag mapel PPKN tahun 2025 belum dibagikan oleh Kemdikbud. Akan tetapi, terdapat kisi-kisi Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2024 yang dapat dibaca sebelum mengikuti tes.
Secara khusus kisi-kisi PPG guru PKN Kemenag bisa dilihat dan diunduh melalui tautan berikut. Klik di bawah ini agar mendapatkan gambaran tentang soal UP PKN PPG Kemenag.
Link Kisi-Kisi Soal Uji Pengetahuan PPG Guru PPKN Kemenag
Kumpulan Soal Uji Pengetahuan UP Guru PKN Kemenag dan Jawabannya
Adapun sejumlah contoh soal UP PPG PKN Kemenag lengkap dengan jawabannya yakni sebagai berikut.
1. Hubungan antara manusia dengan Tuhan yang bersifat pribadi dan spiritual disebut hubungan …
A. Horizontal
B. Emosional
C. Vertikal
D. Sosial
E. Rasional
Jawaban: C
2. Dalam masyarakat majemuk seperti Indonesia, menjaga persatuan bisa dilakukan dengan …
A. Menghargai dan menghormati perbedaan yang ada
B. Menjaga kesatuan lewat aturan pemerintah
C. Fokus pada pertumbuhan ekonomi
D. Menghindari penggunaan media sosial berlebihan
E. Menjalankan kehidupan serba modern
Jawaban: A
3. Indikator pencapaian kompetensi: "Menunjukkan tanggung jawab terhadap dampak kemajuan IPTEK dalam kebhinekaan." Instrumen penilaiannya adalah...
A. Penilaian teman terkait keakuratan informasi yang dibagikan siswa di media sosial.
B. Susun tabel tentang dampak positif dan negatif IPTEK dalam konteks kebhinekaan.
C. Pernyataan Benar/Salah: Kemajuan IPTEK memunculkan banyak pekerjaan baru.
D. Pernyataan Benar/Salah: Inovasi teknologi nirkabel memungkinkan informasi menyebar luas secara cepat.
E. Sebutkan dampak IPTEK terhadap prinsip Bhinneka Tunggal Ika.
Jawaban: D
4. Salah satu bentuk tanggung jawab guru dalam menjaga kelestarian lingkungan sosial budaya bangsa adalah...
A. Menganjurkan siswa meniru budaya asing secara total
B. Memaksa siswa belajar tentang budaya lain
C. Mendorong siswa melestarikan budaya daerah setempat
D. Membatasi siswa bersosialisasi dengan komunitas luar
E. Menghapuskan kegiatan seni tradisional di sekolah
Jawaban: C
5. Salah satu kontribusi masyarakat dalam mendukung penegakan HAM adalah …
A. Menyuarakan aspirasi lewat unjuk rasa damai
B. Menyusun petisi tentang pelanggaran HAM
C. Memberikan kritik terhadap aparat yang lalai
D. Mempelajari hak dan kewajiban asasi sebagai warga negara
E. Membentuk kelompok advokasi HAM
Jawaban: D
6. Dalam menghadapi peserta didik dari latar belakang budaya yang beragam, tindakan guru yang paling mencerminkan prinsip inklusivitas adalah...
A. Menyesuaikan materi hanya dengan budaya mayoritas di kelas
B. Menghindari pembahasan budaya untuk menjaga netralitas
C. Menyisipkan contoh-contoh lokal sesuai asal siswa terbanyak
D. Menggunakan pendekatan tematik yang mengakomodasi keragaman siswa
E. Menyerahkan pemahaman budaya kepada mata pelajaran lain
Jawaban: D
7. Contoh penerapan hukum yang menunjukkan perlindungan hak warga negara adalah...
A. Menghadirkan pengacara saat proses penyidikan.
B. Penangkapan pelaku ujaran kebencian di media sosial.
C. Penangkapan aparat yang terlibat dalam kasus korupsi.
D. Pemerintah mengatur harga BBM agar merata.
E. Penggunaan TNI untuk menangani terorisme.
Jawaban: C
8. Kemajuan teknologi menciptakan tantangan baru bagi integrasi nasional. Contoh yang bisa mengganggu keharmonisan masyarakat yaitu …
A. Belanja daring
B. Berita bohong atau hoaks
C. Aplikasi perbankan
D. Surat elektronik (email)
E. Transportasi digital
Jawaban: B
9. Dalam konteks kemajuan teknologi dan pembelajaran berbasis digital, etika profesional guru terutama ditunjukkan dengan cara...
A. Memanfaatkan semua teknologi terbaru yang tersedia
B. Menghindari interaksi digital agar tidak disalahgunakan
C. Memastikan validitas dan integritas konten digital yang digunakan
D. Memberikan kebebasan penuh kepada siswa mengakses informasi
E. Menekankan penggunaan media sosial sebagai bagian utama pembelajaran
Jawaban: C
10. Seorang guru PPKn memberikan ruang diskusi terbuka tentang isu-isu aktual kebangsaan. Pendekatan ini mencerminkan...
A. Penerapan metode ceramah interaktif
B. Penerapan komunikasi satu arah yang efektif
C. Penguatan pola pikir reflektif dan kebebasan berpikir kritis
D. Dominasi nilai-nilai kebudayaan lokal
E. Penekanan pada nilai keseragaman dalam berpikir
Jawaban: C
11. Contoh sikap di sekolah yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam menjaga NKRI adalah...
A. Mengelompokkan siswa berdasarkan nilai.
B. Menyanyikan lagu kebangsaan secara rutin.
C. Melarang siswa membawa HP ke sekolah.
D. Memakai seragam sesuai peraturan.
E. Belajar kelompok sesuai suku.
Jawaban: B
12. Ketika seorang guru konsisten memberikan sanksi dan penghargaan berdasarkan tata tertib tanpa memandang latar belakang siswa, hal itu menunjukkan penerapan...
A. Pengawasan ketat terhadap proses belajar
B. Disiplin prosedural yang mengutamakan formalitas
C. Tegaknya keadilan distributif dalam lingkungan pendidikan
D. Kepatuhan administratif terhadap peraturan sekolah
E. Sikap konformitas terhadap nilai-nilai komunitas
Jawaban: C
13. Sikap guru yang rela mengorbankan waktu pribadi untuk membimbing siswa dalam kegiatan lomba di luar jam sekolah lebih tepat dikategorikan sebagai bentuk...
A. Komitmen terhadap evaluasi pembelajaran
B. Upaya memulihkan relasi sosial dengan siswa
C. Implementasi pendidikan berbasis proyek
D. Aktualisasi nilai patriotisme dalam praktik edukatif
E. Strategi meningkatkan pencitraan profesional
Jawaban: D
14. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran PPKn yang mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik seharusnya didasarkan pada prinsip...
A. Efisiensi waktu dan kemudahan akses
B. Dominasi sumber belajar visual
C. Integrasi konten, pedagogik, dan teknologi secara holistik
D. Ketergantungan terhadap perangkat digital
E. Penyederhanaan materi yang kompleks
Jawaban: C
15. Manfaat utama internet dalam pembelajaran PPKn di sekolah adalah...
A. Membuat siswa tidak bosan saat belajar.
B. Guru tidak perlu menerangkan materi.
C. Pembelajaran individu jadi lebih praktis.
D. Membantu siswa mengakses informasi pendukung belajar.
E. Bisa digunakan sambil bermain game.
Jawaban: D
16. Kedudukan UUD Tahun 1945 dalam sistem hukum Indonesia adalah sebagai...
A. Dasar ideal sistem hukum nasional.
B. Pedoman nilai dalam pembuatan hukum.
C. Sumber hukum tertinggi di Indonesia.
D. Landasan aturan organisasi masyarakat.
E. Peraturan tertulis yang sejajar dengan undang-undang.
Jawaban: C
17. Menurut Hans Kohn, nasionalisme adalah sebuah paham yang menekankan bahwa ...
A. Individu wajib loyal pada daerah asalnya
B. Individu memberikan kesetiaan penuh kepada negara atau bangsanya
C. Kesetiaan masyarakat hanya pada kelompok lokalnya
D. Pengabdian utama seseorang ditujukan untuk pemerintah daerah
E. Tokoh masyarakat mengutamakan rakyatnya
Jawaban: B
18. Nilai Pancasila disebut bersifat subjektif karena …
A. Memuat aturan dasar negara yang tetap
B. Berasal dari pandangan hidup bangsa Indonesia
C. Diambil dari konstitusi tertulis
D. Menjadi dasar hukum tertinggi
E. Diakui secara global sebagai nilai universal
Jawaban: B
19. Hambatan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang berkaitan dengan kondisi saat ini adalah …
A. Perbedaan alokasi dana pembangunan antar wilayah
B. Pembangunan infrastruktur lebih cepat di Pulau Jawa dibanding luar Jawa
C. Kurangnya transparansi pemilihan umum
D. Masih banyak warga tidak menggunakan teknologi
E. Pemerintah pusat yang terlalu dominan
Jawaban: B
20. Ciri utama HAM adalah...
A. Tidak bisa dipisahkan dari manusia.
B. Hanya berlaku di negara demokrasi.
C. Tergantung dari kebijakan pemerintah.
D. Diatur dalam undang-undang saja.
E. Berlaku hanya di tingkat internasional.
Jawaban: A
21. Dalam proses pembelajaran, guru menunjukkan sikap berani menegur tindakan intoleran antarsiswa meski menimbulkan ketegangan di kelas. Tindakan guru tersebut merupakan cerminan dari...
A. Netralitas profesional dalam interaksi kelas
B. Pemeliharaan keharmonisan sosial jangka pendek
C. Tegaknya prinsip ketegasan berlandaskan nilai kebangsaan
D. Strategi adaptif dalam menghindari konflik terbuka
E. Penekanan pada loyalitas siswa terhadap peraturan sekolah
Jawaban: C
22. Ketika guru menggunakan prinsip “pembelajaran sebagai tradisi sosial”, maka pendekatan yang paling sesuai adalah...
A. Ceramah satu arah dengan evaluasi akhir tertulis
B. Pemberian tugas individu dengan fokus kognitif
C. Diskusi kelompok dan studi kasus berbasis kehidupan nyata
D. Latihan soal-soal untuk penguatan logika
E. Penggunaan modul daring untuk pembelajaran mandiri
Jawaban: C
23. Pentingnya pengakuan dan penghormatan HAM dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan pengamalan sila...
A. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
B. Persatuan Indonesia.
C. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan.
E. Ketuhanan Yang Maha Esa.
Jawaban: C
24. Pernyataan yang paling tepat mengenai peran guru sebagai fasilitator pendidikan karakter berbasis Pancasila adalah...
A. Guru bertanggung jawab menyampaikan seluruh materi ideologi negara
B. Guru harus membentuk peserta didik yang taat secara formal kepada Pancasila
C. Guru perlu menumbuhkan kesadaran nilai Pancasila melalui keteladanan dan dialog
D. Guru cukup memberikan contoh-contoh historis tentang Pancasila
E. Guru wajib menekankan hafalan nilai-nilai sila-sila Pancasila
Jawaban: C
25. Inti dari pemahaman multikulturalisme adalah …
A. Menekankan pentingnya kesetaraan sosial
B. Menerima dan menghormati perbedaan budaya
C. Mengakui keunggulan mayoritas
D. Meminimalkan konflik dalam keberagaman
E. Mendorong terbentuknya masyarakat yang seragam
Jawaban: B
26. Kejahatan yang ditujukan untuk menghancurkan suatu kelompok ras, etnis, atau agama secara sistematis disebut...
A. Genosida
B. Kejahatan kemanusiaan
C. Terorisme
D. Agresi
E. Kejahatan perang
Jawaban: A
27. Hak terdakwa untuk memperoleh bantuan pengacara merupakan contoh hak...
A. Hak ekonomi
B. Hak hukum
C. Hak prosedural
D. Hak sosial
E. Hak politik
Jawaban: C
28. Salah satu bentuk tindakan guru yang mencerminkan "kesepenuhhatian" dalam pembelajaran adalah...
A. Menyelesaikan tugas mengajar tepat waktu
B. Memberikan nilai dengan cepat agar siswa tidak menunggu
C. Mengembangkan pembelajaran berdasar empati terhadap kondisi siswa
D. Menuntut hasil terbaik dari siswa tanpa mempertimbangkan latar belakang
E. Fokus pada penyampaian materi daripada suasana emosional kelas
Jawaban: C
29. Salah satu hal penting yang mendorong terbentuknya integrasi nasional adalah …
A. Meningkatnya kerja sama dalam pemilihan umum
B. Adanya komunikasi yang intens antarwarga negara
C. Pemerataan pembangunan desa
D. Peran aktif warga dalam pembangunan daerah
E. Penyaringan budaya asing yang masuk
Jawaban: B
30. Menurut Soerjono Soekanto, norma merupakan aturan yang …
A. Menjadi dasar hukum suatu negara
B. Mengatur hubungan dalam masyarakat agar harmonis
C. Mengikat secara hukum dan adat
D. Mengendalikan perilaku individu secara paksa
E. Menentukan siapa yang layak dihormati
Jawaban: B
31. Penegakan HAM perlu diutamakan karena...
A. Menjadi amanat dari Pancasila.
B. Merupakan ciri negara demokrasi.
C. Diatur dalam perundang-undangan.
D. Menjadi kebijakan pemerintah pusat.
E. Dijamin dalam konstitusi negara.
Jawaban: E
32. Contoh lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam penegakan hak asasi manusia adalah …
A. Komisi Perlindungan Anak Nasional (KPAI)
B. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
C. Kontras – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan
D. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM)
E. Komite Nasional Perlindungan Perempuan
Jawaban: C
33. Ketika guru mendorong peserta didik untuk mengkaji kasus pelanggaran hukum yang sedang hangat dan mengaitkannya dengan nilai-nilai keadilan sosial, guru tersebut sedang menerapkan pendekatan...
A. Reflektif berbasis teks undang-undang
B. Eksploratif berbasis realitas kontekstual
C. Deduktif berdasarkan prinsip-prinsip moral
D. Normatif berbasis struktur hukum nasional
E. Evaluatif terhadap nilai historis masa lalu
Jawaban: B
34. Sikap fanatik terhadap kelompok sendiri dan merendahkan kelompok lain disebut …
A. Primordialisme
B. Etnosentrisme
C. Chauvinisme
D. Sukuisme
E. Separatisme
Jawaban: C
35. Seorang guru menyusun perangkat pembelajaran PPKn dengan memperhatikan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara seimbang. Langkah ini mencerminkan...
A. Integrasi antara kurikulum nasional dan lokal
B. Penekanan pada hasil akhir pembelajaran
C. Orientasi pembelajaran berbasis penilaian kognitif
D. Implementasi pembelajaran holistik dan transformatif
E. Penerapan metode klasikal yang konsisten
Jawaban: D
36. Upaya guru mengaitkan peristiwa internasional, seperti konflik global, dengan pentingnya persatuan dalam konteks Indonesia merupakan contoh dari...
A. Pembelajaran berbasis literasi global
B. Nasionalisme ekstrem berbasis ancaman luar
C. Penguatan sikap individual terhadap bangsa
D. Pelibatan peserta didik dalam politik praktis
E. Strategi memindahkan fokus dari isu lokal
Jawaban: A
37. Salah satu langkah negara menghadapi ancaman ideologi akibat kemudahan akses informasi di era teknologi yaitu …
A. Menerapkan aturan ketat tentang organisasi masyarakat
B. Menguatkan pendidikan karakter lewat kebijakan presiden
C. Menangkap pelaku yang diduga terlibat terorisme
D. Membentuk tim pengkaji budaya asing
E. Menyusun undang-undang larangan menyebar paham radikal
Jawaban: C
38. Fungsi gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di provinsi menandakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan sistem …
A. Federal
B. Unitaris atau kesatuan
C. Presidensial
D. Liberal
E. Parlementer
Jawaban: B
39. Sikap seorang siswa dalam mencegah tindakan perundungan sebagai bagian dari perlindungan HAM adalah …
A. Mengikuti seminar tentang bullying
B. Menulis artikel tentang bullying di media sosial
C. Melaporkan insiden perundungan kepada guru atau pihak berwenang
D. Membuat komunitas anti-bullying di sekolah
E. Mengusulkan regulasi khusus ke pemerintah
Jawaban: C
40. Ketika guru mengembangkan perangkat ajar menggunakan pendekatan TPACK, maka yang dimaksud adalah...
A. Teknologi disisipkan untuk meningkatkan daya tarik semata
B. Pembelajaran berorientasi teknis tanpa mempertimbangkan isi
C. Integrasi antara pedagogi, konten materi, dan teknologi secara strategis
D. Penggabungan media digital untuk efisiensi waktu
E. Mengurangi peran guru dalam proses pembelajaran
Jawaban: C
41. Guru yang mendorong peserta didik menyampaikan argumen dalam diskusi kelas tentang toleransi dan perbedaan, menunjukkan praktik pendidikan karakter yang didasarkan pada...
A. Otoritas guru sebagai teladan utama
B. Prinsip indoktrinasi nilai secara langsung
C. Pendekatan monologis yang menekankan hafalan
D. Proses dialogis dan internalisasi nilai
E. Penerapan peraturan sekolah yang ketat
Jawaban: D
42. Dalam proses pembelajaran, guru menolak memberikan informasi yang mutlak benar tanpa membuka ruang pertanyaan dari siswa. Pendekatan ini menunjukkan bahwa guru...
A. Menekankan pentingnya efektivitas waktu belajar
B. Menghindari dominasi guru dalam proses transfer ilmu
C. Menilai semua informasi sebagai relatif dan spekulatif
D. Tidak yakin dengan kompetensi dirinya
E. Lebih mengutamakan pembelajaran berbasis hafalan
Jawaban: B
43. Penggunaan media digital dalam pembelajaran PPKn harus mempertimbangkan aspek berikut, agar tidak hanya menjadi alat bantu visual semata, kecuali...
A. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
B. Kemampuan membentuk karakter peserta didik
C. Keterpaduan dengan materi dan metode pembelajaran
D. Kemudahan akses dan potensi interaktivitas
E. Popularitas platform yang digunakan siswa
Jawaban: E
44. Ketika guru menyusun rancangan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan peserta didik berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif (4C), maka prinsip yang paling tepat untuk diterapkan adalah...
A. Pembelajaran berpusat pada guru dengan instruksi eksplisit
B. Penilaian akhir sebagai satu-satunya tolok ukur keberhasilan
C. Pemberian materi padat agar siswa cepat memahami
D. Pembelajaran partisipatif dengan aktivitas bermakna
E. Fokus pada pencapaian nilai kognitif secara maksimal
Jawaban: D
45. Guru PPKn mengajak peserta didik membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain melalui proyek kelompok. Kegiatan ini paling sesuai dengan model pembelajaran...
A. Discovery Learning yang berfokus pada eksplorasi mandiri
B. Direct Instruction yang menekankan instruksi terstruktur
C. Project Based Learning yang menekankan kolaborasi dan pemecahan masalah
D. Drill and Practice untuk penguatan konsep-konsep dasar
E. Problem Solving yang menitikberatkan pada simulasi konflik
Jawaban: C
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Nisa Hayyu Rahmia & Nisa Hayyu Rahmia