Cara Mengecek Akreditasi Universitas dan Prodi di Situs BAN-PT

Oleh: Cicik Novita - 10 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengecek akreditasi program studi dan perguruan tinggi bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi BAN-PT.
tirto.id - Calon mahasiswa baru yang hendak mendaftar masuk perguruan tinggi dapat mengecek akreditasi universitas maupun program studi (prodi) pilihannya melalui situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ada beberapa alasan mengapa akreditasi adalah hal yang penting dipertimbangkan ketika mencari tempat kuliah, selain juga jenis jurusan yang hendak diambil dan beberapa hal lainnya.

Mengenai pengertian akreditasi dapat dilihat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Berdasarkan Pemendikbud itu, akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi (prodi) dan perguruan tinggi.

Akreditasi Prodi merupakan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi. Demikian pula akreditasi Perguruan Tinggi, digunakan untuk menilai kelayakan lembaga pendidikan tinggi.

Merujuk kepada Permendikbud yang sama, akreditasi berfungsi sebagai sistem penjaminan mutu eksternal untuk pendidikan tinggi. Adapun tujuan pemberlakuan akreditasi setidaknya ada dua.

Pertama, menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Kedua, menjamin mutu prodi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan Masyarakat.

Dengan mengetahui akreditasi perguruan tinggi yang dituju, calon mahasiswa dapat mengetahui mutu dari lembaga pendidikan tersebut, termasuk semua komponen yang ada di dalamnya seperti dosen, fasilitas belajar, kualitas sarana dan prasarana, hingga rekam jejak alumni.

Selain itu, dengan ada akreditasi, pemerintah bisa menetapkan standardisasi dan menjamin mutu lulusan suatu lembaga pendidikan tinggi.

Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi

BAN-PT adalah lembaga resmi pemerintah yang bertugas melakukan proses penentuan akreditasi prodi maupun perguruan tinggi. Kewenangan BAN-PT itu beralaskan ketentuan di dalam Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 28 Tahun 2005.

Umumnya lembaga pendidikan melakukan proses akreditasi ke BAN-PT setiap 5 tahun sekali.Jika tidak diperbarui sesuai tenggatnya, status akreditasi akan dinyatakan kedaluwarsa.

Oleh karena itu, situs resmi BAN-PT secara rutin memperbarui data akreditasi prodi dan perguruan tinggi, yang dinilai telah memenuhi persyaratan.

Berikut tata cara untuk melakukan pengecekan akreditasi prodi dan perguruan tinggi (institusi) di laman resmi BAN-PT:

  • Buka laman www.banpt.or.id
  • Sorot kursor ke menu DATA AKREDITASI
  • Sorot kursor ke sub menu PENCARIAN DATA AKREDITASI (Histori), lalu Klik menu itu.
  • Akan muncul kolom bertuliskan Perguruan Tinggi, isi nama perguruan tinggi yang dituju.
  • Lalu, data akan otomatis menunjukkan akreditasi perguruan tinggi tersebut.
  • Di kolom Program Studi, isi prodi yang dituju, dan data akan menunjukkan akreditasinya.
  • Jika masih ingin mencari akreditasi perguruan tinggi lainnya, hapus nama perguruan tinggi atau prodi yang sebelumnya dituliskan, lalu ganti dengan yang lain.

Apabila hendak mencermati akreditasi perguruan tinggi maupun prodi secara umum, bisa dengan mengklik menu Institusi (Terkini) atau Program Studi (Terkini). Setelah itu akan muncul tabel yang berisi daftar prodi dan perguruan tinggi di Indonesia beserta nilai akreditasinya.


Baca juga artikel terkait AKREDITASI atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Addi M Idhom
DarkLight