tirto.id - Proses daftar ulang USU jalur SNBP 2024 dilakukan dengan cara pengisian data pokok dan unggah berkas mulai tanggal 28 Maret 2024 hingga 5 April 2024.
Mahasiswa yang telah lulus seleksi SNBP 2024 bisa melakukan proses daftar ulang ke PTN tujuan, salah satunya USU (Universitas Sumatera Utara).
SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Ini merupakan salah satu jalur SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) berbasis prestasi akademik, maupun non akademik.
Salah satu cara seleksi SNBP adalah dengan menggunakan nilai rapor, maupun ujian tertulis yang diadakan oleh setiap perguruan tinggi.
Hasil pengumuman SNBP sendiri sudah diumumkan secara daring pada 26 Maret 2024 yang lalu. Untuk melihat hasil lengkap SNBP, Anda bisa menyimaknya pada pada portal resmi SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
Persyaratan Daftar Ulang USU Jalur SNBP 2024
Proses pendaftaran ulang USU jalur SNBP 2024 dilakukan dengan cara pengisian data pokok dan unggah berkas.
Proses ini bisa dilakukan secara online melalui website https://registrasi.usu.ac.id. Anda bisa melakukan proses ini mulai tanggal 28 Maret 2024 hingga 5 April 2024.
Peserta yang diterima SNBP USU juga wajib melakukan registrasi dan mengisi data kelengkapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara online.
Pengisian data kelengkapan UKT baru dapat dilakukan, setelah calon mahasiswa mengisi data pokok dan mensubmitnya pada laman https://registrasi.usu.ac.id. Untuk pengisian data UKT dan unggah berkas kelengkapan UKT dapat dilakukan melalui laman https://uktdatareg.usu.ac.id pada tanggal yang sudah ditentukan.
Sebagai informasi, seperti dilansir dari Antara News, USU (Universitas Sumatera Utara) menerima sebanyak 2.244 calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP. Pada penerimaan mahasiswa baru kali ini, USU menempati peringkat ke-4 jumlah pendaftaran terbanyak jalur SNBP se Indonesia, atau sekitar 31.351 orang.
Tata Cara Pendaftaran Ulang Universitas Sumatera Utara Jalur SNBP 2024
Berikut ini adalah tata cara daftar ulang USU jalur SNBP 2024:
I. Registrasi dan Pengisian UKT
1. Pengisian data pokok dan unggah berkas dilakukan melalui laman https://registrasi.usu.ac.id mulai tanggal : 28 Maret s/d 05 April 2024.
Berkas yang diunggah adalah:
- Pasfoto latar belakang putih dengan dimensi 400 x 600 piksel (maksimum 1 MB);
- Kartu tanda peserta SNBP asli tahun 2024;
- Surat Pernyataan P1, P2 dan P3 asli yang telah diisi dengan lengkap dan benar, ditempel materai Rp10.000,- dan telah ditandatangani;
- Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Raport semester akhir yang telah dilegalisir dan ditempel pasfoto yang bersangkutan;
- Kartu Keluarga (KK);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Tanda Siswa (KTS);
- Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) (Khusus bagi calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah).
2. Pengisian data kelengkapan UKT
Pengisian data kelengkapan UKT dapat dilakukan setelah pengisian data pokok pada laman https://registrasi.usu.ac.id telah disubmit oleh calon mahasiswa baru.
Pengisian data UKT dan unggah berkas kelengkapan UKT dapat dilakukan melalui laman https://uktdatareg.usu.ac.id mulai: 28 Maret - 5 April 2024.
Berkas yang diunggah adalah:
- Slip Gaji atau keterangan penghasilan bulan terakhir pihak yang membiayai;
- Kartu Tanda Penduduk pihak yang membiayai;
- Kartu Keluarga pihak yang membiayai;
- NPWP pihak yang membiayai;
- Bukti pembayaran PBB tahun terakhir alamat tinggal pihak yang membiayai;
- Bukti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun terakhir kendaraan bermotor pihak yang membiayai;
- Tagihan rekening listrik/ Token bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai;
- Tagihan rekening air bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai;
- SPT Orang Pribadi dan atau Badan tahun terakhir pihak yang membiayai;
- Foto rumah tempat tinggal tampak depan, samping kiri dan kanan masing-masing 1 (satu) lembar dengan syarat memperlihatkan No. RT/RW atau identitas lainnya.
II. Pembayaran UKT
1. Hasil verifikasi data kelengkapan UKT dan Penerbitan virtual account dapat dilihat melalui
https://registrasi.usu.ac.id pada 23 - 24 April 2024;
2. Pembayaran UKT dilakukan dengan virtual account mulai 25 April - 7 Mei 2024.
III. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)
1. Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password untuk login Portal Akademik (https://satu.usu.ac.id) dapat diakses melalui https://registrasi.usu.ac.id.
2. Tutorial penggunaan e-learning USU dilakukan pada saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di fakultas masing-masing.
3. Perkuliahan dimulai pada Agustus 2024.
IV. Pemeriksaan Bebas Narkoba dan Kesehatan
1. Pemeriksaan Bebas Narkoba
- Pelaksanaan Pemeriksaan Bebas Narkoba dilaksanakan di Gedung Pancasila Jl. Universitas Kampus USU pada tanggal 13 - 16 Mei 2024 dan akan diinformasikan lebih lanjut setelah melakukan registrasi pendaftaran ulang. Nomor Urut Pemeriksaan akan diperoleh dari website https://registrasi.usu.ac.id).
- Calon mahasiswa membayar biaya pemeriksaan sebesar Rp.200.000,- (Dua ratus ribu rupiah) melalui rekening Bank BRI a.n. DANA KELOLAAN RS USU Nomor Rekening 005301003451300
- Print out bukti pembayaran asli wajib dibawa saat pemeriksaan narkoba
- Apabila mengalami kendala dapat menghubungi petugas MCU RSP. CPL USU : 085262183165 a.n. Rizky pada jam kerja pukul 09.00 – 12.00 WIB
- Bagi Mahasiswa yang sedang mengkonsumsi obat-obatan medis, dimohon untuk membawa obat-obatan itu pada hari pemeriksaan
- Bagi calon mahasiswa baru yang berdomisili di luar Medan, Binjai, Deli Serdang (MEBIDANG) dapat melakukan pemeriksaan bebas narkoba di Rumah Sakit Pemerintah/Rumah Sakit Pemerintah Daerah lainnya
2. Pemeriksaan Kesehatan
Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Gedung Pancasila Jl. Universitas Kampus USU pada 17, 20 - 22 Mei 2024.
Informasi lebih lanjut akan diinformasikan setelah melakukan registrasi pendaftaran ulang. Nomor Urut Pemeriksaan juga akan diperoleh dari website https://registrasi.usu.ac.id.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani