BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Pantai Barat dan Selatan Aceh

Sumber: Antara, tirto.id - 2 Agu 2022 08:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
BMKG memprakirakan cuaca buruk berpotensi terjadi di wilayah pantai barat dan selatan Aceh hingga Rabu, 3 Agustus 2022.
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca buruk di wilayah pantai barat dan selatan Aceh hingga Rabu, 3 Agustus 2022.

“Dampak dari cuaca ekstrem yang dapat terjadi yaitu adanya bencana hidrometeorologi seperti banjir, pohon tumbang, tanah longsor dan sebagainya,” kata prakirawan Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Almira dikutip dari Antara, Selasa (2/8/2022).

Selain itu, cuaca ekstrem tersebut berpotensi mengakibatkan gelombang tinggi di wilayah pantai barat dan selatan Aceh dengan ketinggian antara dua hingga empat meter.


Berdasarkan pengamatan citra satelit BMKG, bibit Siklon Tropis 95S terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung dengan pergerakan ke arah barat daya.

Potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah. Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin di atas 25 knot (low level jet) di Samudra Hindia barat barat daya, Sumatera-Jawa.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Sulawesi Tengah yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Aceh, Sumatera Utara, dari Riau hingga Selat Malaka, Kepulauan Riau, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Maluku
dan Papua.

Almira juga menjelaskan cuaca ekstrem tersebut juga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, low level jet, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, termasuk gelombang tinggi yang ada di pesisir barat dan selatan Aceh.


Baca juga artikel terkait PERINGATAN DINI CUACA EKSTREM atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight