Apa Itu BEM SI: Bedanya dengan BEM Nusantara dan 6 Tuntutan Aksi

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 11 Apr 2022 11:33 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Perbedaan BEM SI dan BEM Nusantara dan 6 tuntutan demo mahasiswa hari ini.
tirto.id - Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini mengadakan demo mahasiswa di Jakarta, tepatnya di Gedung DPR RI sejak pukul 10.00 WIB pada 11 April 2022.

Sebelumnya demo mahasiswa BEM SI akan diadakan di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wijaya, Kompleks Monumen Nasional, Jakarta.

Alasan BEM SI memindahkan lokasi demonstrasi ke Kompleks Gedung DPR/MPR adalah karena ingin memastikan DPR melaksanakan konstitusi dengan baik.

Lantas, apa itu BEM SI dan perbedaan BEM SI dengan BEM Nusantara?


Apa Itu BEM SI?


BEM SI adalah singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia. BEM SI adalah salah satu gerakan mahasiswa yang berbentuk aliansi.

Dalam aliansi ini terdapat SOP yang menjadi acuan. BEM SI memiliki koordinator wilayah dan koordinator pusat yang diwakili oleh BEM kampus tertentu.

Pendirian BEM SI dilakukan di Bogor 24 Desember 2007. Ada 30 anggota BEM SI yaitu UI, IT Telkom, UNJ, UNS, UNAIR, UNY, dan lain-lain.

Jumlah anggota BEM SI mencapai ratusan dan dibagi setiap kampus untuk menjadi koordinator teritorial bagian BEM SI, dari Jakarta hingga Papua.

BEM SI juga memiliki Presidium dan Koordinator. Koordinator Presidium Pusat BEM SI adalah BEM KM UGM dan membawahai anggota Presidium ex officio atau Koordinator Teritorial yang terdiri dari 11 wilayah mulai dari Sumatera hingga Papua.


Perbedaan BEM SI dan BEM Nusantara


Ternyata BEM SI bukanlah satu-satunya aliansi BEM di Indonesia. Selain BEM SI, ada pula BEM Nusantara. Kedua aliansi sering menjadi sorotan karena kerap berbeda sikap, salah satunya mengenai demo mahasiswa hari ini.

Dalam akun Facebook Aliansi BEM Nusantara dijelaskan organisasi ini adalah aliansi/jaringan Badan Eksekutif Mahasiswa yang digagas beberapa kampus dari aliansi per-regional, yaitu:

LIMA-JAYA (Lingkar Mahasiswa Jakarta Raya)
LIMA-BARA (Lingkar Mahasiswa Bandung Raya)
LIMA-MIRA (Lingkar Mahasiswa Minang Raya)
LIMA-SUMA (Lingkar Mahasiswa Surabaya dan Madura).

Aliansi-aliansi ini merupakan kumpulan dari BEM formal yang ada di kampus yang lahir dari arus reformasi dan demokrasi dalam bingkai kritis mahasiswa terhadap ketidakadilan yang terjadi di Indonesia.

Pada April 2005, aliansi-aliansi ini berkumpul dan berhimpun di Yogyakarta dan bersepakat membentuk LIMA-NUSA (Lingkar Mahasiswa Nusantara) yang merupakan cikal bakal lahirnya BEM Nusantara.

Usai pertemuan di Yogyakarta, BEM-BEM dari wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Indonesia Timur bergabung dan melebur dalam suatu aliansi yang bernama BEM Nusantara.


6 Tuntutan BEM SI di Demo Hari Ini


Tuntutan demo mahasiswa yang disebut sebagai Aksi Nasional Geruduk Istana Negara sebagai berikut:

1. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.

2. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Menurut BEM SI, aksi nasional ini dihadiri oleh seluruh kampus se-Indonesia yang terdiri dari 18 kampus di antaranya , UNJ, PNJ, IT-PLN, STIE SEBI, STIE DHARMA AGUNG, STIS AL WAFA, IAI Tazkia, AKA Bogor, UNRI, UNAND, UNRAM, PPNP, UNDIP, UNS, UNY, UNSOED, SSG dan STIEPER.


Baca juga artikel terkait DEMO MAHASISWA HARI INI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight