AP II Turunkan Jasa Layanan Bandara demi Bantu Maskapai Domestik

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 21 Juni 2019
Direktur AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan bersedia menurunkan biaya jasa layanan bandara untuk meringankan biaya operasional maskapai dalam negeri.
tirto.id -
Terkait keluhan mahalnya tiket pesawat dalam negeri, Direktur AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, pihaknya dan beberapa stakeholder lain bersedia menurunkan biaya jasa layanan bandara untuk meringankan biaya operasional maskapai di dalam negeri.

Berbagai biaya kebandaraan, seperti biaya maskapai mendarat, parkir pesawat, biaya sewa penyimpanan garbarata, dan counter check-in fee merupakan adalah komponen yang ditanggung oleh maskapai. Pihaknya akan lakukan efisiensi, misalnya dengan mengganti SDM dengan skema digital.

"[Efisiensi] sudah dilakukan sejak lama. Kesepakatannya tadi itu kita sama yang lain [pemerintah, AP 1, dan maskapai] akan kurangi itu untuk tekan biaya opersional maskapai, sama-sama lah," jelas dia usai melakukan rapat koordinasi terkait evaluasi penurunan harga tiket di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (20/6/2019).

Ia menjelaskan nantinya, pelayanan seperti segala pelayanan kebandaraan disatukan.

"Menurut saya itu bisa dikolaborasikan jadi cost tidak terbesar secara inefisien. Kembali lagi siapa leading sector-nya menurut saya bandara bisa wujudkan," jelas dia.

Awaluddin mengakui, presentase biaya jasa bandara terhadap total biaya operasional maskapai tidak besar, yaitu sekitar 4-5 persen. Namun, dia berharap itu bisa meringankan beban maskapai ketika menurunkan harga tiket pesawat LCC.

"Kecil ya sekitar 4-5 persen saja. Mereka operasional besarnya di leasing, maintenance, spare part avtur," tandas dia.


Baca juga artikel terkait HARGA TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri