Anies Pastikan Pemilu 17 April 2019 Berjalan Aman Di DKI Jakarta

Oleh: Alfian Putra Abdi - 14 April 2019
Anies menyatakan optimistis dapat menyukseskan pemilu yang adil dan aman di DKI Jakarta.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin wilayah pemerintahannya siap melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan terselenggara pada 17 April mendatang.

Ia juga memastikan semua petugas yang bekerja akan menjaga keamanan serta kelancaran pesta demokrasi tersebut.

"Kalau dari divisi operasional di lapangan seluruh aparat kami sudah terbiasa menjalani proses pemilu. Rakyat kami juga sudah terbiasa. Pilkada kemarin juga berjalan dengan baik, dua putaran juga berjalan dengan tertib," ujarnya di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Dengan pengalaman yang sudah dimiliki aparatur dan masyarakat DKI Jakarta, Anies menyatakan optimistis dapat menyukseskan pemilu yang adil dan aman.

Selain Sumber Daya Manusia yang tak perlu lagi dikhawatirkan, Anies juga mengaku sudah menyiapkan sarana dan prasarana guna mendukung kelancaran Pemilu 2019, seperti penyediaan lokasi penghitungan suara.

"Seluruh GOR kami itu dipinjamkan untuk bisa dipakai di dalam rekapitulasi suara dan juga nantinya ada beberapa tempat yang akan menjadi kebutuhan tambahan akan kami pinjamkan," tuturnya.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menambahkan, pihaknya sudab berkoordinasi dengan pejabat daerah setingkat kecamatan, kelurahan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk memastikan Pemilu 2019 di DKI Jakarta dapat berjalan lancar.

"Dalam tiga hari ini masa tenang, mudah-mudahan tingkat partisipasi DKI Jakarta 77,5 persen sebagai capaian RPJMN [Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional] angka yang kita dapatkan," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dipna Videlia Putsanra