Alasan Kenapa Coklat Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas?

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 21 Sep 2022 10:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Saat cokelat disimpan di kulkas dengan suhu yang sangat dingin, maka akan menimbulkan fat bloom dan sugar bloom.
tirto.id - Apakah Anda penggemar cokelat dan apakah Anda tahu bahwa coklat sebaiknya tidak boleh disimpan pada suhu yang terlalu dingin karena dapat merusak rasa.

Ferrial Ekbar atau yang akrab disapa Chef Ferrial ini mengatakan bahwa cokelat sebaiknya disimpan pada suhu 12 hingga 20 derajat.

"Idealnya enggak perlu disimpan di kulkas, simpan di ruang kering, jangan panas. Kalau ada wadah kedap udara lah," ujar Chef Ferrial yang juga berprofesi sebagai Technical Developer Gourmet Barry Callabout Indonesia, seperti dilansir dari laman Antara.

Ferrial juga menjelaskan saat cokelat disimpan di kulkas dengan suhu yang sangat dingin, maka akan menimbulkan fat bloom dan sugar bloom atau munculnya gelembung lemak dan gula pada permukaan cokelat.

Fat bloom yang muncul pada permukaan cokelat akan hilang dengan sendirinya jika saat suhu normal. Sedangkan sugar bloom, tidak akan hilang dan dapat merusak cokelat karena telah bercampur dengan air. Ia juga mengatakan bahwa cokelat sama sekali tidak boleh terkena air bahkan dalam jumlah sedikit sekalipun.

"Sugar bloom sebenarnya jarang terjadi, jadi dia keluar gulanya. Gula keluar, kadang ada air, itu sudah rusak sudah kecampur," katanya.

Ferrial juga mengatakan bahwa cokelat yang biasa digunakan untuk bahan membuat kue baiknya tidak disimpan di kulkas. Sebab ketika dimasak akan menggumpal.

"Terkadang ada yang langsung dipakai, cokelat itu akan menggumpal karena bercampur sama air. Bisa sih didiamkan dulu di suhu ruangan setengah jam, tapi hasilnya enggak sama kayak cokelat yang masih awal," ujar Ferrial.

Ferrial menyarankan untuk mengatur suhu kulkas terlebih dahulu jika benar-benar ingin menyimpan cokelat di lemari pendingin tersebut. Selain itu, jangan meletakkan cokelat di ruangan yang berbau.

Manfaat coklat bagi kesehatan


Selain dikenal bisa memperbaiki mood, coklat juga memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan asal dikonsumsi secara tidak berlebihan. Berikut manfaat lain coklat bagi kesehatan yang dikutip dari Medical News Today:

1. Membantu mengurangi kolesterol

Satu studi​, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa konsumsi coklat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang juga dikenal sebagai "kolesterol jahat."

Para peneliti menyelidiki apakah coklat yang mengandung sterol (PS) dan cocoa flavanol (CF) memiliki efek pada kadar kolesterol.

Para penulis menyimpulkan bahwa konsumsi coklat batangan secara teratur yang mengandung PS dan CF, sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

2. Fungsi kognitif

Para ilmuwan di Harvard Medical School​ telah menyarankan bahwa mengonsumsi coklat dalam bentuk minuman dengan takaran dua cangkir coklat panas sehari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan daya ingat pada orang tua.

Para peneliti menemukan bahwa coklat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak di tempat yang dibutuhkan.

3. Penyakit jantung

Penelitian​ yang dipublikasikan di The BMJ, menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga sepertiga.

Berdasarkan pengamatan mereka, penulis menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi coklat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah.

Mereka menyerukan penelitian eksperimental lebih lanjut untuk mengonfirmasi apakah mengonsumsi coklat bermanfaat.

4. Stroke

Ilmuwan​ Kanada, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 44.489 individu, menemukan bahwa orang yang makan satu porsi coklat memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk mengalami stroke daripada mereka yang tidak.

Juga, mereka yang memiliki sekitar dua ons coklat seminggu kemungkinan 46 persen lebih kecil meninggal karena stroke.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight