Menuju konten utama

40 Soal PAT IPS Kelas 8 Semester 2 Pilihan Ganda-Essay & Jawaban

Kumpulan contoh soal PAT IPS kelas 8 semester 2 dapat menjadi latihan dan bahan belajar siswa jelang ujian. Adapun berikut ini 40 contoh soal di antaranya.

40 Soal PAT IPS Kelas 8 Semester 2 Pilihan Ganda-Essay & Jawaban
Pelajar SMP N 3 Warungasem mengikuti serangkaian simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK N 1 Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/pd.

tirto.id - Soal PAT IPS kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban bisa menjadi bahan belajar siswa sebelum ujian. Berikut ini kumpulan contoh soal PAT IPS kelas 8 semester 2 Kurikulum 2013

Peserta didik akan diuji melalui Penilaian Akhir Tahun atau PAT pada setiap akhir masa studi semester kedua. Kegiatan ini berlangsung sebagai bentuk penilaian pencapaian kompetensi para murid sebelum memasuki kelas berikutnya.

Adapun jadwal ujian PAT bakal selasar dengan kebijakan dinas pendidikan daerah. Jadwal PAT di setiap sekolah bisa berbeda-beda atau tidak serentak. Diperkirakan, PAT berlangsung pada awal bulan Juni 2024.

Kisi-Kisi Materi UAS IPS Kelas 8 Semester 2

Mata pelajaran (mapel) yang diujikan saat PAT meliputi seluruh materi mapel yang sudah dipelajari selama semester 2, termasuk IPS. Adapun kisi-kisi materi UAS IPS kelas 8 semester 2 meliputi:

  • Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian;
  • Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional;
  • Penguatan Ekonomi dan Agrikultur di Indonesia;
  • Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional;
  • Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia;
  • Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan;
  • Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan.

Kumpulan Contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 2

PAT adalah aktivitas di akhir semester genap untuk mengukur kemampuan siswanya. Hal yang diukur ini mencakup beberapa indikator yang sekiranya mempresentasikan Kompetensi Dasar (KD) peserta didik.

Hasil PAT akan dianalisis oleh satuan pendidikan untuk menentukan integritas ketuntasan akademik murid. Hasil dari kajian ini akan dijadikan pihak sekolah sebagai laporan hasil belajar siswa-siswinya.

Berhubungan dengan PAT, peserta didik bisa melakukan latihan melalui contoh-contoh soal. Lantas, seperti apa contoh latihan soal PAT IPS terpadu semester 2?

Soal IPS Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban Pilihan Ganda

Berikut ini kumpulan contoh soal IPS kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban pilihan ganda Kurikulum 2013 yang bisa menjadi bahan latihan serta belajar siswa jelang menghadapi ujian.

1. Pernyataan yang paling tepat yang menyebabkan munculnya aktivitas perdagangan adalah...

  • A. Adanya surplus devisa negara
  • B. Adanya permintaan dan penawaran akan produk tertentu
  • C. Adanya masyarakat yang mengalami kelaparan
  • D. Adanya surplus produksi barang dan jasa

Jawaban: B

2. Berikut ini adalah peran para pelaku ekonomi dalam perekonomian:

  • (1) Sebagai konsumen
  • (2) Pengguna faktor produksi
  • (3) Sebagai penyedia faktor produksi
  • (4) Pelaku perdagangan internasional

Peran rumah tangga konsumen (RTK) ditunjukkan pada …

  • A. (1) dan (2)
  • B. (1) dan (3)
  • C. (2) dan (3)
  • D. (3) dan (4)

Jawaban: B

3. Pendapatan rumah tangga keluarga/rumah tangga konsumen (RTK) berupa imbalan yang diterima karena meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi adalah....

  • A. Sewa (rent)
  • B. Upah (wage)
  • C. Bunga (interest)
  • D. Keuntungan (profit)

Jawaban: C

4. Aktivitas yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina, menunjukkan peran pemerintah sebagai ….

  • A. Regulator
  • B. Produsen
  • C. Konsumen
  • D. Distributor

Jawaban: B

5. Perdagangan antar daerah akan terjadi jika ada produk yang diperdagangkan. Tujuan perdagangan antar daerah adalah ….

  • A. Meningkatkan produktivitas
  • B. Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat
  • C. Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan
  • D. Memperoleh keuntungan dan memperluas jangkauan pasar

Jawaban: D

6. Berikut ini adalah kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor dan faktor pendorong ekspor:

  • (1) Memberikan kemudahan kepada produsen barang ekspor
  • (2) Keadaan pasar luar negeri
  • (3) Menjaga kestabilan nilai tukar rupiah
  • (4) Keuletan eksportir untuk menangkap peluang pasar
  • (5) Membuat perjanjian dagang internasional
  • (6) Kondisi sosial, ekonomi, politik suatu negara

Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor adalah ….

  • A. (1), (2) dan (3)
  • B. (1), (3), dan (5)
  • C. (2), (3), dan (4)
  • D. (4), (5), dan (6)

Jawaban: B

7. Perbedaan perdagangan antar pulau dengan perdagangan antar negara terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Pada perdagangan antar negara, regulasi adalah ....

  • A. Ketat karena menyangkut kedaulatan bangsa
  • B. Longgar karena lebih mengutamakan keuntungan
  • C. Ketat sebagai upaya menekan impor
  • D. Longgar sebagai upaya meningkatkan ekspor

Jawaban: A

8. Perhatikan konsep Ekonomi kelautan (marine economy) dan Ekonomi maritim (maritime economy) dalam kegiatan ekonomi berikut:

  • (1) Kegiatan di pesisir, lautan serta darat yang menggunakan sumber daya alam
  • (2) Jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa
  • (3) Transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya
  • (4) Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait

Kegiatan yang termasuk Ekonomi maritim (maritime economy) ditunjukkan pada ….

  • A. (1) dan (2)
  • B. (1) dan (3)
  • C. (2) dan (3)
  • D. (3) dan (4)

Jawaban: D

9. Strategi yang dilakukan pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia dengan meningkatkan sistem budidaya yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah adalah ….

  • A. Subsidi pupuk bagi petani
  • B. Ecofarming
  • C. Distribusi pupuk secara merata
  • D. Perbaikan irigasi

Jawaban: B

10. Pada 26 Desember 2004, tsunami melanda Aceh. Seorang bocah bernama Martunis yang saat itu berusia 7 tahun terombang-ambing di atas air selama 21 hari. Ia mengenakan jersey tim nasional Portugal saat pertama kali ditemukan. Ronaldo pun datang menemuinya di Aceh dan memberi beasiswa untuk sekolah, Martunis kemudian menjadi anak angkat pesepak bola terkenal itu.

Kesimpulan yang didapat antara Ronaldo dan Martunis adalah telah terjadi ….

  • A. Redistribusi vertikal
  • B. Redistribusi horizontal
  • C. Redistribusi jaminan akses
  • D. Redistribusi kredit lunak

Jawaban: B

11. Strategi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), dan Bantuan Tunai Bersyarat (BTB), merupakan contoh dari ….

  • A. Program pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi masyarakat kurang mampu
  • B. Program kredit lunak dan penjaminan kredit berbasis kemitraan
  • C. Pengembangan usaha atau industri kecil
  • D. Program Corporate Social Responsibility (CSR)

Jawaban: A

12. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan telah melakukan berbagai usaha terkait pendistribusian pendapatan. Alat utama yang digunakan pemerintah dalam redistribusi pendapatan adalah ……

  • A. Subsidi dan produksi
  • B. Pengenaan pajak dan konsumsi
  • C. Subsidi dan pengenaan pajak
  • D. Produksi dan konsumsi

Jawaban: C

13. Rempah yang menjadi daya tarik bangsa Eropa datang ke Nusantara adalah ….

  • A. Pala
  • B. Lada
  • C. Kemiri
  • D. Cengkeh

Jawaban: D

14. Semangat untuk membangun kembali kejayaan bangsa Eropa dengan menaklukkan bangsa-bangsa lain merupakan pendorong kedatangan bangsa Eropa dari faktor ….

  • A. Good
  • B. Gold
  • C. Gospel
  • D. Glory

Jawaban: D

15. Pelaut Portugis yang pada tahun 1512 berhasil mencapai Maluku adalah ….

  • A. Vasco da Gama
  • B. BartholomeusDiaz
  • C. Alfonsod'Albuquerque
  • D. Antonio de Abreu

Jawaban: D

16. Jalur pelayaran Cornelis de Houtman melalui ujung selatan Afrika dan terus ke arah timur melewati Samudra Hindia. Pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di ....

  • A. Maluku
  • B. Malaka
  • C. Banten
  • D. Gowa

Jawaban: C

17. Pieter Both mendirikan pusat perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Namun kemudian, pusat dagang dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta). Alasan utama pemindahan tersebut adalah ….

  • A. Jawa lebih strategis sebagai lalu lintas perdagangan
  • B. Jawa penduduknya lebih banyak
  • C. Jawa tanahnya lebih subur
  • D. Jawa penghasil rempah-rempah yang banyak dicari bangsa Eropa

Jawaban: A

18. Perhatikan fakta sejarah berikut ini!

  • (1) Mencetak dan mengedarkan uang sendiri
  • (2) Kerja paksa
  • (3) Memonopoli perdagangan rempah-rempah
  • (4) Sistem sewa tanah (landrent-system)

Fakta-fakta sejarah berikut ini yang merupakan Hak Oktroi VOC adalah ….

  • A. (1) dan (2)
  • B. (1) dan (3)
  • C. (2) dan (3)
  • D. (3) dan (4)

Jawaban: B

19. Pada tahun 1830, Johannes van den Bosch menerapkan sistem tanam paksa (cultuur stelsel). Kebijakan ini diberlakukan karena Belanda menghadapi kesulitan keuangan akibat...

  • A. Perang Diponegoro
  • B. Perang Paderi
  • C. Perang Aceh
  • D. Perang Banjar

Jawaban: A

20. Pada tahun 1870, dikeluarkan Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet) yang mengatur prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan dan menegaskan bahwa pihak swasta dapat menyewa tanah, baik tanah pemerintah maupun tanah penduduk. Pada tahun yang sama, juga dikeluarkan Undang-Undang Gula (Suiker Wet) yang berisi ….

  • A. Larangan mempekerjakan tenaga pribumi
  • B. Larangan mengangkut tebu keluar dari Indonesia
  • C. Prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan
  • D. Larangan mempekerjakan tenaga asing

Jawaban: B

21. Snouck Hurgronje memberikan saran kepada Belanda tentang cara mengalahkan orang Aceh. Menurutnya, Aceh tidak bisa dilawan dengan kekerasan karena karakter orang Aceh yang tidak akan pernah menyerah, sebab jiwa jihad mereka sangat tinggi. Menurut Snouck Hurgronje, taktik yang paling tepat adalah dengan mengadu domba antara golongan ….

  • A. Uleebalang (bangsawan) dan kaum ulama
  • B. Kaum Padri dan kaum adat
  • C. Kaum bangsawan dan rakyat jelata
  • D. Kaum bangsawan dan putra mahkota

Jawaban: A

22. Perhatikan konsep-konsep di bawah ini!

  • (1) Hak tawan karang
  • (2) Sultan Hasanudin
  • (3) Perjanjian Bongaya
  • (4) Kerajaan Buleleng
  • (5) Kerajaan Gowa
  • (6) Puputan Jagaraga
  • (7) Patih I Gusti Ketut Jelantik
  • (8) Aru Palaka

Ciri-ciri perang Jagaraga di Bali ditunjukkan pada ….

  • A. (1), (4), (5) dan (7)
  • B. (1), (4), (6) dan (8)
  • C. (2), (3), (6) dan (8)
  • D. (1), (4), (6) dan (7)

Jawaban: D

23. Perhatikan pernyataan berikut ini!

  • (1) Perluasan pendidikan
  • (2) Kemenangan Jepang atas Rusia
  • (3) Munculnya gerakan nasional di berbagai negara
  • (4) Kegagalan perjuangan di berbagai daerah
  • (5) Rasa senasib sepenanggungan

Dari pernyataan di atas, yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam ditunjukkan pada nomor ….

  • A. 1, 2, dan 3
  • B. 1, 3, dan 5
  • C. 1, 4, dan 5
  • D. 2, 3, dan 4

Jawaban: C

24. Pemerintah Hindia Belanda menerapkan kebijakan Politik Etis pada tahun 1901. Tiga kebijakan tersebut bertujuan untuk memperbaiki kondisi masyarakat yang semakin terpuruk. Isi kebijakan Politik Etis tersebut adalah ….

  • A. Migrasi, irigasi, edukasi
  • B. Irigasi, transmigrasi, edukasi
  • C. Migrasi, transportasi, edukasi
  • D. Migrasi, irigasi, transmigrasi

Jawaban: B

25. Kemenangan Jepang atas Rusia memberikan pengaruh positif bagi pergerakan nasional Indonesia karena....

  • A. Jepang sebagai bangsa Asia mampu mengalahkan Rusia sehingga membangkitkan kepercayaan bangsa Indonesia akan kekuatan sendiri
  • B. Jepang membantu perjuangan bangsa Indonesia berupa persenjataan
  • C. Indonesia dapat meminta bantuan Jepang untuk mendesak Belanda
  • D. Kekalahan Rusia menandai kekalahan bangsa Eropa secara keseluruhan

Jawaban: A

26. Sejak tahun 1930, organisasi-organisasi pergerakan Indonesia mengubah taktik perjuangannya dengan menggunakan taktik kooperatif atau bersedia bekerja sama dengan pemerintah Hindia Belanda. Masa tersebut dikenal dengan ….

  • A. Masa radikal
  • B. Zaman konsultasi
  • C. Masa moderat
  • D. Zaman penegas

Jawaban: C

27. Tujuan utama berdirinya Budi Utomo adalah ….

  • A. Mendirikan sekolah pribumi
  • B. Meningkatkan derajat bangsa melalui pendidikan dan kebudayaan
  • C. Mempersatukan para tokoh perjuangan bangsa dalam melawan penjajah
  • D. Melakukan perundingan dengan pihak penjajah

Jawaban: B

28. Sarekat Dagang Islam diubah menjadi Sarekat Islam pada tanggal 10 September 1912 dengan tujuan ….

  • A. Agar kegiatan organisasi lebih terbuka ke bidang-bidang lain, tidak hanya perdagangan
  • B. Ada penyegaran di bawah pimpinan H.O.S Cokroaminoto
  • C. Menghindari perpecahan di tubuh SDI
  • D. Agar segera mendapatkan status berbadan hukum

Jawaban: A

29. Douwes Dekker, seorang keturunan Belanda, menjadi pelopor pendirian partai politik pada tahun 1912. Partai yang didirikan bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat adalah ….

  • A. IndischeVereniging
  • B. IndischePartij
  • C. EuropischeVerbond
  • D. Inlander

Jawaban: B

30. Di negeri Belanda, didirikan organisasi perjuangan oleh para pelajar Indonesia. Organisasi tersebut adalah ....

  • A. Perhimpunan Bumiputera
  • B. Perhimpunan Indonesia
  • C. Perhimpunan Pemuda Indonesia
  • D. Perhimpunan Pelajar Indonesia

Jawaban: B

31. Penangkapan para pemimpin PNI berdampak pada ....

  • A. Bubar (pecahnya) PNI menjadi Partindo dan PNI Baru
  • B. Pemerintah kolonial melonggarkan pengawasan
  • C. Semakin kuatnya tuntutan untuk merdeka
  • D. Munculnya Gapi yang menginginkan Indonesia Berparlemen

Jawaban: A

32. Setelah PNI dibubarkan pada tahun 1930, Hatta dan Syahrir mendirikan partai politik yang dianggap sebagai penerus PNI. Partai tersebut bernama …

  • A. Parindra
  • B. Gapi
  • C. PNI Pendidikan
  • D. Gerindo

Jawaban: C

33. Salah satu alasan dibentuknya Gapi adalah kegagalan petisi Sutarjo yang berisi tentang ....

  • A. Penghapusan dan penggantian istilah Inlander menjadi Indonesisch
  • B. Penggunaan bahasa Indonesia dalam volksraad
  • C. Keinginan membentuk pemerintahan sendiri
  • D. Tuntutan untuk menjadi persemakmuran Belanda

Jawaban: C

34. Partai-partai yang menggunakan taktik kooperatif dan partai-partai yang menggunakan taktik non kooperatif memiliki persamaan dalam hal ….

  • A. Struktur organisasinya
  • B. Modal perjuangannya
  • C. Sikap perjuangannya
  • D. Tujuan perjuangannya

Jawaban: D

35. Perhatikan fakta sejarah perubahan pada Masa Kolonial Barat dan perubahan masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang berikut ini:

  • (1) Perubahan dalam aspek geografi
  • (2) Perubahan dalam aspek ekonomi
  • (3) Perluasan penggunaan lahan
  • (4) Persebaran penduduk dan urbanisasi

Manakah fakta-fakta sejarah berikut ini yang termasuk perubahan pada Masa Kolonial Barat?

  • A. (1) dan (2)
  • B. (1) dan (3)
  • C. (2) dan (3)
  • D. (3) dan (4)

Jawaban: D

Soal IPS Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban Essay

Berikut ini kumpulan contoh soal IPS kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban essay yang bisa menjadi bahan belajar dan latihan siswa jelang menghadapi ujian.

36. Tuliskan isi Perjanjian Bongaya!

Jawaban:

  • Belanda memperoleh monopoli dagang rempah-rempah di Makassar;
  • Belanda mendirikan benteng pertahanan di Makassar;
  • Makassar harus melepaskan daerah kekuasaannya berupa daerah di luar Makassar;
  • Aru Palaka diakui sebagai Raja Bone.

37. Sebutkan faktor internal latar belakang pergerakan nasional!

Jawaban:

  • Perluasan pendidikan;
  • Kegagalan perjuangan di berbagai daerah;
  • Rasa senasib sepenanggungan;
  • Perkembangan berbagai organisasi etnik kedaerahan.

38. Sebutkan organisasi semi militer bentukan Jepang!

Jawaban:

  • Seinendan;
  • Keibodan;
  • Gakukotai;
  • Fujinkai.

39. Sebutkan slogan Tiga A Jepang!

Jawaban:

  • Jepang Pemimpin Asia;
  • Jepang Pelindung Asia;
  • Jepang Cahaya Asia.

40. Setelah PNI dibubarkan tahun 1930, Hatta dan Syahrir mendirikan partai politik yang dianggap penjelmaan dari PNI. Partai yang dimaksud bernama ...

Jawaban: PNI Pendidikan

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis