Menuju konten utama

30 Soal PPPK Teknis Pengelola Layanan Operasional & Jawabannya

Kumpulan contoh soal PPPK Teknis Pengelola Layanan Operasional yang dapat dimanfaatkan peserta sebagai bahan belajar menghadapi tes seleksi.

30 Soal PPPK Teknis Pengelola Layanan Operasional & Jawabannya
Ilustrasi Surat. foto/IStockphoto

tirto.id - Ada sejumlah contoh soal PPPK Teknis Pengelola Layanan Operasional. Contoh soal tersebut dapat dimanfaatkan peserta sebagai bahan belajar menghadapi tes seleksi kompetensi Periode 1 dan Periode 2.

Seleksi kompetensi merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati dalam seleksi PPPK Teknis 2024. Meskipun demikian, sebelum masuk ke tahap ini, para peserta harus melalui tahap seleksi administrasi berupa verifikasi data dan berkas.

Tes Seleksi Kompetensi PPPK 2024 Periode 1 dijadwalkan pada 2 - 19 Desember 2024. Di sisi lain, pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi untuk PPPK 2024 Periode 1 dijadwalkan pada 17 April - 16 Mei 2025 mendatang. Jadwal tes Seleksi Kompetensi PPPK 2024 ini dapat berubah sewaktu-waktu, harap pantau pengumuman terbaru.

Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Pengelola Layanan Operasional dan Jawabannya

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan peserta dalam menghadapi tes Seleksi Kompetensi adalah mempelajari soal. Berikut ini sejumlah contoh soal tes Seleksi Kompetensi PPPK Pengelola Layanan Operasional dan jawabannya:

1. Penyelenggaraan layanan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip NKRI sebagaimana dimaksud dalam UUD Tahun 1945, disebut dengan...

A. Instansi Pemerintah

B. Instansi Pusat

C. Pemerintah Daerah

D. Pemerintahan Daerah

E. Instansi Vertikal

Jawaban: C. Pemerintah Daerah

2. Terkait dengan pengaduannya dari penyelenggara dan pelaksana layanan operasional untuk mendukung pembuktian maka membutuhkan…

A. Laporan

B. Dokumen

C. Kesaksian

D. Penanggung jawab

E. Pelaksana

Jawaban: B. Dokumen

3. Saat ini dalam pengurusan pelayanan perpanjang SIM sangatlah mudah. Masyarakat tidak perlu datang ke SAMSAT melainkan di era digitalisasi sekarang. Cukup mendownload aplikasinya dan mengikuti langkah yang ada. Dilakukan pembayaran dan nantinya SIM akan di kirimkan ke tempat tinggal masing-masing. Itu semua dilakukan pemerintah untuk mempermudah masyarakat dengan menggunakan...

A. Sistem manajemen publik

B. Teknologi

C. Jaringan

D. Manajemen digital

E. Software

Jawaban: A. Sistem manajemen publik

4. Ketika Dito melakukan tugasnya untuk melakukan penggusuran di sekitar sungai dekat kantor pemerintahan terjadi sangat ricuh, hal tersebut disebabkan karena banyak warga yang belum setuju untuk dipindahkan. Kemudian mengajukan permohonan memperpanjang masa waktu sebulan untuk menyiapkannya dan ada bersedia untuk ditempatkan di rusun. Permohonan yang dilakukan disebut...

A. Banding

B. Dispensasi

C. Masa remisi

D. Atribusi

E. Delegasi

Jawaban: B. Dispensasi

5. Guna menjamin kelancaran penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu layanan operasional diperlukan..

A. Kedisiplinan

B. Pelatihan

C. Pembina dan penanggung jawab

D. Pengawasan

E. Kerjasama

Jawaban: C. Pembina dan penanggung jawab

6. Ibu seorang perawat di Puskesmas dengan kepegawaian honorer sudah belasan tahun. Ia tidak pernah mengeluh pekerjaan dan penghasilannya yang tidak seimbang, ia selalu memberikan nasihat kepada karyawan yang muda bekerja harus dengan ikhlas dan memberikan yang terbaik terutama untuk keselamatan. Perkara penghasilan pasti pusat juga tidak diam saja melihat pegawainya susah. Dalam kasus tersebut puskesmas sektor publik tidak mencari keuntungan berbeda dengan klinik swasta yang mengarah ke...

A. Individual

B. Materi

C. Profit oriented

D. Kemanusiaan

E. Sistem

Jawaban: C. Profit oriented

7. Masyarakat dapat menggugat penyelenggara atau pelaksana layanan operasional melalui peradilan tata usaha negara apabila pelayanan yang diberikan menimbulkan…

A. Kerugian

B. Permasalahan

C. Perselisihan

D. Pertengkaran

E. Kesalahpahaman

Jawaban: A. Kerugian

8. Ciri- ciri resiko kegagalan penyelenggaraan pada pelayanan publik adalah....

A. Kerugian perseorangan

B. Tanggung Jawab negara

C. Tanggung Jawab warga

D. Tinggi dan langsung

E. Resiko kolektif, banyak orang dan bersama

Jawaban: E. Resiko kolektif, banyak orang dan bersama

9. Dalam penyusunan tata naskah dinas yang digunakan dalam pelayanan persuratan memiliki ruang lingkup Pedoman Tata Naskah Dinas yang meliputi...

A. Pejabat penandatangan Naskah Dinas

B. Jenis dan format naskah dinas

C. Pembuatan naskah dinas

D. Pengamanan naskah dinas

E. Pengendalian Naskah Dinas.

Jawaban: B. Jenis dan format naskah dinas

10. Karakter khusus dari suatu proses penyelenggaraan pelayanan publik adalah…

A. Pelanggan yang bersifat eksternal cukup menonjol

B. Selalu terkait dengan jenis pelayanan dalam bentuk lain

C. Kurang efisien dan efektivitas

D. Masyarakat secara keseluruhan diperlakukan tidak adil

E. Tatanan kehidupan yang tidak baik

Jawaban: B. Selalu terkait dengan jenis pelayanan dalam bentuk lain

11. Yang termasuk jenis Naskah dinas khusus dalam pelayanan persuratan...

A. Nota dinas, Disposisi, Instruksi

B. Surat edaran, Nota dinas, Disposisi

C. Pedoman, Berita acara, Surat keterangan

D. Surat edaran, nota dinas, Berita acara

E. Berita acara, Surat kuasa, Surat keterangan

Jawaban: A. Nota dinas, Disposisi, Instruksi

12. Bila saat sedang melakukan pelayanan operasional, kemudian pengguna ingin membuka lembar kerja baru yang lain, maka bisa dilakukan dengan cara tekan tombol...

A. Ctrl + N

B. Ctrl + S

C. Ctrl + V

D. Ctrl + U

E. Ctrl + T

Jawaban: A. Ctrl + N

13. Yang termasuk jenis Naskah dinas arahan dalam pelayanan persuratan, yaitu...

A. Peraturan perundang-undangan

B. Surat edaran

C. Naskah dinas penugasan

D. Instruksi

E. Standar operasional prosedur administrasi pemerintahan

Jawaban: C. Naskah dinas penugasan

14. Alex baru saja mengalami kegagalan besar dlm sebuah proyek yg telah dia kerjakan dgn keras. Dia merasa sangat kecewa dan meragukan kemampuannya. Melihat tsb Anda memilih untuk menghiraukannya karena masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan....

A. Sangat setuju

B. Setuju

C. Ragu-ragu

D. Tidak setuju

E. Sangat tidak setuju

Jawaban: E. Sangat tidak setuju

15. Pak Bambang saat itu sedang membutuhkan konsultasi mengenai pekerjaannya yang berhubungan dengan layanan statistik, kemudian ia segera mendatangi BPS untuk mendapatkan penjelasan yang detail. Hal yang dilakukan Pak Bambang termasuk jenis pelayanan…

A. Langsung

B. Tidak langsung

C. Online

D. Kemudahan Akses

E. Kenyamanan

Jawaban: A. Langsung

16. Badan dan Pejabat Pemerintahan dapat menolak memberikan Bantuan Kedinasan apabila..

A. Surat keterangan dan dokumen yang diperlukan tidak sesuai

B. Mempengaruhi kinerja Badan dan Pejabat Pemerintahan pemberi bantuan

C. Ketentuan peraturan perundang-undangan memperbolehkan pemberian bantuan

D. Menolak untuk memberikan Bantuan

E. Bantuan Kedinasan dibebankan kepada Pemerintahan

Jawaban: B. Mempengaruhi kinerja Badan dan Pejabat Pemerintahan pemberi bantuan.

17. Ketika Dito melakukan tugasnya untuk melakukan penggusuran di sekitar sungai dekat kantor pemerintahan terjadi sangat ricuh, hal tersebut disebabkan karena banyak warga yang belum setuju untuk dipindahkan. Kemudian mengajukan permohonan memperpanjang masa waktu sebulan untuk menyiapkannya dan ada bersedia untuk ditempatkan di rusun. Permohonan yang dilakukan disebut...

A. Banding

B. Dispensasi

C. Masa remisi

D. Atribusi

E. Delegasi

Jawaban: B. Dispensasi

18. Ibu seorang perawat di Puskesmas dengan kepegawaian honorer sudah belasan tahun. Ia tidak pernah mengeluh pekerjaan dan penghasilannya yang tidak seimbang, ia selalu memberikan nasihat kepada karyawan yang muda bekerja harus dengan ikhlas dan memberikan yang terbaik terutama untuk keselamatan. Perkara penghasilan pasti pusat juga tidak diam saja melihat pegawainya susah. Dalam kasus tersebut puskesmas sektor publik tidak mencari keuntungan berbeda dengan klinik swasta yang mengarah ke...

A. Individual

B. Materi

C. Profit oriented

D. Kemanusiaan

E. Sistem

Jawaban: C. Profit oriented

19. Selama 6 bulan sekali perusahaan cat mengadakan penilaian dari hasil kinerja. Yani ingin mendapatkan insentif yang banyak hasil dari penilaian performa tersebut. Sehingga ia setiap bulan mengusahakan bekerja sesuai dengan target dan tidak melanggar aturan. Itu semua ia lakukan ingin mendapatkan insentif besar dan nilai yang bagus sehingga ia dapat dipromosikan jabatannya. Tujuan analisis yang dibuat oleh perusahaan tersebut adalah...

A. Performance appraisal

B. Worker training

C. Personil requirement

D. Job designing restructuring,

E. Worker mobility

Jawaban: A. Performance appraisal

20. Pusat saat ini dalam menyelenggarakan rekrutmen pegawai ASN mempunyai kriteria masing-masing. Terutama untuk putra putri daerah, dimaksudkan agar rekrutmen dilakukan secara merata dan sama mendapatkan kesempatan untuk melamar. Sehingga mengurangi issue berita yang tidak baik. Karena Indonesia timur lebih banyak tertinggal maka itulah pusat mengadakan khusus untuk putra putri timur, dan diluar itu masyarakat juga dapat mencoba tetapi tidak dianjurkan untuk melamar bagian tersebut jika nekat nantinya dengan sistem otomatis langsung ditolak. Untuk itu aktivitas rekrutmen mempunyai tujuannya yaitu..

A. Rekrutmen sebagai strategi responsivitas politik

B. Rekrutmen sebagai teknik untuk memaksimalkan efisiensi

C. Rekrutmen sebagai alat kendali sosial

D. Responsivitas politik

E. Memaksimumkan efisiensi

Jawaban: C. Rekrutmen sebagai alat kendali sosial

21. Izin, Dispensasi, atau Konsesi yang diajukan oleh pemohon wajib diberikan persetujuan atau penolakan oleh Badan dan Pejabat Pemerintahan paling lama…

A. 14 hari kerja

B. 7 hari kerja

C. 10 hari kerja

D. 3 hari kerja

E. 20 hari kerja

Jawaban: C. 10 hari kerja

22. Bu Gina dalam mengelola sumber daya pekerja selalu membuat perencanaan terlebih dahulu. Kemudian ia mengevaluasi jumlah staf tiap divisi untuk memastikan kembali. Ternyata staff produksi banyak kekurangan sehingga dalam pengerjaan terbilang lama dan berat. Untuk itu ia melakukan rekrutmen SDM untuk menambah jumlah staf sedangkan divisi yang dirasa staff berlebihan harus dimutasi di divisi lain untuk pemerataan dan dibuatlah struktur organisasi. Orientasi analisis tersebut mempunyai manfaat antara lain...

A. Desain pegawai

B. Analisis penyusunan pegawai

C. Pelatihan dan pengembangan

D. Telaah dari perencanaan kinerja

E. Evaluasi pegawai

Jawaban: B. Analisis penyusunan pegawai

23. Teman Budi menjadi iri karena Budi bisa mendapatkan remunerasi tersebut. Budi pun memberikan dukungan dan berbagi ilmu kepadanya agar ia juga mendapatkan hal yang sama sesuai bidang yang ia tekuni. Beberapa bulan setelah itu temannya membukti kepada atasannya telah berhasil memenuhi target yang diberikan perusahaan. Lalu ia diberikan kompensasi dari perusahaan, dengan tujuan pemberian itu untuk...

A. Motivasi

B. Pengadaan efektif

C. Kepuasan kerja

D. Ikatan Kerjasama

E. Disiplin

Jawaban: C. Kepuasan kerja

24. Saat ini dalam pengurusan perpanjang SIM sangatlah mudah. Masyarakat tidak perlu datang ke SAMSAT melainkan di era digitalisasi sekarang. Cukup mendownload aplikasinya dan mengikuti langkah yang ada. Dilakukan pembayaran dan nantinya SIM akan di kirimkan ke tempat tinggal masing-masing. Itu semua dilakukan pemerintah untuk mempermudah masyarakat dengan menggunakan...

A. Sistem manajemen publik

B. Teknologi

C. Jaringan

D. Manajemen digital

E. Software

Jawaban: A. Sistem manajemen publik

25. Budi selama 2 minggu tidak masuk kerja karena mendapatkan tugas untuk mewakili perusahaannya dalam sertifikasi dengan perusahaan lainnya. Budi terpilih karena kinerjanya yang bagus serta wawasannya luas. Sertifikasi yang ia ikuti membuahkan hasil yang baik. Ia masuk dalam 3 besar perusahaan bebas limbah. Ketika ia kembali masuk bekerja,direktur memberikan imbalan atas prestasi yang mengharumkan perusahaan. Imbalan dari perusahaan tersebut bernama...

A. Hadiah

B. Reward

C. Insentif

D. Gaji

E. Remunerasi

Jawaban: E. Remunerasi

26. Yang bukan termasuk substansi peraturan perundang-undangan yang ada pada bagian batang tubuh . . .

A. Nama jabatan pejabat yang menetapkan

B. Ketentuan Umum

C. Materi pokok yang diatur

D. Ketentuan sanksi

E. Ketentuan penutup

Jawaban: A. Nama Jabatan pejabat yang menetapkan

27. Berikut ini kekuasaan atas pengelolaan fiskal Menteri Keuangan, kecuali...

A. Membuat kerangka ekonomi makro

B. Melakukan perjanjian internasional

C. Melaksanakan fungsi bendahara umum negara

D. Membuat kebijakan pengedaran uang

E. Menyusun rancangan APBN

Jawaban: d. membuat kebijakan pengedaran uang

28. Komunikasi dapat terjadi apabila...

A. Adanya rasa percaya diri yang rendah.

B. Adanya perbedaan dialek.

C. Adanya kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.

D. Adanya jarak antara komunikator dengan komunikan.

E. Adanya penggunaan bahasa yang berbeda.

Jawaban: C. Adanya kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.

29. Penelitian sastra termasuk jenis penelitian...

A. Cross-sectional.

B. Deskriptif.

C. Dasar.

D. Terapan.

E. Kepustakaan.

Jawaban: E. Kepustakaan.

30. Pejabat yang berwenang menetapkan dan menandatangani peraturan adalah...

A. Sekretaris Lembaga

B. Bendahara Lembaga

C. Staff Lembaga

D. Humas Lembaga

E. Pimpinan tertinggi lembaga

Jawaban: E. Pimpinan tertinggi lembaga.

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Edusains
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani