Menuju konten utama

25 Soal PTS Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 2 dan Jawaban

Kumpulan contoh soal Pendidikan Pancasila kelas 4 semester 2 ini bisa dijadikan latihan untuk menghadapi PTS/UTS. Berikut soal dan jawaban selengkapnya.

25 Soal PTS Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 2 dan Jawaban
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (depan kiri) bersama Bupati Boyolali M Said Hidayat (depan kedua kiri), Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan (depan kedua kanan) dan Ketua DPRD Boyolali Marsono (depan kanan) melepaskan burung seusai Upacara Hari Pancasila di Alun-alun Pancasila, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (1/6/2023). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/aww.

tirto.id - Sejumlah contoh soal Pendidikan Pancasila kelas 4 semester 2 ini bisa dijadikan latihan untuk menghadapi PTS/UTS.

Tiap kurun tengah semester, setiap peserta didik harus mengikuti evaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan selama di kelas. Evaluasi pembelajaran itu, salah satunya, dilakukan lewat PTS (Penilaian Tengah Semester) atau disebut juga UTS (Ujian Tengah Semester).

Lewat PTS para peserta didik, diuji kemampuannya menyerap berbagai mata pelajaran yang sudah diajarkan di kelas. Termasuk berbagai pengetahuan dan keterampilan lainnya.

Salah satu mata pelajaran yang diuji dalam PTS adalah Pendidikan Pancasila. Sebagai bahan untuk mempersiapkan diri mengikuti PTS Pendidikan Pancasila, berikut ini adalah rangkuman materi Pendidikan Pancasila untuk kelas 4 semester 2.

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 4

Daftar materi Pendidikan Pancasila kelas 4 ini dilansir dari buku Pendidikan Pancasila terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tahun 2023.

Berikut adalah materinya:

Bab 1 - Mengenal Lingkungan Sekitar

a. Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggalku

b. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat

c. Perangkat Desa dan Kelurahan

d. Menjelajah Lingkungan Tempat Tinggalku

Bab 2 - Aku Anak yang Disiplin

a. Aturan di Lingkungan Sekitar

b. Membuat dan Melaksanakan Aturan

c. Mendapatkan Hak dan Melakukan Kewajiban

Bab 3 – Kerja Sama di Lingkunganku

a. Keberagaman Sosial dan Budaya

b. Gotong Royong

c. Kompak dan Bersatu

d. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan

Bab 4 - Pancasila dalam Diriku

a. Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat

b. Sikap dan Perilaku yang Mencerminkan Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat

c. Sejarah Perumusan Pancasila

d. Karakter Para Perumus Pancasila

Contoh Soal PTS Pendidikan Pancasila Kelas 4 Semester 2

Sebagai bahan latihan, berikut ini adalah kumpulan contoh soal PTS Pendidikan Pancasila kelas 4 semester 2:

Soal Pilihan Ganda

1. Gotong royong dalam masyarakat sudah melekat dan menjadi kebiasaan dalam berbagai kegiatan. Gotong royong sesuai dengan pengamalan Pancasila yaitu sila ke ....

a. dua

b. tiga

c. empat

d. lima

jawaban: b

2. Gotong royong adalah melakukan pekerjaan secara ....

a. bergantian

b. bersama-sama

c. individu

d. mandiri

jawaban: b

3. Gotong royong dapat membuat pekerjaan berat terasa ....

a. lebih berat

b. biasa saja

c. lebih ringan

d. sangat berat

jawaban: c

4. Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah...

a. Negara yang terdiri dari pulau-pulau dan menjadi satu kesatuan

b. Negara dimana pemerintah pusat sebagai pemegang kendali yang menjalankan kedaulatan tertinggi

c. Negara yang terdiri dari beberapa pulau besar

d. Negara yang memiliki banyak wilayah

jawaban: b

5. Negara kita terdiri dari ribuan pulau yang berjajar di antara....

a. Jawa dan Sumatera

b. Sabang dan Merauke

c. Aceh dan Papua

d. Sumatera dan Kalimantan

jawaban: b

6. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di kawasan....

a. Asia Selatan

b. Asia Tenggara

c. Asia Timur

d. Asia Barat

jawaban: b

7. Pancasila Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya disahkan pada sebagai dasar Negara pada tanggal ....

a. 18 Agustus 1945

b. 17 Agustus 1945c. 16 Agustus 1945

d. 15 Agustus 1945

jawaban: a

8. Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin bagi masyarakat Indonesia yang beraneka ragam sifatnya. Dari pernyataan tersebut, Pancasila berfungsi sebagai ....

a. pandangan hidup bangsa Indonesia

b. perjanjian luhur

c. kepribadian bangsa

d. dasar negara

jawaban: a

9. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul....

a. Negara Kertagama

b. Sutasoma

c. Babad Tanah Jawi

d. Mahabharata

jawaban: b

10. Berikut ini bukan termasuk pemahaman untuk mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ....

a. pembangunan berjalan lancar

b. pergaulan antarsesama yang lebih akrab

c. kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang

d. terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa

jawaban: d

11. Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah....

a. menghapuskan semua perbedaan

b. memandang rendah suku dan budaya lain

c. menganggap suku dan budaya sendiri sebagai yang paling baik

d. menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa

jawaban: d

12. Keanekaragaman bangsa Indonesia salah satunya dalam hal ....

a. dasar Negara

b. sistem pemerintahan

c. agama

d. bahasa nasional

jawaban: c

13. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna ....

a. Berbeda-beda tetapi tetap sama jua.

b. Bersama-sama tetapi tetap berbeda pula.

c. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua

d. Bersama-sama dan tetap bersatu pula.

Jawaban: c

14. Salah satu cara memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dapat ditempuh melalui.....

a. kerjasama intern umat beragama

b. hubungan baik antar pemuka agama

c. dialog antar agama yang berbeda

d. kerjasama antar umat beragama

jawaban: d

15. Kalimat Bhineka tunggal Ika diambil dari bahasa ....

a. Jawa kuno

b. Sansekerta

c. Indonesia

d. Latin

jawaban: a

16. Salah satu alasan digunakannya kalimat Bhinneka tunggal ika sebagai semboyan negara adalah kondisi bangsa Indonesia yang mirip dengan kondisi kerajaan ....

a. Singosari

b. Kediri

c. Sriwijaya

d. Majapahit

jawaban: d

17. Membersihkan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab ....

a. ketua kelas

b. semua warga sekolah

c. penjaga sekolah

d. kepala sekolah

jawaban: b

18. Kita harus mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan ....

a. bersama

b. kelompok

c. pribadi

d. golongan

jawaban: c

19. Kita tidak boleh bergotong royong dalam ....

a. kebaikan

b. keburukan

c. keselamatan

d. kemuliaan

jawaban: b

20. Gotong royong akan membuat semua pekerjaan ....

a. cepat selesai

b. menjadi lebih berat

c. lama selesai

d. susah

jawaban: a

Soal Essay

1. Sebutkan tiga contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara dalam kehidupan di keluarga, di sekolah, di masyarakat, dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!

Jawaban: membantu orang tua, menghormati guru, mengikuti kerja bakti, mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku

2. Sebutkan manfaat gotong royong?

Jawaban: pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan menjadi cepat selesai, mencerminkan kerukungan

3. Mengapa Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia?

Jawaban: karena Pancasila menjadi dasar negara yang mengandung nilai-nilai dasar yang diakui oleh seluruh rakyat Indonesia

4.Mengapa kita harus mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati keanekaragaman budaya?

Jawaban: agar tidak terjadi perpecahan sehingga masyarakat Indonesia yang majemuk bisa hidup rukun damai dan harmonis

5. Apakah yang dimaksud dengan gotong royong?

Jawaban: gotong royong adalah bekerja bersama-sama dan saling membantu

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani