14 Menu Sarapan untuk Diet Sehat: Telur, Pisang, Hingga Kacang

Oleh: Endah murniaseh - 13 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Daftar menu sarapan yang baik untuk diet sehat: telur, berry, pisang, biji rami, hinggga kacang-kacangan.
tirto.id - Sarapan merupakan kegiatan di pagi hari yang baik. Karena setelah tidur semalaman, maka perut akan kosong dan memerlukan asupan makanan di pagi hari.

Namun biasanya saat sedang diet, sarapan seringkali ditinggalkan, padahal dengan takaran yang tepat maka sarapan tidak akan membuat program diet menjadi gagal.

Dilansir dari The Sun, kalori yang dibutuhkan orang dewasa saat sarapan adalah tidak lebih dari 400 kalori.

Agar mendapatkan manfaat dari sarapan dan program diet tidak gagal, berikut adalah menu yang tepat dikonsumsi saat sarapan bagi yang sedang dalam program diet seperti dikutip dari Healthline.

1. Telur

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral ini merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi yang sedang diet. Karena kandungan protein yang sangat tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan. Jadi tidak perlu takut program diet gagal karena sarapan dengan menu telur.

2. Biji Gandum

Biji gandung mengandung vitamin dan mineral termasuk mangan, tiamin dan selenium. Dengan kandungan serat yang tinggi pula, maka biji gandum dapat membuat yang mengonsumsinya mengurangi nafsu makan serta dapat menstabilkan gula darah.

3. Pisang

Dengan kandungan serta rendah kalori, pisang menjadi alternatif sarapan karena praktis untuk dikonsumsi. Serat yang ada pada pisang membuat perut akan merasa tetap kenyang. Karena mengandung pati resisten, pisang dapat juga membantu mengurangi asupan makanan dan lemak di perut.

4. Yogurt

Kandungan protein dalam yogurt sangat baik dikonsumsi di pagi hari dan tetap aman dikonsumsi saat diet.

5. Smoothie

Karena biasnaya diolah sendiri, kebutuhan nutrsi yang dibutuhkan saat sarapan bisa diatur sendiri dengan mengonsumsi smoothie, dengan pemilihan buah rendah kalori seperti kacang-kacanagn akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Hindari buah yang berkalori tinggi karena dikhawatirkan kalori tersebut berlebihan bagi yang memiliki program diet.


6. Berry

Strawberry, blueberry, blackberry dan raspberry
memiliki kandungan kalori yang rendah, vitamin dan mineral serta kaya serat, dan baik untuk program diet.

7. Jeruk Bali

Kandungan pada jeruk bali adalah rendah kalori, kaya akan kandungan air dan serat yang tinggi, yang mana kandungan tersebut baik dikonsumsi saat sedang diet.

8. Kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat membantu penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme serta pembakaran lemak.

Namun meminum kopi di pagi hari harus dibarengi dengan sumber serat dan karbohidrat khususnya bagi para penderita maag, dan usahakan untuk tidak terlalu banyak menambahkan gula pada kopi, agar berat badan tidak naik.

9. Kiwi

Mengandung Vitamin C dan K serta Kalium. Dan serat pectin yang membuat orang yang mengonsumsi kiwi tidak merasa cepat lapar. Serta kiwi juga bermanfaat sebagai pencahar yang memperlancar saluran pencernaan.

10. Teh Hijau

Selain bermanfaat bagi metabolisme tubuh, teh hijau juga dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh. Sehingga dapat menurunkan berat badan.

11. Biji Chia

Kandungan serat dan protein yang tinggi dapat mengurangi kadar hormone ghrelin yang mana hormon ini akan mempengaruhi rangsangan terhadap rasa lapar, dan akan membuat perut tidak cepat lapar.

12. Outmeal

Oat rendah kalori namun tinggi serat dan protein yang dapat memengaruhi nafsu makan, serta kandungan beta-glukan dapat menurunkan gula darah serta nafsu makan.

13. Biji rami

Mengandung serat larut yang tinggi dan dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan.

14. Kacang

Kandungan serat, protein dan lemak baik yang tinggi bagus untuk diet, dan nutrisi tersebut baik untuk tubuh.

Perlu diingat bahwa untuk diet yang baik tidak hanya bergantung pada sarapan yang sehat, tetapi juga juga harus memperhatikan apa saja yang dikonsumsi di siang dan malam harinya, serta olahraga yang akan membuat tubuh semakin sehat.


Baca juga artikel terkait DIET atau tulisan menarik lainnya Endah murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah murniaseh
Penulis: Endah murniaseh
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight