Wagub DKI: Anggaran Pembangunan Jalur Sepeda pada 2022 Rp80 Miliar

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 30 Mar 2022 08:21 WIB
Wagub DKI Riza Patria mengatakan penambahan jalur ini guna mendorong sepeda menjadi alat transportasi di Jakarta.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan rencana pemerintah provinsi membangun jalur sepeda pada 2022. Penambahan jalur ini guna mendorong sepeda menjadi alat transportasi di Jakarta.

"Jalur sepeda akan dibangun panjang sekali di 2022. Nanti saya cek saya lupa angkanya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (29/3/2022) malam.

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu mengatakan anggaran untuk pembangunan jalur sepeda tahun ini lebih dari Rp80 miliar. Dana tersebut diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

"Anggarannya saya lupa, ya. Tapi saya kira di atas 80 miliar lebih," kata dia.

Riza menuturkan Pemprov DKI Jakarta tengah fokus pada penataan transportasi yang lebih baik, termasuk untuk jalur sepeda.

"Jalur sepeda ini akan kami tingkatkan setiap tahun, akan kami terus tambah jumlahnya supaya memberi kesempatan pada pengguna sepeda untuk mempunyai jalur sendiri dan mendorong masyarakat juga menjadi sepeda sebagai alat rekreasi, alat olahraga dan juga alat transportasi," ujarnya.

Dalam kesempatan berbeda, Gubrenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim pemerintahannya telah membangun jalur sepeda sejauh 97,77 kilometer.

Anies menuturkan jalur sepeda dibangun pada ruas jalan yang terhubung transportasi umum dan terdampak ganjil-genap. Nantinya, jalur sepeda juga akan dibangun di kawasan wisata dan lokasi lainnya.

Anies juga menargetkan Pemprov DKI bisa membangun jalur sepeda sepanjang 500 kilometer hingga 2030 serta menghubungkan Jakarta dengan kota di sekitarnya.


Baca juga artikel terkait JALUR SEPEDA JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight