Tips Belanja Sepatu di Online Shop: Pastikan Ukuran & Reputasi Toko

Oleh: Meigitaria Sanita - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara memilih sepatu di toko online agar sesuai dengan ukuran kaki.
tirto.id - Belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini, terutama di tengah pandemi virus corona COVID-19. Menurut survei, terjadi peningkatan 31 persen total belanja online di Indonesia selama pandemi COVID-19.

Namun, tidak dipungkiri belanja online juga seringkali tak sesuai dengan harapan. Salah satunya salah ukuran ketika membeli sepatu, ujung-ujungnya sepatu tak terpakai. Masih untung jika sepatu bisa dijual kembali, itu pun terkadang dengan harga di bawah rata-rata.

Alasan paling sering ukuran sepatu tidak selalu sama karena ukuran sepatu selalu berubah-ubah setiap dekade. Evolusi ukuran sepatu wanita rata-rata terlihat pada awal abad ke-20, ukuran rata-rata adalah 35, pada 1950, 36, pada 1970, 37, dan hari ini, ukuran rata-rata sepatu wanita adalah 39.

Ukuran sepatu pria juga banyak berubah. Ukuran yang paling umum di antara pria adalah 39-40 tetapi saat ini, ukuran sepatu pria rata-rata 43. Lalu apa yang akan terjadi 50 atau 100 tahun lagi?

Menurut para ahli, tinggi badan manusia bertambah karena nutrisi yang sehat kaya akan vitamin dan mineral. Seiring dengan tinggi badan, juga bertambah berat yang berarti kaki kita harus menahan lebih banyak berat, jadi secara alami, ukuran kaki kita bertambah seiring dengan tinggi dan berat badan kita.

Menurut the American Orthopaedic Association, wanita cenderung lebih banyak melakukan kesalahan dalam memilih ukuran sepatu. Tentu tidak nyaman menggunakan sepatu dengan ukuran tak sesuai atau bahkan kekecilan. Salah-salah malah akan menyebabkan kelainan bentuk kaki karena aliran darah tidak lancar.

TMS melansir beberapa tips memilih ukuran sepatu ketika belanja online. Ingat, belanja online perlu kejelian lebih tinggi karena kita tidak bisa melihat barang secara langsung.

1. Pastikan tahu ukuran kaki

Beda jenis sepatu beda ukuran, begitu pun dengan merek satu dengan lainnya. Kemungkinan besar merek A dan merek B memiliki standar ukuran yang berbeda. Pastikan mengukur kaki terlebih dahulu.

Ukur kaki mulai dari panjang telapak kaki, lebar antara jari kaki, lingkar kecil kaki, lingkar besar kaki, kemiringan kaki, lingkar angkle, dan lingkar betis.

Dikutip dari laman Dolita Shoes, ini cara mengukur kaki agar tak salah pilih ukuran sepatu:
  • Siapkan kertas A4, pensil, dan penggaris.
  • Letakkan kaki di atas kertas.
  • Pegang pensil secara vertikal, letakkan titik di ujung tumit dan ujung jari kaki terpanjang.
  • Ukur jarak antara dua titik dengan penggaris.
  • Tentukan panjang kaki dalam sentimeter.
  • Lakukan hal yang sama dengan kaki yang lain.
  • Temukan ukuran kaki di tabel toko online yang kita tuju.
2. Tentukan jenis sepatu yang ingin dibeli

Menentukan jenis dan fungsi sepatu akan membuat kita lebih fokus dalam memilihnya. Selain memperhatikan kenyamanan juga akan memperkecil peluang membeli produk yang tidak tepat.

3. Pastikan toko memiliki kebijakan return dan exchange

Sebaiknya riset terlebih dahulu, apakah toko memiliki kebijakan penukaran jika salah ukuran atau pengembalian uang jika tidak sesuai pesanan. Namun, Anda juga harus memastikan kondisi sepatu masih sama seperti saat dibeli.

4. Riset dulu soal opsi pengiriman dan ongkos kirim

Beberapa toko terkadang menjual sepatu dengan harga yang rendah dari toko sebelah, tetapi dengan ongkos kirim tinggi bahkan sampai melebihi harga sepatu di toko. Pastikan untuk membanding-bandingkan terlebih dahulu. Lihatlah biaya sepatu, taksiran biaya pengiriman dan taksiran waktu pengiriman.

5. Reputasi toko

Jangan lupa untuk melihat reputasi toko. Baca beberapa ulasan pelanggan, iklan, dan bagaimana toko menangani komplain dari pelanggan.

Baca juga artikel terkait CARA MEMILIH SEPATU atau tulisan menarik lainnya Meigitaria Sanita
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Meigitaria Sanita
Penulis: Meigitaria Sanita
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight