Timnas Indonesia vs Hong Kong, Alasan 3 Uji Coba Kandang Jelang AFF

Oleh: Beni Jo - 16 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Timnas Indonesia vs Hong Kong pada Selasa (16/10/2018) menandai tiga kali uji coba beruntun yang dilakukan oleh skuat Garuda menjelang Piala AFF 2018.
tirto.id - Pertarungan Tim nasional (Timnas) Indonesia vs Hong Kong pada Selasa (16/10/2018) adalah uji coba terakhir sebelum skuat Garuda mengikuti turnamen Piala AFF 2018 yang akan dimulai bulan November mendatang. Menjelang laga tersebut, pelatih timnas, Bima Sakti mengungkapkan, ada alasan tersendiri mereka tidak menjalani partai uji coba di luar Indonesia.

Indonesia selama ini sudah menjalani dua kali laga uji coba internasional dalam rangka persiapan Piala AFF 2018 yaitu melawan Mauritius dengan skor 1-0 (11/9) dan Myanmar dengan angka 3-0 (10/10). Namun dua laga tersebut digelar di Indonesia.

PSSI hingga kini belum merencanakan uji coba away dalam persiapan Piala AFF 2018. Partai melawan Hongkong yang akan digelar nanti malam pun diselenggarakan di Stadion Wibawa Mukti Indonesia

Mengenai hal ini, Bima Sakti selaku pelatih timnas menjelaskan di balik alasan tanpa uji coba away tersebut. Mantan pemain PSSI Primavera itu mengaku kesulitan dalam mengatur jadwal timnas dengan kompetisi yang sedang berjalan.

"Saya pikir jadwalnya yang tidak bisa, karena kami juga menyesuaikan jadwal kompetisi. Pemain setelah ini juga sudah harus kembali ke klubnya dan kembali ke kami lagi untuk persiapan tanggal 9 nanti," kata Bima Sakti seperti dikutip dari FourFourtTwo.com pada Selasa (16/10/2018) .

Tanggal 9 November 2018 merupakan laga pertama timnas Indonesia menghadapi Singapura di kandang tim Singa tersebut. Hal ini berarti tidak ada lagi kesempatan bagi skuat Garuda untuk melakoni uji coba baik kandang maupun tandang. Partai melawan Hong Kong nanti malam bisa dipastikan menjadi uji coba terakhir timnas sebelum berlaga di Piala AFF 2018.

Padatnya jadwal kompetisi Liga 1 yang berbarengan dengan Piala AFF juga diharapkan coach Bima tidak mempengaruhi klub dalam melepas pemainnya ke timnas.

"Kekhawatiran itu semoga tidak ada, karena memang ini sama-sama penting. Kami juga butuh, dan semoga klub juga mengerti. Saya harap juga tidak ada hal seperti itu, karena klub juga mendukung." tambah mantan penggawa Pelita Jaya ini.

Partai kontra Hong Kong sendiri akan digunakan Bima Sakti untuk memantau para pemain pilihan yang akan diangkutnya ke Piala AFF mendatang.

"Melawan Hongkong kami berharap kembali meraih positif. Apalagi mereka tim yang bagus. Dan kembali kami ingin mendapat gambaran siapa saja pemain yang akan kami bawa ke Piala AFF," katanya dikutip situs resmi PSSI pada Kamis (11/10).

Turnamen Piala AFF 2018 akan menggunakan format home dan away. Dimana dalam satu grup yang berisikan lima negara, tiap tim akan mempunyai kesempatan untuk menjalani partai kandang dua kali dan partai tandang dua kali dengan lawan yang sudah ditentukan sebelumnya pada partai home dan away tersebut.







Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo
DarkLight