Timnas U-19 Indonesia vs Hong Kong: Menang Karena Gempur Sayap

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 8 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas pakai strategi menggempur sisi sayap lawan yang lemah sejak 15 menit pertama usai pertandingan dimulai.
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia sukses memetik kemenangan kedua mereka dalam kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Madya Atletik, Jumat (8/11/2019).

Usai pertandingan, kepala pelatih Fakhri Husaini menyebut kemenangan ini tidak lepas dari ketekunan para pemainnya menggempur lawan dari sektor sayap.

Sisi sayap pertahanan Hong Kong, diakui Fakhri sejak awal memang diincar setelah tim teknis timnas menganalisis lawan lewat rekaman video pertandingan yang telah dilakoni.


"15 menit pertama mereka sangat rapi mengorganisir pertahanan mereka. Kami memanfaatkan kelemahan mereka di sisi sayap, kami menyerang habis-habisan dari flank," jelas Fakhri antusias.

Empat gol kemenangan Garuda Nusantara ini disumbangkan oleh Amiruddin Bagas Kaffa (25'), Muhammad Fajar Fathur Rachman (30'), David Maulana (60') dan Amiruddin Bagus Kahfi (90+4').

"Ini jadi tambahan modal kami untuk laga terakhir lawan Korea Utara besok Minggu. Saya memberi apresiasi luar biasa untuk para pemain karena bermain sesuai strategi," sambung Fakhri.

Di sisi lain pelatih Hong Kong, Thorlakur Mar Arnason menyampaikan penilaian yang tak beda jauh dari Fakhri.


Secara keseluruhan dia bilang Indonesia layak menang, dan sektor sayap lagi-lagi jadi pembeda. Thorlakur, bahkan secara khusus melempar pujian pada winger-winger dan penyerang Indonesia. Yakni Muchammad Supriyadi, Amiruddin Bagus Kahfi, dan Fajar Fathur.


"Aku tidak suka menyebut satu atau dua nama, karena semua pemain Indonesia hari ini bermain di atas rata-rata. Dalam sepakbola memang harusnya demikian kan, tim yang bagus biasanya tak punya pemain menonjol," katanya.

"Tapi kalau memang harus, aku rasa sepantasnya memuji tiga pemain depan Indonesia. Nomor 20, 11, 14, mereka bertiga sangat baik. Gol kedua adalah bukti kerja sama lini serang Indonesia sangat bagus, sangat sulit untuk diantisipasi," imbuh dia.


Dengan hasil ini, Timnas U19 tinggal selangkah lagi lolos ke putaran final Piala Asia U19 2020. Beckham Putra dan kolega untuk sementara memuncaki klasemen Grup K dengan poin 6 berkat dua kemenangan, disusul Korea Utara dengan poin 4 di posisi kedua.

Pada pertandingan pemungkas, Minggu (10/11/2019) Indonesia akan menghadapi Korea Utara, sementara Hongkong bakal bersua Timor Leste. Kedua laga akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Ini modal kami untuk melawan Korea Utara. Tadi setelah pertandingan saya tegaskan kepada teman-teman agar mereka fokus dan tetap kompak seperti pertandingan tadi," tutur kapten Indonesia U-19, David Maulana.


Baca juga artikel terkait TIMNAS U19 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - )

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Zakki Amali
DarkLight