Tanggapan Jokowi Soal Hoaks Maruf Pakai Baju Santa

Oleh: Haris Prabowo - 28 Desember 2018
Jokowi mengatakan, meme harusnya bersifat lucu, bukan untuk saling membenci.
tirto.id - Capres nomor urut 01 Joko Widodo merespons hoaks gambar Maruf Amin memakai baju santa dan mengucapkan natal yang tersebar di media sosial. Ia mengatakan, dalam berinternet pun masyarakat harus memiliki tata krama.

"Ya kita kan sudah berkali-kali, marilah kita beretika dalam berinternet, tata krama dalam media sosial sehingga yang terkait fitnah hoaks, merekayasa gambar-gambar saya kira yang arahnya negatif harus mulai kita hilangkan," kata Jokowi setelah makan siang dengan Maruf Amin, di Jalan Situbondo No. 12, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018) siang.

Ia menilai, meme yang bersifat lucu harusnya membuat masyarakat tertawa, bukan saling membenci.

"Kalau buat meme-meme yang lucu-lucu saya kira lebih, kenapa sih kita enggak bikin kreatifitas yang menyebabkan orang tuh tertawa, bukan yang menjengkelkan, yang membuat orang benci, janganlah, setop itu," katanya.

Cawapres 01 Maruf Amin juga menanggapi hal tersebut. Ia mengatakan bahwa permasalahan itu akan dibawa ke ranah hukum.

"Itu nanti kita serahkan kepada pihak polisi saja apa kata mereka. Kita kan belum tahu siapa yang edit. Yang bikin saja belum tahu. Ya kan polisi belum kasih tahu kita. Nanti kalau polisi sudah ada baru nanti saya beri sikap," kata Maruf.


Baca juga artikel terkait HOAX atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Yandri Daniel Damaledo