Pilpres 2019:

Maruf Yakin Elektabilitasnya akan Naik Bila Sudah Turun Kampanye

Oleh: Felix Nathaniel - 8 Desember 2018
Erick Thohir menyampaikan elektabilitas calon nomor urut satu itu memang tidak berubah banyak karena Ma'ruf memang belum bergerak untuk kampanye.
tirto.id - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengaku baru melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak terkait dengan Pilpres 2019. Namun, ia menegaskan bahwa komunikasi tersebut hanya sebatas silaturahmi dan bukan kampanye.

"Saya kan berkomunikasi dengan mereka sejak sebelum saya jadi cawapres. jadi sudah mereka paham betul jadi sebenarnya start-nya saja, start kampanyenya komunikasinya sudah bertahun-tahun dengan mereka itu," kata Ma'ruf di kediamannya kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Maruf mengatakan, ia akan efektif melakukan kampanye pada Januari 2019. Selain itu, kondisi kesehatan Maruf juga sedang tidak baik karena kakinya masih terkilir. Oleh sebab itu, ia hanya bisa menerima tamu di rumah saja.

"[Kalau saya kampanye] Sangat-sangat [yakin naik elektabilitas]. 1.000 persen," ucapnya lagi.

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir menyampaikan elektabilitas calon nomor urut satu itu memang tidak berubah banyak karena Ma'ruf memang belum bergerak untuk kampanye.

Erick juga yakin elektabilitas itu akan meningkat bila Maruf sudah melakukan kampanye.

"Kan Abah [Ma'ruf] belum bergerak," kata Erick, Jumat (7/12/2018). "Beliau hanya kunjungan itu. Silaturahmi sebagai kiai besar. Belum kampanye beliau. Kalau beliau kampanye [pasti naik]."


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto
Dari Sejawat
Infografik Instagram