Pilpres 2019:

Maruf Amin Ajak Santri Bangun Ekonomi di Indonesia

Oleh: Felix Nathaniel - 8 Desember 2018
Ma'ruf mengajak santri untuk membangun ekonomi sehingga mampu menciptakan Indonesia yang makmur.
tirto.id - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menerima kunjungan dari Forum Santri Indonesia di kediamannya, kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (8/12/2018). Dalam kunjungan itu, Ma'ruf mengingatkan pentingnya peran mereka dalam program ekonomi keumatan.

Ma'ruf menegaskan, jumlah santri di Indonesia sangat banyak dan menjadi rebutan dalam pemilu 2019 mendatang. Untuk itu, Ma'ruf mengajak Forum Santri untuk membangun ekonomi sehingga mampu menciptakan Indonesia yang makmur.

"Saya ajak santri ini mereka aktif di bidang keekonomian pengentasan kemiskinan membantu pemerintah apalagi nanti kami juga mendengarkan usul-usulnya, pandangannya. Kami ingin ada semacam model santri yang juga usahawan," kata Ma'ruf.

Model yang dikembangkan sekarang adalah Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan (Gus Iwan). Ma'ruf menegaskan dia ingin mendorong Gus Iwan lainnya di Indonesia.

"Jangan sampai santri menjadi beban, tapi justru memiliki kontribusi yang sangat signifikan di dalam membawa kemajuan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa," katanya lagi.

Ma'ruf menjelaskan Gus Iwan ini merupakan pendidikan dan vokasi bagi para santri yang telah menempuh pendidikan agama. Nantinya, para santi itu akan diajak bekerja sama dan diberikan pengetahuan untuk membentuk koperasi, hingga mengajak pengusaha bekerja sama.

Beberapa bisnis yang bisa digarap para santri antara lain adalah membuka kedai kopi dan juga membantu di industri pertanian dan peternakan. Para santri diajak menanam jagung dan memelihara sapi.

"Ini kita kembangkan di pesantren-pesantren," tegas Ma'ruf.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto
Dari Sejawat
Infografik Instagram