SWI Endus Kegiatan Asuransi, Donasi Saling Jaga Kitabisa Disetop

Oleh: Nurul Qomariyah Pramisti - 5 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Penghentian dilakukan setelah Satgas Waspada Investasi OJK menemukan kegiatan penghimpunan sumbangan diduga merupakan kegiatan perasuransian.
tirto.id - Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kitabisa.com sepakat untuk menghentikan program Saling Jaga. Penghentian dilakukan setelah Satgas Waspada Investasi OJK menemukan kegiatan penghimpunan sumbangan dalam program tersebut diduga merupakan kegiatan perasuransian.

OJK menemukan dugaan kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat dengan program Saling Jaga dari Kitabisa.com sebagai kegiatan perasuransian sebagaimana dimaksud dalam UU No.40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Karena itu, kegiatan tersebut harus mendapatkan izin usaha perasuransian dari OJK.

"Oleh karena itu Satgas Waspada Investasi bersama pengurus Kitabisa.com telah menyepakati untuk menghentikan kegiatan program Saling Jaga sebelum memperoleh izin kegiatan usaha perasuransian dari OJK," kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing, dalam siaran persnya, Rabu (5/5/2021).

Program Saling Jaga diinisiasi oleh kitabisa.com, dengan tujuan patungan bantuan tunai kesehatan warga. Program ini merupakan bagian dari misi kebaikan kitabisa.com, yang merupakan pengembangan dari aktivitas donasi dan galang dana yang selama ini difasilitasi di platform kitabisa.com. Melalui Saling Jaga, para anggota yang membutuhkan dapat langsung mengajukan bantuan dari dana yang tersedia.

Dalam program ini, setiap orang patungan donasi minimal 10 ribu untuk jadi anggota. Donasi masuk kas bersama dan jadi saldo anggota. Jika ada anggota yang sakit serta memenuhi syarat dan ketentuan, maka seluruh saldo pribadi anggota akan terpotong secara merata. Anggota diminta donasi lagi jika saldo pribadi di bawah 10 ribu, sehingga kas bersama bisa terus tersedia.

Per 22 April, kitabisa.com sudah menyalurkan Rp4,4 miliar bantuan untuk 800 lebih anggota yang membutuhkan.




Program Saling Jaga menjadi pembicaraan dunia maya setelah seorang warganet mencuit pilihannya untuk lebih baik ikut program Saling Jaga ketimbang BPJS Kesehatan. Namun, melalui akun Twitternya @kitabisa.com, menegaskan bahwa program ini bukan pengganti dari BPJS Kesehatan.


Baca juga artikel terkait SATGAS WASPADA INVESTASI atau tulisan menarik lainnya Nurul Qomariyah Pramisti
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Abdul Aziz
DarkLight