Sri Mulyani: THR ASN Rp29,38 Triliun Cair Selambatnya Jumat 15 Mei

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 11 Mei 2020
Saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan pembayaran THR untuk ASN.
tirto.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dicairkan paling lambat pada Jumat (15/5/2020). Jumlahnya kata Sri Mulyani diperkirakan mencapai Rp29,382 triliun.

“Kami harapkan akan bisa lakukan serentak paling lambat pada Jumat ini 15 Mei 2020,” ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Senin (11/5/2020).

Sri Mulyani mengatakan Peraturan Pemerintah (PP) yang mendasari THR ASN pada tahun 2020 sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo. Peraturan Menteri Keuangan (PMK)-nya sendiri katanya juga sudah diterbitkan, sehingga saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan pembayaran bersama satuan kerja yang membidanginya.

Dari perhitungannya, ia menyatakan THR bagi ASN pemerintah pusat, TNI, dan Polri mencapai Rp6,775 triliun. Sementara itu THR bagi pensiunan mencapai Rp8,708 triliun. Lalu THR bagi ASN di daerah diperkirakan mencapai Rp13,898 triliun.

Seluruh penerima THR ini adalah para ASN dengan jabatan di bawah eselon III dan IV. Ketentuan ini berlaku bagi seluruh ASN pelaksana, TNI, Polri, dan hakim.

"Eselon I dan II, lalu fungsional setara itu dan para pejabat negara tidak mendapat THR,” ucap Sri Mulyani.

Adapun THR ASN dibayarkan paling lambat 19-20 Mei 2020. Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dwi Wahyu Atmaji pernah mengatakan pemerintah belum menentukan tanggal spesifik pencairan THR. Akan tetapi, ia memastikan THR ASN cair sebelum Lebaran.

"Belum (ada tanggal). Yang pasti sebelum lebaran diharapkan sudah cair," kata Dwi dalam keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).



Baca juga artikel terkait THR ASN atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Bayu Septianto
DarkLight