Rute Baru KRL Lintas Bogor & Cikarang Berlaku Mulai 28 Mei 2022

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 25 Mei 2022 19:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menerapkan rute baru kereta rel listrik (KRL) lintas Bogor dan Cikarang, Sabtu (28/5/2022).
tirto.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menerapkan rute baru kereta rel listrik (KRL) lintas Bogor dan Cikarang, Sabtu (28/5/2022). Itu dilakukan adanya rencana pengembangan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan pihaknya akan melakukan kegiatan Switch Over (SO) atau persinyalan ke-5 di Stasiun Manggarai, Jumat 27 Mei malam hingga Sabtu 28 Mei 2022 dini hari. Perubahan pola operasi mengatur perjalanan KRL Lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo menuju Jakarta Kota PP via Stasiun Manggarai.

"Pola operasi KRL commuter line akan berubah secara permanen, khususnya untuk line Bogor dan Bekasi/Cikarang, ini mempermudah dan sekarang transit enggak perlu nyebrang rel lagi," katanya di Kementerian Perhubungan, Rabu (25/5/2022).

Seluruh perjalanan KRL pada lintasan akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Manggarai. Selanjutnya, pengguna yang akan menuju ke arah Tanah Abang, Kampung Bandan, Jatinegara, Bekasi atau Cikarang melakukan transit di Stasiun Manggarai.

Sementara, untuk operasi perjalanan KRL Lintas Cikarang/Bekasi akan melayani dengan dua skema operasi, yaitu :

1. Full Racket (Looping)

i. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang, dengan penomoran perjalanan yaitu mulai 5500 – 5999.

ii. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang, dengan penomoran perjalanan mulai 6000.

2. Half Racket

i. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)

ii. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP). Pada skema haft racket seluruh penomoran perjalannya mulai 5000 – 5499.

Nantinya seluruh pelayanan naik atau turun pengguna akan dilayani di peron jalur 6 dan 7. Pengguna yang menuju arah Jakarta Kota, Depok, Bogor, atau Nambo harus transit di Stasiun Manggarai.

Kemudian untuk pelayanan perjalanan KRL lintas Tanjung Priok akan menambah dua perjalanan menjadi 76 perjalanan tiap harinya. Sementara, perjalanan KRL Lintas Tangerang dan Lintas Rangkasbitung tidak mengalami perubahan. Pada pemberlakuan perubahan pola operasi ini, KAI Commuter menjalankan 1.054 perjalanan KRL mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB dengan mengoperasikan 94 rangkaian KRL per hari.



Baca juga artikel terkait KRL atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight