Rekapitulasi Pileg 2019 di Jateng: PDIP Unggul, PAN Tak Dapat Kursi

Oleh: Bayu Septianto - 15 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
PDIP diprediksi meraih 26 kursi dari 77 kursi dari 10 daerah pemilihan di Jawa Tengah. Sedangkan PAN yang periode lalu dapat 9 kursi, kini tak dapat sama sekali.
tirto.id - Hasil rekapitulasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 untuk Provinsi Jawa Tengah telah disahkan dalam rapat pleno perolehan suara tingkat nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Hasilnya PDIP berhasil mempertahankan suaranya di Jawa Tengah dan mendapatkan 26 dari 77 jatah kursi dari Provinsi Jawa Tengah.

Dengan perolehan kursi terbanyak yakni 26 kursi, nama-nama yang diperkirakan lolos dari PDIP diantaranya puteri Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani yang mendapatkan 404.304 suara di Dapil Jateng V meliputi Klaten, Sukoharjo, Boyolali, dan Kota Surakarta.


Dari dapil ini Puan akan melenggang ke Senayan bersama petahana-petahana seperti Aria Bima, Rahmad Handoyo dan Alfia Reziani.

Dari PDIP diprediksi banyak petahana yang kembali lolos ke Senayan. Di antaranya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno, Wakil Ketua DPR Utut Adianto, dan Anggota Komisi IX DPR Dewi Aryani.

Ada juga nama baru, Mochamad Herviano, anak Kepala BIN, Budi Gunawan meraih 113.009 suara di Dapil Jateng I.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai urutan kedua yang memperoleh kursi terbanyak dari Jawa Tengah, yakni 13 kursi.

Ke-13 kursi itu akan diisi diantaranya oleh eks Menteri Desa, Percepatan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding, dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas.


Golkar juga diprediksi dapat kursi dari petahanan seperti Ketua DPR Bambang Soesatyo dengan 90.321 suara dari Dapil Jateng VII. Kemudian, Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, Firman Soebagyo, dan Agung Widyantoro yang kemungkinan besar kembali ke Senayan.

Petahana lainnya yang akan kembali memiliki kursi di Senayan yakni Sekjen PPP Arsul Sani, Waketum PPP Arwani Thomafi, dan Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Abdul Kharis Almasyhari.

Pada Pileg 2019 di Jawa Tengah, secara mengejutkan tak meloloskan Partai Amanat Nasional (PAN) ke Senayan.

Diketahui, anggota DPR RI dari PAN daerah pemilihan Jawa Tengah periode 2014-2019 ada 8 orang.

Partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini dalam Pileg 2019 sama sekali tidak medapatkan satu kursi pun di DPR dari Jawa Tengah.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali