Prabowo Kunjungan Kerja ke Cina Bahas Kerja Sama Pertahanan

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 Desember 2019
Kunjungan kerja pertama Prabowo ke Cina untuk membahas kerja sama pertahanan dengan Cina.
tirto.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Cina, Senin (16/12/2019). Kunjungan kerja pertama Prabowo ke Cina sebagai Menhan ini untuk membahas kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Cina.

"Beliau [Prabowo] akan diterima dalam kunjungan kehormatan oleh Menteri Pertahanan RRT, beberapa bulan ini sebagai upaya mendorong dan memperkuat industri pertahanan dalam negeri," ujar Staf Khusus Menteri Pertahanan RI Bidang Komunikasi dan Antar-lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Senin (16/12/2019).

Dahnil mengatakan dalam kunjungannya tersebut, Prabowo juga mencari potensi kerja sama lain di Cina. Ketua Umum Partai Gerindra itu, kata Dahnil akan terus menjajaki kerja sama industri pertahanan yang tentunya menguntungkan bagi Indonesia.

Ia tidak menjawab saat disinggung kemungkinan Indonesia membeli drone atau pesawat terbang tanpa awak (PPTA) CH4 buatan Cina. Sebagai informasi, drone CH4 adalah Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang diproduksi China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC). CH sendiri merupakan singkatan dari Cai Hong atau pelangi dalam bahasa Indonesia.

Alat ini sempat ditampilkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di lapangan Halim Perdanakusuma, Jakarta, dalam perayaan HUT ke-74 TNI, Sabtu (5/10/2019) lalu.

"Spesifik nanti ya," kata Dahnil.

Kunjungan kerja Prabowo ke luar negeri bukan lah yang pertama. Sebelumnya, Prabowo tercatat beberapa kali melakukan kunjungan ke luar negeri setelah dilantik sebagai Menteri Pertahanan, yakni ke Turki pada Kamis 28 November 2019, ke Malaysia pada Kamis 14 November 2019 dan Thailand pada 16-18 Desember 2019 lalu untuk pertemuan Asean Defence Minister Meeting.


Baca juga artikel terkait PRABOWO SUBIANTO atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight